Tanda dan Gejala Jantung Bengkak

20 Des

Tanda dan Gejala Jantung Bengkak,- Apa yang menyebabkan jantung membengkak? Pertanyaan ini telah berulang kali ditanyakan oleh banyak orang, khususnya bagi mereka yang tengah belajar di dunia kedokteran atau mereka yang terkait langsung dengan penyakit ini.

Namun, meski telah ditanyakan dan di jawab, jantung yang bengkak tetap menjadi obyek penelitian yang menarik. Tidak mengherankan jika para pakar kesehatan terus melakukan penelitian dan pengkajian menyenai penyebab jantung bengkak.

Dan hasilnya, ternyata jantung bengkak disebabkan oleh hal-hal berikut ini

Tanda dan Gejala Jantung BengkakKardiomegali adalah kondisi ketika jantung mengalami pembengkakan. Istilah ini menggambarkan suatu gejala yang dapat disebabkan oleh berbagai penyakit yang mendasari. Jantung bengkak timbul akibat respon terhadap kerusakan pada otot jantung. Pada tahap awal mungkin pembengkakan jantung masih dapat memompa darah secara normal, namun seiring berkembangnya pembengkakan, kemanpuan jantung memompa semakin menurun hingga akhirnya terjadilah gagal jantung

Adapun faktor lain yang dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan pada jantung yaitu :

  1. Jarang berolahraga
  2. Kelainan jantung sejak lahir
  3. Otot jantung lemah
  4. Tekanan darah tinggi
  5. Kerusakan katup jantung
  6. Gangguan tiroid
  7. Amiloidosis

Dari tujuh penyebab jantung bengkak, empat diantaranya disebabkan karena penyakit lain. Jadi boleh dikatakan bahwa jantung bengkak merupakan penyakit lanjutan dari suatu penyakit. Memang, ini bukan hal yang aneh pada suatui penyakit. Sering kali sebuah penyakit mengakibatkan terjadinya efek beruntun pada penderitanya sehingga mengalami beberapa penyakit sekaligus.

Tanda dan Gejala Jantung Bengkak

Pada beberapa orang jantung bengkak tidak menimbulkan gejala. Namun, apabila jantung bengkak sampai menimbulkan ketidakmampuan memompa darah secara efektif, maka akan menimbulkan gejala seperti :

  • Tanda dan Gejala Jantung BengkakRasa sakit dibagian tubuh lainnya seperti, bahu, leher, punggung, siku
  • Pembekakan pada bagian tubuh tertentu biasanya kaki atau perut
  • Mengalami gejala batuk yang continue
  • Cepat lelah
  • Sakit kepala
  • Sesak nafas
  • Detak jantung yang tidak teratur
  • Terkadang disertai dengan nyeri dada

Jantung bengkak atau pembesaran jantung lebih mudah diobati ketika terdeteksi lebih awal. Jika anda mengalami tanda atu gejala yang telah disebutkan di awal, segeralah berkonsultasi dengan dokter spesialis jantung. Jantung bengkak yang tidak mendapatkan penanganan dan pengobatanyang tepat dapat mengakibatkan terjadinya komplikasi.

Setelah Anda mengetahui ciri-ciri jantung bengkak, semoga Anda dapat menghindari serta mengatasi segala penyebabnya. Jika Anda telah di vonis mengalami jantung bengkak, segera kontrol dan obati penyebab jantung bengkak. Selain itu segera rubah gaya hidup dan pola makan Anda dengan yang lebih sehat. Beberapa tips cara mengobati jantung bengkak bisa Anda lakukan antara lain:

  • Merubah gaya hidup dan pola makan dengan yang lebih sehat
  • Menurunkan dan mengontrol tekanan darah agar tetap dalam kondisi normal
  • Menurunkan berat badan
  • Rajin berolahraga dan banyak makan sayur dan buah-buahan
  • Mengurangi asupan garam
  • Latihan atau olahraga kardiovaskular
  • Rutin memeriksakan kesehatan ke dokter spesialis jantung.

Demikianlah sedikit penjelasan tentang gejala jantung bengkak, semoga dengan informasi ini dapat meningkatkan kembali kesadaran Anda terutama untuk selalu menyayangi dan menjaga kesehatan jantung Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat

Post by Obat Penyakit Asma Bronkial

Baca juga :

Tanda dan Gejala Jantung Bengkak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *