Tanda dan Gejala Penyakit Asma

9 Jan

Tanda dan Gejala Penyakit Asma,- Laporan hasil riset kesehatan dasar Kementrian Kesehatan RI tahun 2013 memperkirakan jumlah pasien asma di Indonesia mencapai 4.5% dari total jumlah penduduk. Provinsi Sulawesi Tengah menduduki peringkat penderita asma terbanyak sebanyak 7.8% dari total penduduk di daerah tersebut. Menurut data yang dikeluarkan WHO pada bulan Mei tahun 2014, angka kematian akibat penyakit asma di Indonesia mencapai 24.773 orang atau sekitar 1.77% dari total jumlah kematian penduduk.

Tanda dan Gejala Penyakit Asma

Asma adalah penyakit jangka panjang atau kronis yang ditandai dengan penyempitan dan pembengkakan pada saluran napas yang menyebabkan penderitanya kesulitan bernapas. Asma merupakan gangguan kecil, namun bisa menjadi masalah yang besar jika mengganggu aktivitas sehari-hari. Penyebab asma secara pasti masih belum diketahui. Namun ada beberapa hal yang kerap memicunya, seperti asap rokok, debu,bulu binatang, aktivitas fisik, infeksi virus atau bahkan paparan zat kimia.

Tanda dan Gejala Penyakit AsmaSangat penting untuk Anda mengetahui apa saja yang menjadi tanda dan gejala penyakit asma. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan proses penanganannya. Gejala penyakit asma meliputi :

Gejala biasanya memburuk pada malam dan pagi hari atau sebagai respon terhadap kegiatan olahraga atau udara yang dingin.

PENTING
Pada sejumlah penderita, asma ada yang jarang menunjukan gejala, sebagai respon terhadap pemicu, sedangkan penderita asma yang lain mungkin menunjukan gejala yang nyata atau prestisen.

Jika anda mengidap asma atau sudah hidup dengan asma sejak lama, tidak perlu khawatir dengan kondisi ini karena asma merupakan penyakit yang masih dikendalikan asalkan Anda :

  1. Mengenali dan menghindari hal-hal yang dapat pemicu asma
  2. Mengenali serangan asma dan melakukan langkah pengobatan yang tepat
  3. Memontoring kondisi saluran pernapasan
  4. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan

Bilamana terjadi serangan asma dengan gejala yang terus memburuk (secara perlahan-lahan atau cepat) meski pun sudah ditangani dengan inhaler atau obat-obatan lainnya, segera periksakan diri Anda agar mendapatkan penanganan yang lebih baik. Meski jarang terjadi, serangan asma bisa saja membahayakan nyawa.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat

Baca juga : Obat Penyakit Asma Di Apotik

Tanda dan Gejala Penyakit Asma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *