Tanda dan Gejala Jantung Bocor

19 Des

Tanda dan Gejala Jantung Bocor,- Pentingnya jantung untuk kehidupan, tak pernah sedikitpun jantung berhenti bekerja. Apalagi jika sampai satu menit. Hanya orang mati saja yang jantungnya sudah tidak bisa bekerja lagi. Mengapa? Karena jantung adalah salah satu organ penting manusia dan tak ada yang bisa menggantikannya.

Sayangnya tidak semua jantung manusia itu sehat. Ada beberapa orang yang mengalami jantung yang sakit. Salah satunya adalah penyakit jantung bocor, ini merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya. Karena konsekuensi dari penyakit ini adalah kematian.

Mengapa Jantung Bisa Mengalami Kebocoran?

Tanda dan Gejala Jantung BocorTidak terlepas siapa saja bisa mengidap penyakit ini. Bukan cuma orang dewasa saya, bahkan bayi yang berumur kurang dari satu tahun memiliki kemungkinan yang sama. Ini karena pengaruh dari faktor genetik seseorang. Pada orang dewasa, jantung bocor sering kali terjadi karena salah satu katup tidak dapat tertutup. Sedangkan pada anak atau bayi, kasus jantung bocor bisa disebabkan karena lubang antara serambi kanan dan kiri tidak tertutup sempurna.

Tapi tidak semua bayi mengidap dan berpotensi penyakit ini. Masih ada banyak kemungkinan lainnya yang menyebabkan bayi mengalami gangguan ini. Penyebab utama mengapa jantung yang seharusnya tertutup rapat bisa terdapat adanya lubang, belum diketahui secar pasti. Namun berdasarkan referensi yang ada, hampir kurang lebih 90% menyebutkan bahwa adanya kelainan jantung bocor bisa disebabkan karena faktor lingkungan dan faktor genetik.

Lalu, Bagaimana Cara Membedakan Antara Jantung Yang Bocor dan Tidak?

Memang jika dilihat dari luar orang yang mengalami jantung bocor dan tidak, sama sekali tidak ada bedanya. Padahal dalam sisi penanganan, mereka jelas berbeda. Tentu saja lebih intensif bagi mereka yang memiliki masalah kesehatan jantung. Masalahnya kita tidak tahu, mana orang yang memiliki jantung bocor? Apakah perlu dibelah dadanya dan dilihat apakah ia memiliki masalah jantung atau tidak? Tentu tidak akan seekstrim itu bukan? Ada beberapa ciri yang membedakan seseorang yang memiliki kebocoran jantung dengan mereka yang normal. Apakah itu? Simak ulasan berikut ini.

Tanda dan Gejala Jantung Bocor

Jantung bocor atau adanya lubang di jantung, sering kali tidak terdeteksi karena jarang sekali menimbulkan tanda atau gejala khusus. Kondisi ini bisa terjadi pada semua orang tanpa disadari. Namun mereka yang mengalami kondisi seperti ini akan merasakan gejala seperti berikut ini :

  • Tanda dan Gejala Jantung BocorUkuran tubuh cenderung lebih kecil
  • Adanya murmur jantung
  • Mudah lelah
  • Mengalami sesak nafas
  • Adanya pemupukan darah
  • Pembengkakan pada beberapa organ lain
  • Memiliki detak jantung lebih kencang dan tidak teratur
  • Mengalami penurunan nafsu makan
  • Mengalami masalah baby blue pada bayi
  • Warna kebiruan di berbagai bagian tubuh
  • Memiliki jumlah kadar hemoglobin tinggi

Baca juga : Tanda dan Gejala Infeksi Paru-Paru

Bagimana Jika Sudah Terdiagnosis Terkenan Penyakit Jantung Bocor

Tanda dan Gejala Jantung BocorMenindaklanjuti ciri-ciri jantung bocor diatas dengan memeriksakan diri ke dokter adalah langkah yang benar. Memastikan kesehatan katup jantung tersebut akan mengurangi resiko yang lebih besar dan membuat seseorang akan mengetahui apa saja langkah yang harus diambil agar akibat dari jantung yang bocor bisa dihindari.

Apabila seseorang telah terdiagnosis mengalami penyakit jantung bocor, olahraga ringan menjadi pilihan utama untuk menjaga kesehatan jantung anda. Seseorang juga perlu melakukan konsultasi pada dokter jika memang diagnosis tersebut mengatakan bahwa dirinya mengalami jantung bocor yang parah. Rokok juga merupakan benda yang harus dihindari bagi setiap orang yang terdiagonsis mengalami jantung bocor. Rokok bisa mempengarungi kesehatan tubuh dan kondisi katup seseorang.

Begitu bahanya penyakit ini apabila anda tidak peduli dengan kesehatan anda, lingkungan anda dan jantung anda. Penyakit yang tidak menimbulkan gejala justru lebih berbahaya dibandingkan dengan penyakit yang menimbulkan gejala yang bisa dirasakan melalui perubahan fisik seperti luka bakar atau penyakit lainnya. Semoga pembahasan mengenai penyakit jantung bocor ini memberikan kesadaran bagi semua untuk selalu menjaga kondisi kesehatan jantung.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat

Post by Obat Penyakit Asma Bronkial

Artikel lainnya : Inilah Ciri-Ciri Infeksi Rahim

Tanda dan Gejala Jantung Bocor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *