Tanda dan Gejala Keloid

22 Des

Tanda dan Gejala Keloid,- Tampil cantik dengan tubuh yang mulus tentunya menjadi dambaan setiap orang tanpa terkecuali. Tubuh yang mulus tentunya menjadi indikasi dari kebersihan dan kerapihan seseorang. Namun, terkadang beberapa bekas luka yang menghiasi bagian tubuh kehadirannya amat sangat menjengkelkan. Khususnya bagi kaum wanita, menjaga kemulusan tubuh tentunya menjadi prioritas yang senantiasa harus selalu dijaga dan diutamakan.

Salah satu bekas luka yang mungkin tak lagi asing didengar adalah keloid, bagi siapa saja mungkin sudah mengenal apa itu keloid. Namun tak ada salahnya jika kita pelajari lebih dalam mengenai keloid ini, tujuannya tentu saja untuk menambah wawasan agar nantinya mudah saat penanganan pengobatan serta mudah untuk mencegah agar keloid tersebut tak lagi muncul.

Sebenarnya Apa Itu Keloid?

Tanda dan Gejala KeloidKeloid adalah jaringan kulit tambahan yang tumbuh pada bekas luka. Keloid merupakan lesin kulit berserat yang tidak berpotensi menjadi ganas. Jaringan ikat yang dikenal sebagai jaringan fibrosa tumbuh untuk memperbaiki kulit yang luka. Namun dalam beberapa kasus, jaringan ikat ini tumbuh dengan cepat sehingga menimbulkan keliod.

Keloid dapat tumbuh dimana saja pada tubuh manusia. Tetapi umunya dapat dijumpai pada bagian dagu, bahu dan pada wajah lebih sering terjadi di bawah rahang. Keloid memiliki bentuk menebal, melebar, berwarna seperti kulit aslinya ayau bisa juga lebih gelap bahkan lebih terang.

Lalu, Apa yang Menyebabkan Munculnya Keloid?

Keloid terjadi ketika jaringan fibrosa yang menutup dan melindungi kulit yang terluka tumbuh dengan berlebihan, sehingga menyebabkan kulit menjadi menebal. Meskipun penyebab keloid yang sesungguhnya belum diketahui secara pasti. Keloid lebih rentan terjadi karena faktor genetik yang berhubungan dengan ras. Orang dengan kulit hitam akan lebih mudah mengalami keloid, meskipun orang dengan kulit putih juga bisa mengembangkan keloid. Selain itu keloid lebih banyak terjadi pada usia antara 10–30 tahun dan bisa menyerang jenis kelamin apa saja, baik laki-laki atau perempuan.

Faktor-faktor penyebab keloid:

  • Luka dari bekas jerawat.
  • Mengalami luka bakar.
  • Cacar yang meninggalkan bekas.
  • Telinga yang ditindik.
  • Mengalami luka karena terkena benda tajam.
  • Bekas luka setelah operasi.
  • Bekas suntikan ketika vaksinasi.

Tanda dan Gejala Keloid

Pada beberapa orang munculnya keloid bukanlah hal yang terlalu diributkan, tetapi pada sebagian orang yang memperhatikan penampilan pasti akan sangat mengganggu, apalagi jika keloid dapat terlihat dengan jelas.

Gejala keloid yang muncul diatas luka pada permukaan kulit:

  • Pada bekas luka akan muncul benjolan dengan warna merah darah atau bisa lebih gelap dari warna kulit aslinya atau lebih terang, bahkan ada juga yang warnanya serupa dengan warna kulit aslinya.
  • Benjolan akan muncul di sekeliling bekas luka.
  • Memiliki bentuk yang bervariasi, pada umumnya melebar dan memanjang.
  • Memiliki ukuran yang lebih besar daripada luka yang dialami.
  • Terkadang pada benjolan menimbulkan rasa gatal.
  • Memiliki permukaan yang licin dan mengkilat.
  • Mudah mengalami iritasi apabila terkena gesekan
  • Terus bertambah besar

Bagiman Cara Mengobati Keloid?

Pada prinsipnya keloid buka diobati seperti penyakit-penyakit kulit lainnya. Pengobatan keloid hanya bertujuan untuk menghilangkan keloid pada permukaan kulit. Keloid yang muncul sebenarnya merupakan dari respon tubuh dalam memperbaiki tubuhnya sendiri. Dengan menghilangkan keloid, sama halnya dengan menghilangkan jaringan parut atau fibrosa pada kulit yang menutupi luka, sehingga tak menutup kemungkinan jaringan fibrosa yang baru akan kembali muncul.

Keloid bukanlah penyakit yang berbahaya bagi kesehatan, hanya saja keloid ini mengganggu penampilan, terutama keloid ini tumbuh pada bagian kulit yang mudah terlihat. Keloid membutuhkan waktu yang lama untuk tumbuh di permukaan kulit, jadi bukan berarti ketika terluka dan sembuh langsung berbentuk keloid.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat

Post by Obat Penyakit Asma Bronkial

Simak juga : Tuntaskan Jerawat Dengan Merubah Gaya Hidup

Tanda dan Gejala Keloid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *