Mastitis, Penyakit Yang Sering Dialami Ibu Menyusui

19 Mei

Mastitis, Penyakit Yang Sering Dialami Ibu Menyusui,- Setelah melahirkan, gangguan kesehatan yang dialami ibu masih belum usai. Terkadang ibu bisa mengalami beberapa masalah kesehatan ketika sedang menyusui, gangguan ini mungkin dapat mengurangi pemberian ASI eksklusif terhadap bayi.

Mastitis, Penyakit Yang Sering Dialami Ibu Menyusui

Mastitis, Penyakit Yang Sering Dialami Ibu MenyusuiMastitis merupakan masalah yang sering dijumpai pada ibu menyusui, diperkirakan sekitar 3-20% ibu menyusui dapat mengalami mastitis. Terdapat dua hal penting yang mendasari kenapa harus memperhatikan kasus ini. Pertama, mastitis biasanya dapat menurunkan produksi ASI dan menjadi alasan ibu untuk berhenti menyusui. Kedua, mastitis berpotensi meningkatkan transmisi vertikal pada beberapa penyakit.

Meastitis merupakan suatu keadaan dimana jaringan dalam payudara terinfeksi oleh bakteri dan biasanya terjadi pada salah satu saluran payudara. Mastitis disebabkan oleh bakteri staphylococci atau streptococci yang menginfeksi jaringan payudara melalui luka di puting maupun saluran air susu, biasanya bakteri ini berasal dari mulut bayi dan permukaan kulit payudara. Saluran ASI yang tersumbat juga bisa menyebabkan mastitis.

Sebagian besar mastitis terjadi dalam 6 minggu pertama setelah bayi lahir (paling sering pada minggu ke-2 dan ke-3), meskipun mastitis dapat terjadi sepanjang masa menyusui bahkan pada wanita yang tidak menyusui.

Dari kebanyakan kasus, wanita yang mengalami mastitis terlebih dahulu akan mengalami gejala seperti flu selama beberapa hari dan akan diikuti oleh beberapa gejala seperti berikut ini yang menjadi pertanda adanya mastitis :

  • Payudara membengkak
  • Demam hingga 38,3 derajat Celcius
  • Tubuh terasa nyeri dan menggigil
  • Payudara terasa hangat saat disentuh
  • Payudara seperti terbakar saat menyusui
  • Kelenjar getah bening yang terletak di ketiak sebelah payudara yang terinfeksi terasa sakit
  • Detak jantung lebih cepat

Mastitis dapat membuat Anda merasa lelah dan letih sehingga Anda sulit memberikan perawatan kepada bayi Anda, salah satunya dalam hal memberikannya ASI. Meski mastitis pada ibu menyusui di anggal sebagai hal yang wajar, namun tidak ada salahnya mewaspadai penyakit ini. Apabila Anda mengalami gejala seperti di atas, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Obat Penyakit Asma Bronkial

Baca juga : Obat Abses Payudara Tradisional

Mastitis, Penyakit Yang Sering Dialami Ibu Menyusui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *