Tanaman Hias Yang Bisa Membersihkan Udara Dalam Ruangan

1 Apr

Tanaman Hias Yang Bisa Membersihkan Udara Dalam Ruangan – Udara yang kotor di dalam ruangan dapat memicu berbagai masalah kesehatan, salah satu contohnya adalah dapat dengan mudah terkena serangan asma akibat alergi terhadap polusi. Penderita asma sangat sensitif sekali terhadap polusi.

Seperti yang dilansir oleh noattacks.org, polusi yang ada di udara bisa membuat penderita asma mengalami sesak nafas, bahkan polusi udara juga bisa membuat orang yang bukan penderita asma mengalami sesak nafas.

Tanaman Hias Yang Bisa Membersihkan Udara Dalam Ruangan

Agar terhindar dari gejala asma, anda harus memelihara kesehatan lingkungan baik di luar maupun di dalam ruangan, selain dengan rutin membersihkan lingkungan, Anda juga meletakan tanaman yang bisa membantu membersihkan udara. Berikut beberapa tanaman yang bisa membersihkan udara kotor, diantaranya :

  • Bunga Krisan

Bunga krisan atau krisantemum adalah sejenis tumbuhan berbunga yang sering ditanam sebagai tanaman hias pekarangan atau bunga petik, tumbuhan berbunga ini mulai muncul pada zaman Kapur. Bunga yang dikelan dengan nama bunga seruni ini adalah bagian dari tumbuhan suku kenikir-kenikiran atau Asteraceae yang mencakup bermacam-macam jenis.

Tanaman Hias Yang Bisa Membersihkan Udara Dalam RuanganBunga nasional jepang ini memiliki aroma yang wangi, bunga ini sering ditambhkan ke dalam teh agar lebih wangi dan nikmat. Namun selain bunga ini wangi, ternyata bunga krisan bisa membersihkan udara yang kotor. Dalam studi NASA, krisan dinobatkan sebagai peringkat pertama sebagai filter polutan terbaik. Chrysantemum, atau biasa disingkat ‘mum’, dapat mengusir amonia, benzena, formalin, dan xylene dari udara ruangan Anda.

  • Spider Plant

Spider plant adalah tumbuhan dengan nama ilmiah Chlorophytum comosum. Tanaman hias yang berasal dari Afrika dan kini tersebar ke segala penjuru dunia ini mempunyai tinggi mencapai 60 cm. Sebagai tanaman hias, tumbuhan ini dapat ditanam dalam pot dalam ruangan. Sebagai pembersih udara tumbuhan ini mampu menyerap benzena, formaldehida, karbon monoksida dan xilena, bahan kimia pada industri kulit, karet dan pencetakan.

Tanaman Hias Yang Bisa Membersihkan Udara Dalam RuanganTanaman berdaun panjang dan tipis seperti kaki laba-laba ini sangat mudah untuk dirawat. Anda hanya perlu memastikan tanaman ini mendapatkan cukup cahaya matahari secara tidak langsung setiap harinya.

  • Draceana

Draceana atau sering disebut ribbon plant merupakan tumbuhan yang banyak macamnya, tanaman ini berasal dari Kamerun, tumbuh dalam semak dengan batang ramping dan lentur, dengan daun yang memanjang. Tanaman hias mungil ini bisa menjadi formalin, xylene, toluene, benzena, dan trichloroethylene.

Tanaman Hias Yang Bisa Membersihkan Udara Dalam RuanganWalaupun mungil, jika Anda merawat draceana dengan baik, tanaman yang sering disebut “Bambu Rezeki” ini bisa tumbuh hingga 5 meter. Penting untuk Anda ketahui, jika memiliki hewan peliharaan seperti anjing atau kucing, sebaiknya hindari tanaman ini, karena draceana dapat beracun bagi binatang kesayangan Anda.

  • Ficus

Ficus adalah genus tumbuh-tumbuhan yang secara alamiah tumbuh di daerah tropis dengan sejumlah spesies hidup di zona ugahari. Tanaman ficus ini sering disebut dengan pohon beringin atau ada juga yang menyebutnya pohon ara. Selain dikenal predikatnya sebagai pohon angker dan kekeramatan jika tumbuh di luar ruangan.

Tanaman Hias Yang Bisa Membersihkan Udara Dalam RuanganNamun dibalik mitos yang selama ini beredar di masyarakat ternyata menurut NASA di ungkapkan bahwa pohon ini berfungsi untuk menyaring udara di dalam ruangan seperti trichloroethylene, benzena dan formaldehida.

  • Peace Lily (Spathiphyllum)

Spathiphyllum adalah genus darai sekitar 40 spesies monikotil tanaman berbunga dalam keluarga Araceae asli dari daerah tropis Amerika dan Asia Tenggara. Bunga yang satu ini umumnya berwarna merah dan putih. Daunnya panjang dan berwarna gelap. Karena tidak membutuhkan banyak sinar matahari, maka ia cocok diletakkan di dalam ruangan.

Tanaman Hias Yang Bisa Membersihkan Udara Dalam RuanganBunga ini doyan air dan dapat menyerap polusi di dalam rumah. Lebih baik diletakkan agak jauh dari area yang terkena matahari atau jendela, sehingga usianya dapat lebih lama. Bunga ini dapat menyerap ammonia.

  • Lidah Mertua

Lidah mertua adalah marga tanaman hias yang cukup populer sebagai penghias bagian dalam rumah karena tanaman ini dapat tumbuh dalam kondisi yang sedikit air dan cahaya matahari. Selain  namanya unik, tanaman lidah mertua juga memiliki manfaat yang sangat bagus.

Tanaman Hias Yang Bisa Membersihkan Udara Dalam RuanganTanaman hias ini mampu menyerap racun, seperti nikotin, karbonmonoksida, benzene, formaldehyde, trichloroethylene, dan dioksin. Sehingga tanaman dengan nama latin Sansevieria trifasciata ini sangat cocok ditanam dalam ruangan sebagai pembersih udara dalam tanaman.

  • Gerbera Daisy

Tanaman Hias Yang Bisa Membersihkan Udara Dalam RuanganGerbera daisy adalah tanaman hias yang termasuk dalam keluarga Ateraceae, tanaman ini berasal dari Afrika Selatan dan mempunyai ciri khusus. Tanaman yang lebih dikenal dengan nama herbras ini memiliki warna-warna yang ceria, sehingga sangat ideal diletakan  di kamar mandi atau tempat tidur.Selain warnanya yang sangat ceria, tanaman ini efektif menghilangkan trichloroethylene.

  • Lidah Buaya

Tanaman Hias Yang Bisa Membersihkan Udara Dalam RuanganTanaman penyubur rambut ini ternyata mampu membunuh zat-zat kimia berbahaya pada udara, seperti benzena dan formaldehida. Tanaman lidah buaya yang ditanam dalam pot mini dan masih berukuran kecil cocok di simpan di dalam kamar tidur atau kamar mandi. Selain memperindah dekorasi ruangan, juga memberi kesejukan dan kesegaran bagi pengguna ruangan tersebut. Sementara itu, lidah buaya yang sudah berukuran besar, bisa disimpan dalam ruangan yang berukuran lebih besar lagi, seperti ruang tamu rumah Anda.

Itulah beberapa tanaman hias yang bisa membersihkan udara di dalam ruangan. Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Obat Penyakit Asma Bronkial

Baca juga : Obat Sesak Nafas Terlaris

Tanaman Hias Yang Bisa Membersihkan Udara Dalam Ruangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *