Tanda dan Gejala Eksim

7 Des

Tanda dan Gejala Eksim,- Penyakit kulit yang satu ini rupanya sudah tidak asing lagi terdengar di telingan masyarakat indonesia. Karena pengaruh iklim tropis di Negeri inilah yang membuat penyakit kulit ini dengan mudah menyerang masyarakat indonesia.

Eksim atau sering disebut dermatitis adalah peradangan hebat yang menyebabkan pembentukan lepuh atau gelembung kecil (vasikel) pada kulit hingga akhirnya pecah dan mengeluarkan cairan.

Faktor Apa Saja Yang Menyebabkan Munculnya Eksim?

Tanda dan Gejala EksimSelain iklim tropis atau lemab yang mempengaruhi eksim, ternyata faktor genetik dan lingkungan juga bisa memicu terjadinya eksim. Selain itu, makanan juga bisa menjadi penyebab eksim apalagi orang yang menderita alergi terhadap makanan tertentu seperti susu, telur dan kacang-kacangan cenderung akan mengalami eksim yang lebih parah.

Selain faktor yang telah disebutkan di atas, banyak hal lain yang dapat memicu muncunyalnya eksim, seperti :

  • Deterjen dan sabun
  • Bahan-bahan yang mengandung zat kimia
  • Darah kotor
  • Kekurangan vitamin K
  • Alergi perhiasan imitasi

Baca juga : Kenali Tanda dan Gejala Alergi

Meskipun penyebab eksim pada setiap orang berbeda-beda, alangkah baiknya kita menjaga kesehatan badan dan lingkungan agar terhindar dari penyakit eksim. Dengan menjaga kesehatan penyakitpun tidak akan mudah masuk ke dalam tubuh.

Tanda dan Gejala Eksim

Dimanapun lokasi timbulnya eksim, gejala utama yang dirasakan adalah gatal. Terkadang rasa gatal sudah muncul sebelum ada tanda kemerahan pada kulit.

Berikut ini beberapa ciri-ciri gejala eksim yang sering terjadi di masyarakat, yaitu :

  • Tanda dan Gejala EksimRasa panas pada bagian kulit yang terkena eksim
  • Kulit melepun dan bersisik
  • Kulit yang terkena eksim menjadi kemerahan

Daerah yang sering terkena eksim yaitu sela-sela jari tangan dan kaki dan pada daerah daerah lipatan tubuh seperti selangkangan, lutut, sikut serta leher.

Bagaimana Cara Pencegahannya?

Munculnya eksim dapat dihindari dengan menjaga kesehatan, mengindari pakaian yang mengguankan bahan yang menggaruk seperti wol dan lainnya, hindari pemakaina sabun, deterjen dan larutan lainnya yang menggunakan bahan kimia terlalu keras. Berhati-hatilah dalam memilih makanan, karena makanan juga menjadi faktor pencetus eksim.

Kulit dengan luka eksim rentan terinfeksi bakteri. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk tidak menggaruk ruam yang terasa gatal. Periksakan ke dokter jika gejala-gejala eksim mulai mengganggu konsentrasi dan kegiatan sehari-hari.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat

Post by Obat Penyakit Asma Bronkial

Artikel lainnya : Cara Mengobati Batuk Berdahak Pada Anak

Tanda dan Gejala Eksim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *