Penyebab, Gejala serta Bahaya Penyakit Lipoma

8 Feb

Penyebab, Gejala serta Bahaya Penyakit Lipoma,- Lipoma adalah deposit berbahaya dari lemak di bawah kulit dan lapisan otot yang mendasarinya, yang biasanya ditemukan di leher, punggung dan bahu. lipoma terasa lembut dan tidak menyakitkan, sehingga mudah untuk mendiagnosa dari penyakit kulit lainnya.

Penyebab, Gejala serta Bahaya Penyakit Lipoma

Penyebab, Gejala serta Bahaya Penyakit LipomaPenyebab pasti lipoma belum diketahui, namun ada beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena lipoma.

  • Faktor genetika kemungkinan berperan dalam munculnya lipoma.
  • Walau lipoma bisa menimpa orang pada segala usia, namun lebih sering terjadi pada orang-orang yang berusia antara 40-60 tahun, dan jarang menimpa anak-anak.
  • Orang-orang yang menderita penyakit tertentu, seperti sindrom Cowden, sindrom Gardner, dan adiposis dolorosa.

Pada umumnya lipoma tidak menimbulkan gejala yang mengganggu dan menyakitkan. Namun Anda bisa mengenalinya dengan ciri-ciri berikut :

  • Ukuran lipoma biasanya memiliki diameter kurang dari 5 cm, namun ukurannya bisa bertambah besar karena lipoma bisa tumbuh.
  • Jika ditekan menggunakan jari, lipoma akan mudah bergerak, serta terasa lembek.
  • Lipoma terletak di bawah kulit dan biasa muncul di area punggung, paha, leher, lengan, perut, atau bahu.
  • Jika lipoma tumbuh makin besar dan mengandung banyak pembuluh darah atau menekan saraf di sekitarnya, lipoma akan terasa sakit.

Lipoma bisa tumbuh lebih besar dan lebih dalam walaupun hal ini jarang terjadi. Biasanya orang-orang tidak menyadari bahwa mereka mengidap lipoma sampai benjolannya tumbuh besar dan terlihat. Bahaya penyakit lipoma sangat mengerikan jika tidak segera ditangani dengan baik dan benar, selain mengakibatkan benjolan yang membesar akibat pembengkakan lipoma, akan timbul juga rasa sakit yang mengganggu aktivitas keseharian Anda.

Ada beberapa perawatan jika lipoma tumbuh membesar dan menimbulkan rasa nyeri yang tidak nyaman. Anda bisa melakukan sedot lemak menggunakan jarum atau selang besar untuk menyingkirkan gumpalan lemak dan Anda juga bisa menggunakan alternatif lain seperti suntik steroid untuk menyusutkan lipoma, namun biasanya tidak bisa tidak bisa menghilangkan lipoma secara seluruhnya.

Jika alternatif di atasi tidak membuahkan hasil, Anda bisa coba cara terakhir yang paling banyak dilakukan  yaitu dengan operasi pengangkatan lipoma. Namun, operasi tidak menjamin penyakit lipoma sembuh secara tuntas sampai ke akarnya dan bisa jadi menimbulkan efek samping.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Obat Penyakit Asma Bronkial

Baca Juga : Pantangan Makanan Penderita Gagal Ginjal

Penyebab, Gejala serta Bahaya Penyakit Lipoma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *