Apa Benar Minyak Ikan Bisa Menurunkan Kolesterol

3 Mei

Apa Benar Minyak Ikan Bisa Menurunkan Kolesterol,- Minyak ikan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Lemak yang terkandung dalam minyak ikan berbeda dengan lemak yang terkandung dalam hewan lain, lemak dalam ikan terdapat dalam bentuk dua asam lemak tak jenuh ganda, yaitu asam dokosaheksanoat (DHA) dan ekosapentanoat (EPA) yang termasuk dalam kelompok asam omega-3. Asam lemak omega-3 ini diperoleh ikan dari vegetasi laut yang disebut dengan fotoplankton sebagai makanan nya, yang kemudian disimpan ikan dalam lemak di tubuhnya.

Apa Benar Minyak Ikan Bisa Menurunkan Kolesterol

Apa Benar Minyak Ikan Bisa Menurunkan KolesterolAsam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan berada dalam jumlah yang berbeda-beda, tergantung dari mana ikan memperoleh makanannya dan berapa banyak lemak yang disimpan dalam tubuh ikan. Oleh karena itu, beberapa ikan mengandung asam lemak omega-3 yang lebih banyak, seperti ikan salmon, makerel, sarden, hering, tuna, dan ikan trout.

Para peneliti sepakat bahwa minyak ikan adalah salah satu cara termudah untuk mengurangi kolesterol secara alami tanpa statin. Minyak ikan telah terbukti terbukti menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida, serta mencegah pembekuan darah. Hal ini sebenarnya, dianggap oleh banyak kalangan di bidang kesehatan alami sebagai standar emas obat alami untuk kolesterol tinggi.

Apa Benar Minyak Ikan Bisa Menurunkan KolesterolDalam penelian yang melibatkan 34 pria berusia 39-64 tahun dengan lemak darah tinggi, mereka mengkonsumsi 3 gram DHA (docosahexaenoic acid) per hari dan plasebo (tanpa pengobatan) selama 90 hari. Setelah 45 hari, peneliti mengukur ukuran kadar HDL dan menemukan hasil 21% lebih sedikit kadar LDL dari pada saat awal penelitian, lemak darah total juga menurun sebesar 24% pada pria yang mengkonsumsi omega 3, sedangkan pada kelompk plasebo tidak ada perubahan.

Menurut Stephen DeVries, MD dari Pusat Northwestern University untuk Integrative Medicine dan Divisi Kardiologi di Chicago. Dia menjelaskan bahwa risiko serangan jantung lebih tergantung pada jumlah partikel LDL dari pada jumlah kolesterol yang dikandungnya. Minyak ikan dapat sedikit meningkatkan jumlah kolesterol dalam LDL, tetapi juga secara signifikan menurunkan jumlah partikel LDL.

Hasil akhirnya adalah menguntungkan. Tidak ada alasan untuk khawatir bahwa mengambil minyak ikan akan menyabotase kontrol kolesterol Anda dan setiap alasan untuk percaya bahwa hal itu akan menguntungkan hati dan kesehatan umum.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Obat Penyakit Asma Bronkial

Baca juga : Obat Penurun Kolesterol

Apa Benar Minyak Ikan Bisa Menurunkan Kolesterol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *