Tanda dan Gejala Mioma Uteri

5 Jan

Tanda dan Gejala Mioma Uteri,- Siapa yang tidak kenal dengan penyakit ini, hampir semua wanita pasti mengenal yang namanya mioma uteri. Betapa tidak, penyakit mioma uteri adalah jenis tumor yang paling sering menghantui wanita saat ini. Pada kasus yang jarang terjadi, mioma uteri dapat menimbulkan permasalahan pada kesuburan penderitanya.

Pada mulanya, penyakit mioma uteri berasal dari otot polos rahim. Beberapa teori menyebutkan, pertumbuhan tumor ini disebabkan karena rangsangan hormon Estrogen. Pada jaringan mioma, jumlah reseptor estrogen lebih tinggi dibandingkan dengan jaringan otot kandungan sekitarnya, sehingga mioma uteri sering kali tumbuh lebih cepat pada kehamilan (membesar pada usia reproduksi).

Tanda dan Gejala Mioma Uteri

Tanda dan Gejala Mioma UteriGejala mioma uteri yang dialami oleh seorang wanita memiliki karakteristik dan juga ciri khusus. Penyakit mioma uteri tidak terlihat sama sekali jika hanya dilihat oleh kasat mata. Ada metode khusus yang harus dilakukan oleh seorang wanita jika dirinya benar mengalami penyakit mioma atau tidak, tidak perlu peralatan yang canggih untuk mendeteksi seseorang terkena penyakit mioma atau tidak. Cukup memperhatikan perkembangan rasa sakit pada area di sekitar rahim, maka seseorang bisa langsung dengan mudah untuk mendapatkan hasil dari tanda penyakit mioma uteri tersebut.

Ada beberapa tanda pada seorang wanita yang mengalami penyakit mioma uteri, tanda utamanya adalah adanya benjolan pada area di sekitar dinding rahim. Adapun tanda-tanda lain seperti :

  • Pendarahan yang banyak dan lama selama masa haid atau pun diluar masa haid
  • Nyeri perut saat haid
  • Haid tidak teratur
  • Nyeri panggul
  • Pada mioma yang sudah membesar dapat terjadi penekanan pada organ disekitarnya, yang ditandai dengan, gangguan buang air besar (sembelit), gangguan buang aur kecil (sering berkemih), nyeri saat berhubungan seksual
  • Pada bagian perut dekat rahim terasa penuh dan membesar
  • Keluarnya mioma melalui leher rahim dengan gejala nyeri yang sangat hebat, luka dan infeksi
  • Bendungan pembuluh darah vena daerah tungkai
  • Penimbunan cairan di rongga perut
  • Gejala anemia karena kehilangan banyak darah

Sering kali penderita merasa nyeri akibat miom mengalami degenerasi atau kontraksi uterus berlebihan pada mioma yang tumbuh ke dalam rongga rahim. Pasangan suami istri sering kali sulit untuk punya anak (infertilitas) disebabkan gangguan pada tuba, gangguan implantasipada endometrium, penyumbatan, dan sebagainya.

Tanda dan gejala di atas bisa dijadikan pedoman sebagai ciri-ciri mioma uteri, sehingga bila anda mengalami beberapa gejala di atas, sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan yang lebih baik. Jangan sedikitpun anda mengabaikan penyakit mioma, karena apabila di biarkan penyakit mioma akan semakin membesar dan menyebabkan kemandulan. Apabila mioma telah membesar, maka biasanya dokter menyarankan untuk melakukan operasi pengangkatan miom.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat

Post by Obat Penyakit Asma Bronkial

Simak juga : Tanda dan Gejala Trigliserida

Tanda dan Gejala Mioma Uteri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *