Tanda dan Gejala Limpa Bengkak

23 Des

Tanda dan Gejala Limpa Bengkak,- Pembengkakan limpa yang diderita seseorang dapat dilihat dari beberapa ciri-ciri yang tampak dan dialami oleh penderitanya. Sebelum membahas lebih jauh mengenai tanda dan gejala limpa bengkak, apa Anda sudah tahu apa itu limpa? Pasti sebagian dari kita ada yang sudah mengenal apa itu limpa. Namun tidak ada salahnya jika kita pelajari lebih dalam mengenai limpa ini, tujuannya tentu saja untuk menambah wawasan agar nantinya mudah saat penanganan dan pengobatannya.

Apa itu Limpa?

Limpa atau spleen adalah salah satu organ tubuh yang berlokasi pada kwardan kiri bagian atas dari perut tepat di bawah diafragma dan terlindung di bawah tulang-tulang rusuk kiri bagian bawah. Limpa ini memiliki fungsi penting yang melibatkan sel-sel darah dalam tubuh, diantaranya :

1. Menyaring darah dan mengeluarkan sel-sel darah merah yang tua dan rusak, bakteri-bakteri dan partikel-partilek lain ketika mereka lewat melalui jaringan yang kompleks dari pembuluh-pembuluh darah di dalam limpa.
2. Menghasilkan lymphocytes, tife dari sel darah putih yang menghasilkan antibodi dan membantu sistem imun tubuh.

Limpa membesar ketika organ ini dipaksa untuk melakukan pekerjaan yang berlebih dalam menyaring dan membuat sel-sel darah dan jika ada aliran darah yang abnormal atau jika limpa diserbu dengan sel-sel abnormal atau endapan-endapan.

Tanda dan Gejala Limpa Bengkak

Tanda dan Gejala Limpa BengkakPada kasus pembengkakan limpa yang sering terjadi, kebanyakan orang tidak tahu bahwa mereka memiliki pembengkakan limpa, karena gejalanya sangat jarang terjadi. Mereka biasanya mencari tahu tentang hal itu dari pemeriksaan fisik yang mereka lakukan.

Gejala umum dari pembengkakan limpa adalah :

  • Tidak mampu untuk makan makanan besar
  • Merasa tidak nyaman atau merasa kepenuhan di sisi kiri atas perut, rasa sakit ini biasanya menyebar ke bahu sebelah kiri.

Jika Anda mengalami rasa sakit ketika menarik nafas dalam-dalam itu berarti Anda memiliki pembengkakan limpa. Jika sudah seperti itu Anda dapat mengembangkan gejala atau tanda-tanda pembengkakan lainnya, seperti :

  • Mudah lelah
  • Kehilangan nafsu makan
  • Mudah mengalami infeksi dan pendarahan
  • Mengalami kurang darah arah anemia
  • Punggung daerah limpa terasa sakit

Komplikasi lain yang berpotensi terjadi ketika limpa mengalami pembengkakan

  1. Infeksi, hal ini terjadi karena limpa yang membengkak akan mengurangi sel darah merah yang sehat, trombosit dan sel darah putih dalam darah sehingga mudah terkena infeksi.
  2. Anemia dan berpotensi terjadi pendarahan
  3. Limpa pecah, jika limpa pecah maka akan mengakibatkan pendarahan yang mengancam keselamatan jiwa penderita.

Perawatan yang biasanya diberikan pada penderita penyakit limpa bengkak ini berupa radiasi untuk mengecilkan limpa, tapi jika penyebab komplikasi serius maka operasi pengangkatan limpa merupakan metode yang akan ditempuh. Untuk mencegah pembengkakan limpa anda harus membatasi aktivitas fisik seperti olahraga kontak yang akan menyebabkan limpa pecah. Untuk itu sangat penting untuk anda mencari tahu tanda dan gejala limpa bengkak agar kita bisa segera mengatasinya.

Untuk Anda yang ingin melakukan pengobatan limpa bengkak, kami pastikan anda berada di website yang tepat dalam mengobati limpa bengkak yang sedang anda derita. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa kunjungi Cara Mengobati Pembengkakan Limpa.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat

Post by Obat Penyakit Asma Bronkial

Baca juga : Penyebab Munculnya Keloid

Tanda dan Gejala Limpa Bengkak

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *