Manfaat Susu Kambing Untuk Penderita Asma

12 Jun

Manfaat Susu Kambing Untuk Penderita Asma,- Susu merupakan minuman sehat yang mengandung banyak gizi seperti kalsium, vitamin, protein dan masih banyak lagi. Maka tak heran banyak sekali orang yang menyukai minuman yang satu ini. Susu tidak hanya dihasilkan dari kelenjar mamalia seperti sapi saja, namun juga bisa dihasilkan dari hewan mamalia lain seperti kambing, kuda, unta, kerbau dan kedelai.

Manfaat Susu Kambing Untuk Penderita Asma

Manfaat Susu Kambing Untuk Penderita AsmaMereka yang mengalami keluhan dengan asma memang sangat tidak di anjurkan untuk mengkonsumsi susu. Protein tinggi di dalam susu bisa membuat asma kambuh sewaktu-waktu. Prof. Gary Null menyebutkan dalam bukunya yang berjudul Complete Encyclopedia of Natural Healing, bahwa susu dapat membentuk lendir yang akan mengendap di paru-paru, pengendapaan ini kemudian akan menutup saluran pernafasan dan bisa memicu asma untuk kambuh.

Namun, Anda yang mengalami keluhan dengan asma tentu akan sangat bahagia mendengar berita yang satu ini. Pasien asma masih bisa mengkonsumsi susu, namun hanya saja tidak boleh susu sapi melainkan diganti dengan susu kambing. Lantas mengapa susu kambing sangat baik dikonsumsi oleh penderita asma?

Susu kambing adalah susu yang dihasilkan oleh kambing betina setelah melahirkan, dalam jangka waktu 0-3 hari dihasilkan susu kolostrum yang mengandung zat gizi yang sangat banyak dibandingkan dengan dengan susu sapi. Tetapi kebanyakan tidak mengetahui hal tersebut, karena kebanyakan orang tidak suka dengan hewan tersebut di karenakan baunya.

Manfaat Susu Kambing Untuk Penderita AsmaMenurut hasil dari penelitian yang dilakukan oleh United State Departement of Agriculture (USDA) menunjukkan gizi susu kambing etawa mendekati komposisi sempurna ASI. Setiap 100 gram susu kambing mengandung 3-4% protein, 4-7% lemak, 4,5% karbohidrat, 134 gram kalsium dan 111 g fosfor. Komposisi kimiawi susu kambing etawa mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalori, kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, vitamin A,B1 (IU), B2 (mg), B6, B12, C, D, E, Niacin, V, Asam Pantotenant, Kolin dan Inositol.

Anak yang mengkomsumsi susu kambing memiliki kepadatan tulang yang baik, kadar hemoglobin meningkat, serta kecukupan vitamin A, B1, B2 dan B3 yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan sel otak dan saraf. Asam amino yang mengandung unsur belerang metionin, sistin dan sistein penting untuk membangun kesehatan otak dan sistem saraf, serta berperan dalam pembentukan sel darah penawar racun (detoksifikasi) bahan bahan kimia berbahaya yang masuk ke dalam tubuh.

Susu kambing di sisi lain tidak memicu terjadinya reaksi asam. Susu kambing tidak akan meningkatkan produksi dari mucous atau lendir pernafasan dan tenggorokan. Minum susu kambing tidak akan meningkatkan resiko terjadinya serangan asma pada mereka yang memiliki gangguan sistem pencernaan.

Menurut optimumchoices.com, tidak hanya untuk mereka yang asma, susu kambing juga bagus untuk mereka yang bahkan tidak bisa mengkonsumsi susu sapi karena alergi. Susu kambing mengandung protein yang lebih mampu ditoleransi oleh mereka yang alergi pada susu dan tidak akan menyebabkan reaksi alergi apabila dikonsumsi.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Obat Penyakit Asma Bronkial

Baca juga : Resep Obat Sesak Nafas Terlaris

Manfaat Susu Kambing Untuk Penderita Asma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *