Tanda dan Gejala Infeksi Paru-Paru

16 Des

Tanda dan Gejala Infeksi Paru-Paru,- Penyakit yang menyerang bagian pernafasan tentu menjadi hal yang menakutkan dan menjadi mimpi buruk bagi siapapun, tak terkecuali mereka yang telah terlanjur mengalami kondisi ini.

Salah satu penyakit yang sering menyerang alat pernafasan adalah infeksi paru-paru. Seperti yang kita ketahui, paru-paru manusia adalah organ yang bertanggung jawab untuk respirasi, apabila patu-paru terkena infeksi maka fungsinya akan terganggu. Lalu apa yang menjadi penyebab infeksi paru-paru? Simak informasi selengkapnya disini !!!

Apa yang Menyebabkan Terjadinya Infeksi Paru-Paru?

Tanda dan Gejala Infeksi Paru-ParuInfeksi paru-paru adalah penyakit yang timbul akaibat adanya peradangan pada bagian paru yang disebabkan oleh mikroorganisme seperti parasit, jamur, bakteri maupun virus. Seseorang yang menderita infeksi paru-paru akan membuat dirinya tampak selalu lemah, pucat dan tak berdaya. Saat dilakukan diagnosa terhadap penyakit ini, biasanya merujuk pada penyakit pneumonia dan bronkitis. Kedua penyakit tersebut sangat berkaitan dengan sistem imun tubuh.

Jadi, bisa diartikan bahwa penyakit infeksi paru-paru lebih rentan terhadap seseorang yang mempunyai sistem kekebalan tubuh lemah. Untuk itulah sebaiknya kita selalu menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan bugar. Sehingga berbagai jenis penyakit berbahaya bisa dihindari dan ditangkal oleh tubuh.

Tanda dan Gejala Infeksi Paru-Paru

Gejala yang ditimbulkan oleh infeksi paru-paru ini tergantung pada penyebab yang mendasarinya, jadi dengan kata lain penyebab berbeda akan menimbulkan gejala yang berbeda pula.

  • Gejala Infeksi Paru-Paru Karena Bakteri
    Infeksi ini diakibatkan oleh MRSA (Methicilin Resistan Staphylococcus Aureus) yang tahan terhadap antibiotik. Gejala utamanya adalah adanya peradangan pada paru-paru. Gejala lainnya adalah meningkatkan produksi lendir, meningkatkan aliran darah, bengkak dan iritasi pada kulit.
  • Gejala Infeksi Paru-Paru Akibat Virus
    Penderitanya akan mengalami batuk-batuk, pilek, sakit tenggorokan, demam dan infeksi pada telinga. Selain itu, juga mengalami sesak napas dan dehidrasi bahkan menyebabkan sariawan diseluruh mulut. Dalam kondisi serius, bibir dan kuku penderita cenderung membiru.
  • Gejala Infeksi Paru-Paru Oleh Jamur
    Tanda atau gejala yang ditimbulkan karena infeksi paru-paru akibat jamur adalah flu, batuk yang disertai lendir, sering demam dan menggigil. Sebagian penderita juga merasakan nyeri otot yang berpindah-pindah, sering sakit kepala dan sesak napas.

Penting !!

Pada kasus infeksi yang disebabkan oleh virus atau bakteri, maka akan cenderung menimbulkan demam yang lebih parah, kesulitan bernapas, perubahan warna dan tekstur lendir dan rasa sakit atau sesak di dada yang terasa lebih buruk ketika batuk atau bernapas dalam-dalam.

Cara Mengatasi Gejala Infeksi Paru-Paru

  • Gunakan alat humidifier atau alat pelembab udara. Alat ini mampu melonggahrak dahak dan secara efekstif mengatasi infeksi dalam paru-paru.
  • Mandi dan berendam di air panas akan membuat lendir keluar dari paru-paru dan mengurang gejalanya.
  • Minumlah air hangat sehingga penumpukan dahak longgar serta memperlancar saluran pernapasan.
  • Minum ramuan yang terbuat dari jahe bubuk, lada dan cengkeh secara teratur karena bisa melawan infeksi yang terjadi.
  • Segera berhenti merokok dan minum alkohol.
  • Lakukan olah pernapasan setiap hari untuk melancarkan peredaran dara dan mencegah bertambah parahnya infeksi.
  • Jangan mengangkat beban berat terlebih dahulu karena bisa menyebabkan otot menjadi tegang dan kencang.

Masalah infeksi paru-paru ini dapat menular dan cukup serius. Apabila anda mulai merasakan gejala-gejala seperti di atas segeralah untuk melakukan pengobatan agar gejala yang ditimbulkan bisa segera teratasi.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat

Post by Obat Penyakit Asma Bronkial

Baca juga : Inilah Ciri-Ciri Infeksi Ginjal

Tanda dan Gejala Infeksi Paru-Paru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *