Tanda dan Gejala Kanker Payudara

29 Des

Tanda dan Gejala Kanker Payudara,- Kasus kanker payudara di indonesia mencapai sekitar 40 kasus setiap 100.00 penduduk pada tahun 2012, menurut data dari organisasi kesehatan dunia (WHO). Dibandingkan dengan negara tetangga kita Malaysia, kanker payudara di indonesia lebih banyak diderita oleh wanita berusia muda dan pada tahap yang lebih lanjut.

Kanker payudara merupakan jenis kanker yang menyerang organ payudara, dimana sel dalam payudara membelah dan tumbuh diluar kendali. Sel abnormal tersebut juga bisa menyebar ke bagian tubuh lain melalui aliran darah.

Tanda dan Gejala Kanker Payudara

Tanda dan Gejala Kanker PayudaraKanker payudara memiliki gejala yang khas dan dapat diketahui dengan jelas melalui pemeriksaan payudara sendiri. Berikut adalah tanda dan gejala yang timbul apabila seseorang menderita kanker payudara :

  • Benjolan Disekitar Payudara
    Benjolan disekitar payudara merupakan merupakan gejala awal yang harus anda perhatikan. Walaupun tidak 100% benjolan ini menandakan bahwa Anda terkena kanker, namun setidaknya Anda harus waspada, mulai dari benjolan yang kecil atau yang sudah mengganggu.
  • Perubahan Ukuran dan Bentuk Payudara
    Jika Anda melihat ada keanehan dalam salah satu bentuk payudara, maka Anda harus waspada. Dari yang sebelumnya berukuran 34 menjadi 32 (contoh dalam ukuran BH) dan dari yang sebelumnya mancung sekarang jadi tengkulai ke bawah.
  • Terdapat Kerutan Disekitar Payudara
    Kerutan biasanya dialami oleh orang tua, namun lain halnya jika mengalami gejala kanker payudara. Kerutan mungkin saja terdapat di bagian tertentu di payudara Anda. Kulit payudara yang normal tidak memiliki kerutan, cenderung halus dan permukaannya rata (kecuali di daerah puting).
  • Keluar Cairan dari Puting
    Ketika tanpa sebab yang jelas (tidak sedang menyusui) tiba-tiba keluar cairan dari puting, maka ini adalah salah satu gejala Anda terkena kanker payudara. Cairan yang keluar dari puting ini dapat berwarna putih dan bening dan agak kental. Jika puting mengeluarkan cairan berwarna cokelat atau bahkan cairan berwarna merah darah, hal tersebut menandakan bahwa gejalanya sudah kronis.
  • Nyeri pada Payudara yang tak Kunjung Hilang
    Payudara mungkin saja akan terasa nyeri ketika Anda mengalami menstruasi atau sedang hamil. Namun rasa sakit tersebut akan hilang seiring dengan selesainya siklus yang Anda lalui. Jika tidak kunjung hilang coba teliti lagi apakah bagian yang nyeri tersebut terletak pada posisi yang sama atau tidak ? jika pada bagian yang sama maka akan semakin besar kemungkinan bahwa itu merupakan gejala kanker payudara yang harus anda waspadai.
  • Payudara Tampak Kemerahan dan Bengkak
    Jika Anda mengali perubahan drastis dari warna kulit sekitar payudara seperti memerah, bengkak atau terlihat gelap di salah satu sisi payudara Anda, maka sebaiknya Anda mulai berkonsultasi pada dokter spesialis terkait.
  • Puting Masuk ke Dalam
    Puting payudara biasanya akan timbul, walaupun sedang mengecil setidaknya dia akan sejajar dengan kulit. Namun keanehan harus Anda perhatikan ketikan puting telah menukik ke dalam dan tidak sewajarnya.
  • Gatal dan Bersisik di Payudara
    Faktor lain yang menjadi ciri penyakit kanker payudara adalah timbulnya gatal-gatal yang tidak terduga di sekitar daerah payudara. Di kulit payudara juga timbul semacam sisik yang cukup mengganggu karena sakit jika di kelupas atau dipegang.

Guna mengenali ciri-ciri kanker payudara di atas, cobalah untuk rajin melakukan pemeriksaan payudara sendiri setiap bulan. Rajin melakukan pemeriksaan juga dapat membantu anda mengenali tekstur jaringan payudara Anda. Sehingga jika Anda merasakan ada sesuatu yang tidak biasa pada payudara, Anda bisa lebih menyadarinya.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat

Post by Obat Penyakit Asma Bronkal

Baca juga : Obat Tradisional Radang Sinus

Tanda dan Gejala Kanker Payudara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *