Tanda dan Gejala Radang Paru-Paru

11 Jan

Tanda dan Gejala Radang Paru-Paru,- Pneumonia atau radang paru-paru adalah kondisi inflamasi pada paru, yang utamanya mempengaruhi kantung-kantung udara mikroskopik yang dikenal sebagai alveolus. Radang paru-paru adalah salah satu kondisi kesehatan yang paling sering terjadi di dunia, menyerang 450 juta pasien setiap tahunnya, dimana 150 juta diantaranya adalah anak-anak.

Tanda dan Gejala Radang Paru-Paru

Gejala awal radang paru-paru biasanya sama seperti gejala flu pada umumnya, seperti demam, batuk kering, sakit kepala dan merasa lelah. Dalam waktu 12 sampai 36 jam ada peningkatan sesak napas, batuk menjadi lebih buruk dan menghasilkan sejumlah lendir. Juga disertai dengan demam tinggi dan bibir menjadi kebiruan.

Tanda dan Gejala Radang Paru-ParuBerikut ini beberapa ciri-ciri radang paru-paru yang bisa Anda perhatikan :

  • Batuk parah yang disertai dengan lendir (batuk berdahak)
  • Demam tinggi
  • Nyeri dada
  • Sakit kepala
  • Tidak nafsu makan
  • Mual dan Muntah
  • Denyut jantung cepat
  • Napas berbunyi
  • Nyeri otot
  • Kulit membiru

Cara Mencegah Radang Paru-Paru :

  1. Lakukan vaksinasi untuk mencegah radang paru-paru, meskipun ini termasuk jenis vaksin yang belum terlalu terkenal di indonesia. Anda bisa bertanya kepada dokter untuk mendapatkan rekomendasi vaksin.
  2. Selalu menjaga kondisi lingkungan agar tempat tinggal agar tetap bersih, nyaman serta memiliki sirkulasi udara yang sehat.
  3. Sering mencuci tangan untuk menghindari bakteri atau virus yang masuk ke dalam saluran pernapasan.
  4. Hindari merokok, karena rokok akan mengembangkan berbagai jenis penyakit seperti infeksi pada radang paru-paru.
  5. Selalu mendapatkan istirahat yang cukup agar terhindar dari berbagai penyakit, khususnya penyakit radang paru-paru yang sedang banyak di derita.
  6. Pastikan Anda selalu mendapatkan makanan sehat dan bergizi, serta menghindari makanan yang menyebabkan timbulnya penyakit radang paru-paru.

Radang paru-paru yang tak segera di obati dengan benar dapat menyebabkan kanker paru-paru, karena radang paru-paru sendiri merupakan gejala awal terjadinya kanker paru-paru. Itulah beberapa tanda dan gejala radang paru-paru yang harus Anda ketahui, guna memudahkan proses penyembuhan. Segera lakukan penanganan jika Anda mengalami batuk yang berkepanjangan yang disertai dengan gejala lainnya.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat

Posted by www.obatpenyakitasmabronkial.rahasiaherbal.com

Baca juga : Obat Telinga Berair Resep Dokter

Tanda dan Gejala Radang Paru-Paru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *