Tanda dan Gejala Diabetes Melitus

17 Nov

Tanda dan Gejala Diabetes Melitus,- Dibetes melitus merupakan sekelompok penyakit metabolik yang ditandai dengan hiperglikemia. Ketidak seimbangan tubuh dalam memproduksi insulin karena kerusakan automium sel beta pankreas menjadi penyebab diabetes melitus. Tingginya kadar gula dalam darah terjadi karena tidak berfungsinya hormon insulin dalam menyerap gula secara maksimal.

Ada dua tipe diabetes yang umum dikenal oleh masyarakat, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Semua bentuk diabetes tersebut meningkatkan resiko komplikasi dalam jangka waktu panjang. Hal ini akan berkembang setelah 10-20 tahun, tetapi bisa saja gejala pertama muncul pada mereka yang belum terdiagnosis penyakit tersebut.

Tanda dan Gejala Diabetes Melitus

Tanda dan Gejala Diabetes Melitus

Perlu anda ketahui, penyakit diabetes bisa didapatkan dari riwayat keluarga maupun gaya hidup yang tidak seimbang. Agar terhindar dari bahaya dan komplikasi yang disebabkan oleh penyakit diabetes melitus, alangkah baiknya kita mengenal akan tanda dan gejala pertama penyakit tersebut agar mudah untuk melakukan pencegahan.

Berikut ini  tanda dan gejala awal diabetes melitus yang harus anda ketahui. Diantaranya :

  • Poliuria (Sering buang air kecil)
  • Polidipsia (Sering merasa haus)
  • Penurunan berat badan
  • Sering merasa lapar
  • Poliphagia (Kelelahan)
  • Gatal-gatal pada kulit
  • Luka sulit disembuhkan
  • Sering kesemutan dan mati rasa di tangan dan kaki
  • Penglihatan menjadi kabur
  • Sering terjadi infeksi

Baca juga : Cara Mengobati Luka Diabetes

Untuk mendateksi dini penyakit dibetes melitus, hal yang bisa anda lakukan adalah dengan mengatahui kadar gula darah. Salah satu tes untuk mengetahui kadar gula darah adalah dengan melakukan tes glukosa plasma. Anda harus melakukan tes darah dalam beberapa kali untuk memastikan karena tes darah tunggal tidak bisa mengeluarkan hasil yang akurat.

Baca juga : Makanan Sehat Untuk Penderita Diabetes

Penyakit diabetes memang cukup mengerikan, bagaimana tidak, sampai sekarang belum ada obatnya. Ahli medis hanya tahu bagaimana cara mengendalikan kadar gula darah tersebut. Entah dengan seumur hidup minum obat dalam jumlah yang ditentukan atau ketika sembuh masih harus minum obat dalam takaran yang dikurangi atau bagaimana, itu semua keputusan dokter.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat

Post by Obat Penyakit Asma Bronkial

Artikel lainnya : Cara Mengobati Alergi Pernafasan Pada Bayi

Tanda dan Gejala Diabetes Melitus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *