Pengaruh Dari Rokok Terhadap Kinerja Jantung

15 Mei

Pengaruh Dari Rokok Terhadap Kinerja Jantung,- Kebanyakan orang tahu bahwa merokok dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru dan masalah pernafasan lainnya. Namun sedikit yang menyadari bahwa merokok juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan penyempitan pembuluh darah.

Pengaruh Dari Rokok Terhadap Kinerja Jantung

Pengaruh Dari Rokok Terhadap Kinerja JantungMerokok merupakan faktor risiko utama penyakit jantung, bila dibandingkan dengan faktor risiko lainnya seperti kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi dan kelebihan berat badan. Menurut Center for Disease Contral and Prevention, efek dari asap rokok merupakan penyebab dari 480.000 kasus kematian setiap tahunnya di Amerika.

Untuk mengetahui seberapa bahaya kandungan rokok terhadap kesehatan jantung, bisa diketahui dari banyaknya senyawa yang ada di dalam asap rokok. Terdapat sekitar 7000 senyawa berbeda dan yang bersifat racun bagi tubuh hanya dari asap rokok saja. Kandungan asap rokok yang bersifat racun tersebut berpotensi untuk merusak sel-sel tubuh manusia.

Sebagaimana disebutkan di atas, kandungan rokok yang bersifat merusak tubuh amat banyak, diantaranya seperti karbon monoksida, nikotin, tar, hidrogen sianida, oksida nitrat, asetaldehida, benzoapirera, kromium, aklorein dan masih banyak lagi.

Bagaimana Cara Rokok Merusak Organ Jantung?

Pengaruh Dari Rokok Terhadap Kinerja JantungPada seorang yang merokok, asap rokok akan merusak dinding pembuluh darah. Kemudian nikotin yang terkandung dalam asap roko akan merangsang hormon adrenalin yang akibatnya akan merubah metabolisme lemak, dimana kadar HDL akan menurun. Adrenalin juga akan menyebabkan perangsangan kerja jantung dan menyempitkan pembuluh darah (spasme).

Disamping itu, adrenalin akan menyebabkan terjadinya pengelompokan trombosit sehingga semua proses penyempitan akan terjadi. Jadi asap rokok yang tampaknya sederhana itu dapat mengurangi jumlah oksigen yang didapati jantung, meningkatkan tekanan darah di jantung, mempercepat detak jantung, membuat gumpalan darah yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Meskipun nikotin adalah agen aktif utama dalam rokok, bahan kimia dan senyawa lain seperti tar dan karbon monoksida juga berbahaya bagi jantung. Bahan kimia ini menyebabkan penumpukan plak lemak di arteri (ateroklerosis), dengan cara melukai dinding pembuluh darah. CO akan mempengaruhi kadar kolesterol dan fibrinogen yang merupakan bahan pembekuan darah.

Menjadi perokok aktif atau perokok pasif dalam jangka waktu panjang dapat menimbulkan bahaya serius pada jantung Anda. Dampak negatif dari rokok tidak hanya berdampak pada kesehatan jantung saja, namun juga berdampak pada kesehatan organ tubuh lainnya.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Obat Penyakit Asma Bronkial

Baca juga : Obat Gangguan Irama Jantung

Pengaruh Dari Rokok Terhadap Kinerja Jantung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *