Tanda dan Gejala Penyakit Parkinson

24 Des

Tanda dan Gejala Penyakit Parkinson,- Pernahkan Anda mendengar penyakit parkinson yang satu ini? Atau Anda sama sekali belum pernah mendengarnya? Apabila anda belum menyetahuinya pada artikel kesehatan kali ini kami akan membahan mengenai tanda dan gejala penyakit parkinson. Tujuan adalah untuk untuk mempermudah proses pengobatan dan penanganannya apabila Anda mulai merasakan gejalanya.

Apa itu Penyakit Parkinson?

Paraliysis agaitans, parkinson disase atau lebih sering dikenal sebagai penyakit parkinson adalah penyakit degeneratif sistem saraf pusat yang menyebabkan gangguan progresif pada sel-sel saraf otak yang akan mempengaruhi gerakan penderitanya. Ditemukan pada tahun 1817 (An Essay on the Shaking Palsy) oleh Dr. James Parkinson.

Penyakit ini merupakan hasil dari kerusakan sel pada beberapa daerah di otak, khususnya substansia nigra, daerah yang bertanggung jawab atas produksi dopamin.

Tanda dan Gejala Penyakit Parkinson

Tanda dan Gejala Penyakit ParkinsonPenyakit parkinson berkembang secara perlahan dan gejala yang timbul biasanya tidak begitu jelas pada awalnya. Gejala yang paling umum adalah tremor (gemetar) pada salah satu tangan secara tiba-tiba.

Tanda dan gejala parkinson mungkin akan berbeda-beda pada setiap orang, ciri-ciri awalnya mungkin sangat ringan dan bisa saja tidak disadari  oleh penderitanya. Lebih seringnya, gejala hanya terjadi pada salah satu sisi tubuh dan akan terus memburuk di sisi tersebut.

  • Tremor
    Gemetar yang tidak bisa dikendalikan. Biasanya gejala ini muncul pada satu bagian tubuh, terutama tangan dan jari. Gemetaran terjadi saat bagian tubuh tersebut diam atau beristirahat.
  • Bradikinesia
    Orang yang menderita penyakit parkinson akan mengalami perlambatan dalam gerakannya sehingga tugas-tugas sederhana menjadi sulit dan memakan waktu. Saat berjalan mungkin langkah kaki menjadi lebih pendek, kesulitan beranjak dari kursi dan lain sebagainya.
  • Otot Kaku
    Kekakuan pada otot bisa terjadi bada bagian tubuh manapun. Gejala ini menyebabkan gerakan menjadi terbatas dan bahkan menimbulkan rasa sakit.
  • Gangguan keseimbangan
    Penyakit parkinson bisa menyebabkan gangguan keseimbangan tubuh, misalnya ketika berjalan tubuh akan goyah, tubuh pun bisa menjadi bungkuk atau tertekuk pada siku, lutut maupun pinggul.
  • Hilangnya Indera Penciuman
    Penderita parkinson kerap tidak dapat mencuim bau sesuatu, hal ini disebabkan karena dopamin yang menghantarkan sinyal dari otak menuju syaraf terganggu, karena berkurangnya fungsi dopamin maka indera penciuman juga akan menghilang.
  • Mengalami Gangguan Tidur
    Sekitar 40% dari penderita parkinson mengalami gangguan dalam tidur cepat. Mereka kerap menggeretakan gigi atau bahkan menyerang pasangan di tidur mereka.
  • Kesulitan dalam Buang Air (besar dan kecil)
    Tanda ini merupakan ciri awal dari penyakit parkinson. Ini dikarenakan parkinson mempengaruhi sistem syaraf yang mengatur aktivitas pada otot yang bekerja di perut dan kandung kemih.
  • Ekspresi Wajah yang Berkurang
    Kekurangan dopamin dapat berdampak pada otot-otot wajah sehingga penderita penyakit parkinson akan lambat merespon ekspresi. Mereka kerap dikatakan sebagai wajah batu atau poker face karena berkurangnya ekspresi pada wajah penderita parkinson.
  • Leher Mengalami Rasa Nyeri
    Tanda ini kerap terjadi pada penderita penyakit Parkinson berjenis kelamin wanita. Setelah mengalami tremor atau kaku mereka mengalami rasa nyeri di leher dengan berkelanjutan. Bahkan pada sebagian penderita mengalami kesemutan bahkan mati rasa.
  • Menulis Menjadi Lambat
    Gejala yang paling mudah dikenali adalah bradykinesia yaitu hilangnya gerakan spontan. Untuk mengenali gejala ini yang paling mudah adalah melalui tulisan tangan. Selain tulisan tangan bisa juga dikenali dengan cara berpakaian dan mencuci.
  • Perubahan Suara
    Penderita penyakit Parkinson akan mengalami perubahan suara menjadi lebih lembut dan monoton. Hal ini disebabkan karena otot wajah penderita Parkinson menjadi kaku. Bahkan beberapa mengalami kesulitan untuk membuka mulut mereka.
  • Lengan Tidak Dapat Menyentuh Secara Bebas
    Penyekit parkinson menyebabkan penderitanya tidak dapat mengayunkan lengan secara bebas, bahkan untuk mengambil benda di atas meja pun tidak dapat dilakukan.
  • Mengalami Perubahan Suasana Hati serta Kepribadian
    Penderita penyakit Parkinson mengalami perubahan suasana hati dan kepribadian. Menjadi pribadi yang depresi atau mengalami kecemasan yang berlebihan. Bahkan para ahli tidak mengetahui apa penyebabnya. Mereka yang tidak pernah mengalami depresi dan tiba-tiba mengalaminya adalah salah satu tanda penyakit ini.

Perlu diketahui, tidak semua penderita penyakit parkinson mengalami seluruh gejala diatas. Ada sebagian penderita penyakit parkinson yang hanya mengalami gejala ringan dan tidak mengganggu aktivitas keseharian mereka.

Hingga saat ini, penyakit parkinson belum bisa disembuhkan. Namun gejalanya bisa dicegah dengan melakukan olahraga ringan secara rutin serta menerapkan pola hidup sehat. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan serta menjadi motivasi untuk menjalani hidup sehat.

Post by Obat Penyakit Asma Bronkial

Baca juga : Obat Sakit Ulu Hati

Tanda dan Gejala Penyakit Parkinson

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *