Olahraga Yang Baik Untuk Penderita Asma

10 Mar

Olahraga Yang Baik Untuk Penderita Asma,- Bukan penghalang bagi Anda penderita asma yang ingin tetap melakukan olahraga. Memang olahraga dapat memicu kambuhnya penyakit asma, hal tersebut disebabkan karena melakukan olahraga yang berat, olahraga yang terlalu lama, atau Anda terlalu banyak melakukan aktivitas fisik. Maka dari itu, Anda harus pintar-pintar mengatur waktu dan memilih jenis olahraga yang baik Anda lakukan jika Anda mengalami Asma.

Olahraga Yang Baik Untuk Penderita Asma

Olahraga Yang Baik Untuk Penderita AsmaSeperti yang telah dijelaskan di atas, olahraga memang bukan menjadi penghalang bagi Anda yang menderita asma. Banyak sekali Atlet kelas dunia yang mempunyai riwayat asma namun tetap berolahraga, seperti atlet lari Paula Radcliffe dan Jo Pavey, pembalap sepeda Laura Trott dan Bradley Wiggins dan pemain sepak bola ternama seperti David Beckham dan Paul Scholes.

Berikut beberapa olahraga yang baik dilakukan oleh penderita asma, seperti :

  • Olahraga Ringan Namun Efektif Seperti Joging
    Joging merupakan salah satu olahraga ringan yang banyak sekali peminatnya, karena joging termasuk olahraga ringan, maka Anda yang menderita asma bisa melakukan olahraga yang satu ini. Salah satu studi menyebutkan bahwa orang dewasa yang berjalan kaki tiga kali dalam seminggu, dapat membantu meningkatkan kontrol terhadap penyakit asma.
  • Latihan Untuk Melancarkan Pernafasan Seperti Yoga
    Fokus utama dari olahraga ini adalah melatih pernafasan, yoga bisa membantu paru-paru Anda untuk tetap aktif. Sebuah studi menyebutkan, penderita asma yang rutin melakukan yoga minimal 10 jam per minggu dapat mengurangi ketergantungan pada obat asma.
  • Olahraga Air Seperti Berenang
    Aktivitas fisik di air ini menjadi pilihan yang ideal bagi Anda yang menderita asma. Menurut Holbreich, beberapa gerakan dan teknik pernafasan saat berenang dapat melonggarkan lendir yang berkumpul di paru-paru.
  • Senam Aerobik yang Intensitasnya Sedang
    Senam aerobik pada umumnya tidak memberatkan penderita asma, untuk memulainya sangat disarankan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu dan pendinginan sesudahnya. Dengan catatan, Anda yang ingin melakukan senam aerobik disarankan untuk tidak melakukan senam dalam waktu yang lama, minimal 25 menit untuk permulaan.

Itulah beberapa olahraga yang bisa Anda lakukan jika Anda mengalami riwayat asma. Beberapa olahraga di atas merupakan olahraga yang ringan, jadi sangat baik jika Anda penderita asma ingin melakukannya tanpa takut menimbulkan efek samping. Namun tetap saja harus diperhatikan intensitasnya, jangan sampai berlebihan.

Manfaat Olahraga Yang Teratur Bagi Penderita Asma

  • Meningkatkan kinerja paru-paru dan mengurangi sesak nafas
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Mengurangi risiko yang asma yang bisa disebabkan oleh flu dan batuk
  • Mendukung penurunan berat badan, yang akan memotong risiko gejala dan serangan asma
  • Mengurangi stres atau defresi

Jika Anda menderita penyakit asma, namun ingin tetap berolahraga, sebaiknya Anda perhatikan langkah-langkah berikut ini :

  • Kolsultasi kepada dokter sebelum Anda berolahraga, karena dokter akan membantu memutuskan jenis olahraga apa yang baik untuk Anda.
  • Lakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum berolahraga dan akhiri dengan pendinginan setelah selesai berolahraga
  • Jika udara dingin, Anda bisa berolahraga di ruangan dengan menggunakan masker atau syal
  • Jika Anda memiliki alergi, hindari olahraga di luar ruangan jika jumlah polusi udara sangat tinggi
  • Berolahragalah pada tingkat yang telah disesuaikan agar tidak menimbulkan efek samping yang dapat merugikan kesehatan Anda

Melakukan olahraga yang teratur dapat membantu menjaga kesehatan Anda, juga dapat membatu paru-paru tetap sehat. Bahakan penelitian telah menunjukan bahwa orang-orang yang tetap aktif secara fisik, ketika mereka semakin tua akan tetap sehat dibandingkan dengan mereka yang kurang aktif.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat

Posted by Obat Penyakit Asma Bronkial

Baca juga : Resep Obat Asma Terlaris

Olahraga Yang Baik Untuk Penderita Asma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *