Pertolongan Pertama Untuk Penderita Sesak Napas

3 Feb

Pertolongan Pertama Untuk Penderita Sesak Napas,- Sesak napas merupakan penyakit kambuhan yang bisa kambuh kapan saja, dimana saja dan tanpa mengetahui kondisi disekitarnya. Perasan sesak itu sendiri timbul karena hasil dari kombinasi impuls (rangsangan) ke otak dari syaraf yang berhenti di paru-paru, otot dada, diafragma, tulang dada ditambah dengan persepsi dan interpretasi si penderita.

Pertolongan Pertama Untuk Penderita Sesak Napas

Pada saat penderita sesak napas mengalami serangan secara tiba-tiba, maka perlu ada penanganan atau pertolongan secara langsung. Untuk itu, penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana atau langkah apa saja yang dapat dilakukan dalam memberikan pertolongan pada penderita sesak napas yang terserang secara tiba-tiba.

Pertolongan Pertama Untuk Penderita Sesak NapasBerikut ini beberapa pertolongan pertama yang bisa Anda lalukan untuk membantu penderita sesak napas :

  • Saat bertemu dengan orang yang sedang sesak napas, tentunya Anda tidak boleh panik atau cemas dan malah memperkeruh keadaan.
  • Bawa penderita sesak napas ke tempat yang tenang dan nyaman. Dengan pergi ke tempat yang tenang dan jauh dari kerumunan banyak orang membuat penderita sesak napas lebih leluasa dalam menghirup udara, sehingga pernapasan yang tadinya terasa berat akan menjadi lebih ringan.
  • Bantulah si penderita supaya dapat setengah duduk dan sandarkan pundaknya dengan bantal atau apapun. Usahakan si penderita jangan dalam keadaan tidur karena akan memperparah keadaannya.
  • Longgarkan pakaian si penderita agar bisa bernapas dengan bebas
  • Pertolongan selanjutnya adalah dengan mengajarkan si penderita untuk menarik nafas yang panjang dan dalam. Caranya sangat mudah, tarik napas panjang dan dalam menggunakan hidung lalu tahan selam 3 detik, setelah itu hembuskan kembali lewat mulut.
  • Beri minum air hangat agar keadaan penderita menjadi lebih baik, air hangat dapat membantu menghangatkan dada dan membantu pernapasan.
  • Pijat dengan pelan jempol penderita sesak napas
  • Jika keadaan penderita sesak napas tak kunjung membaik setelah Anda memberikan beberapa pertolongan di atas, segera bawa si penderita ke dokter

Itulah beberapa pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan untuk membantu penderita sesak napas. Ingat, setiap orang tentunya memiliki gejala sesak napas yang berbeda-beda dan tidaklah sama sehingga jangan sampai salah dalam memberikan penanganan. Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Obat Penyakit Asma Bronkial

Baca juga : Obat Sesak Napas Paling Manjur

Pertolongan Pertama Untuk Penderita Sesak Napas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *