Ragam Khasiat dan Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

1 Feb

Ragam Khasiat dan Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan,- Biasanya daun kelor sering masak untuk dijadikan sayur, tumbuhan dari suku Moringaceace ini sejak dulu sudah menjadi primadona santapan sayur di rumah. Tumbuhan ini memiliki daun yang berbentuk bulat lonjong serta memiliki ukuran yang kecil serta tersusun dengan rapi pada tangkainya.

Ragam Khasiat dan Manfaat Daun Kelor Untuk KesehatanDaun kelor sudah di anggap sebagai tanaman ajaib yang bisa di pakai untuk mengobati berbagai penyakit karena kandungan di dalamnya. Seluruh bagian tananan kelor dapat dimanfaatkan untuk penyembuhan, menjaga dan meningkatkan kesehatan dan sumber asupan gizi keluarga. Bahkan, kandungan kelor diketahui berkali lipat dibandingkan dengan sumber nutrisi lain.

Kandungan Nutrisi Daun Kelor

Daun kelor mengandung 7x lebih banyak vitamin C dari pada jeruk, mengandung 3x lebih banyak potasium dari pada pisang, 4x vitamin A dari wortel, 25x zat besi dari bayam, 4x kalsium dari susu dan 2x protein dari yoghurt. Sungguh sangat banyak bukan. Daun kelor juga mengandung senyawa lain seperti :

  • Antioksidan
  • Mineral
  • Asam Amino Essensial
  • Asam Amino Non Esensial
  • Anti-inflamatory

Ragam Khasiat dan Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

Seperti yang telah dijelaskan diatas, daun kelor mempunyai kandungan yang sangat banyak. Berkat kandungan itu lah, daun kelor memiliki khasiat dan manfaat yang banyak pula. Berikut beberapa khasiat dan manfaat daun kelor untuk kesehatan :

  • Anti Diabetes
    Daun kelor mempunyai sifat anti diabetes yang berasal dari kandungan seng yang tinggi seperti mineral yang sangat dibutuhkan untuk produksi insulin. Sehingga daun kelor dapat bermanfaat sebagai obat anti diabetes yang signifikan.
  • Mencegah Penyakit jantung
    Menurut Journal of Medicinal Food pada Episode Februari tahun 2009 pada study di laboratorium hewan di katakan bahwa daun kelor bermanfaat dalam mencegah kerusakan jantung serta bermanfaat dalam memberikan anti oksidan. Selain itu menurut penelitian pemberian 200 miligram daun kelor per kilogram berat badan selama 30 hari dapat menghasilkan lipid terosidari lebih rendah serta memeberikan perlindungan pada jaringan jantung dari kerusakan struktural.
  • Mencegah Kanker
    Daun kelor mengandung antioksidan yang sangat tinggi dan kandungan potasium yang sangat banyak. Kedua kandungan tersebut berkhasiat untuk mengatasi kanker, antioksidan bermanfaat untuk menghambat perkembangan sel kanker, sedangkan potasium untuk menyingkirkan sel kanker tersebut.
  • Mengobati Rematik
    Rematik terjadi karena tulang kekurangan kalsium, peranan daun kelor dalam mengobati rematik adalah karena daun kelor mengandung kalsium yang cukup tinggi sehingga dapat memenuhi kebutuhan kalium di dalam tulang.
  • Mengatasi Alergi
    Ternyata daun kelor juga bermanfaat untuk mengatasi alergi . Caranya dengan siapkan 3 tangkai daun kelor, 1 siung bawang merah, 3 gelas air dan adas pulosari secukupnya. Kemudian semua bahan direbus menjadi satu hingga menyisahkan 2 gelas air. Minumlah ramuan ini yang telah disaring terlebih dahulu setiap harinya.
  • Mengobati Herpes
    Herpes adalah salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh virus golongan famili hepertoviridae.  Yang dimana akan menimbulkan bintik- bintik merah dengan disertai nanah. Cara untuk mengobatinya adalah dengan menyiapkan 3-7 tangkai daun kelor lalu ditumbuk hingga halus dan tempelkan langsung pada kulit yang tekena oleh herpes.
  • Mengatasi Kulit Kering
    Kulit yang kering disebabkan karena kurangnya asupan dari vitamin B2, yang dimana Vitamin B2 bermanfaat untuk untuk menjaga kelembaban kulit. Dengan kita mengkonsumsi secara rutin daun kelor akan membuat kulit terjaga kelembabannya.
  • Menyehatkan Mata
    Daun kelor juga memiliki kandungan vitamin A yang tinggi sehingga jika kita mengkonsumsinya secara rutin dapat membuat penglihatan menjadi jernih dan menyehatkan mata. Sedang untuk pengobatan luar dapat menggunakan rebusan dari daun kelor untuk membasuh mata yang sedang sakit. Atau juga dengan cara lain yaitu siapkan 3 tangkai daun kelor kemudian tumbuklah dan masukan kedalam segelas air dan aduklah. Lalu diamkan agar mengendap, jika sudah mengendap maka air tersebut dapat dijadikan obat tetes untuk mata.

Dibalik daunnya yang kecil, daun kelor memiliki khasiat yang sangat besar. Itulah beberapa ragam khasiat dan manfaat daun kelor untuk kesehatan yang harus Anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Obat Penyakit Asma Bronkial

Baca juga : Cara Mengobati Limpa Bengkak

Ragam Khasiat dan Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *