Tanda dan Gejala Infeksi Rahim

16 Des

Tanda dan Gejala Infeksi Rahim,- Rahim wanita merupakan salah satu organ yang rawan mengalami masalah, maka dari itu Anda harus benar-benar menjaganya. Banyak sekali penyakit rahim yang bisa menyerang wanita, beberapa diantaranya seperti miom, kista, kanker seviks, tumor rahim, infeksi. Semua itu berhubungan dengan rahim.

Wanita yang terserang terserang infeksi rahim biasanya pada usia produktif yaitu 17-40 tahun. Kasus radang pinggul atau infeksi rahim yang tidak segera ditangani secara benar dapat menimbulkan berbagi macam komplikasi seperti sakit perut kronis, infertilitas hingga kehamilan di luar rahim (ektopik).

Sebenarnya Apa Itu Infeksi Rahim dan Apa Penyebabnya?

Tanda dan Gejala Infeksi RahimRadang panggul atau infeksi rahim adalah suatu penyakit yang menyerang organ perempuan, yaitu rahim dan bagian-bagiannya seperti indung telur (ovarium), saluran telur (cervix) dan juga organ lain disekitar rahim. Penyakit ini hampir ekslusif disebabkan oleh infeksi bakteri. Jadi istilah infeksi rahim sebenarnya masuk ke dalam penyakit radang panggul, karena pada infeksi rahim pun terjadi radang pada rahim yang disebabkan oleh bakteri.

Infeksi menular seksual merupakan penyebab utamanya. Maka penyakit ini biasanya menyerang perempuan yang mempunyai kehidupan seksual yang aktif. Dua jenis bakteri yang cukup sering menyerang dan mengakibatkan penyakit infeksi rahim adalah kuman gonore dan klamidia yang juga merupakan dua bakteri yang paking sering menyebabkan infeksi pada organ intim pria dan wanita.

Tanda dan Gejala Infeksi Rahim

Tanda dan Gejala Infeksi RahimMengenal infeksi rahim sangatlah penting untuk membuat perempuan selalu wapada, karena komplikasi yang ditimbulkan penyakit ini bukanlah kondisi yang mudah disembuhkan. Berikut kami sajikan gejala dan ciri-ciri infeksi rahim yang dapat terjadi pada perempuan :

  • Nyeri yang terus menerus pada perut bagian bawah
  • Demam yang sering muncul
  • Keluarnya keputihan dari organ intim yang berwarna berbau serta dalam jumlah yang banyak
  • Nyeri saat berhubungan intim
  • Keluarnya darah selesai atau saat berhubungan intim
  • Sensasi terbakar ketika berkemih atau setelah selesai berkemih
  • Munculnya pendarahan atau flek diantara waktu siklus menstruasi (yang seharusnya tidak keluar)

Gejala infeksi rahim dapat bermacam-macam, mulai dari tidak menimbulkan gejala hingga munculnya nyeri pada daerah panggul. Tidak jarang, penyakit infeksi rahim ini akan mengganggu kehidupan seksual seorang perempuan.

Komplikasi dan Akibat Buruk dari Penyakit Infeksi Rahim

Cukup banyak macam komplikasi dari penyakit ini yang dapat terjadi pada perempuan. Diantaranya adalah penyakit radang panggul kronis, abses, perlengketan rahim, sulit mempunyai anak, serta kehamilan di luar kandungan. Infeksi rahim yang berulang dapat pula menimbulkan proses radang atau inflamasi berulang sehingga merusak jaringan dan keutuhan saluran indung telur. Terganggunya keutuhan jaringan pada saluran indung telur atau tuba falopi ini kerap menimbulkan keadaan infertilitas atau sulit punya anak pada perempuan.

Apakah Infeksi Rahim Bisa Hamil?

Ringan atau berat infeksi rahim jangan jangan dianggap enteng, karena dampaknya tidak sedikit. Jika terinfeksi sebelum hamil, maka sangat kecil sekali kemungkinan untuk bisa hamil. Bila infeksi terjadi saat hamil bisa saja menyebabkan terjadinya keguguran pada trimester pertama kehamilan.

Tetapi, sepanjang infeksi rahim diobati dengan baik dan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kehamilan lainnya dalam keadaan baik, kemungkinan anda untuk hamil akan tetap ada.

Menderita infeksi rahim bukanlah merupakan hal yang memalukan. Sebaiknya, perlu dilakukan pengobatan hingga tuntas terutama bagi kaum wanita yang masih berada di rentang usia produktif. Periksakan diri Anda ke dokter bila Anda mulai merasakan gejala-gejala infeksi tersebut.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat

By Obat Penyakit Asma Bronkial

Baca juga : Tanda dan Gejala Infeksi Paru-Paru

Tanda dan Gejala Infeksi Rahim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *