Menu Sahur Yang Sehat Agar Tak Lemas Saat Puasa

10 Jun

Menu Sahur Yang Sehat Agar Tak Lemas Saat Puasa,- Marhaban ya Ramadhan, Guys tidak terasa ya bulan ramadhan sudah memasuki pertengahan. Agar puasa kita lancar sampai akhir tentu sangat diperlukan nutrisi yang banyak, karena setelah seharian berpuasa nutrisi akan diserap oleh tubuh dan tubuh akan menjadi lemas.

Menu Sahur Yang Sehat Agar Tak Lemas Saat Puasa

Menu Sahur Yang Sehat Agar Tak Lemas Saat PuasaKetika berpuasa, tubuh mengalami perubahan sesuai dengan lama berpuasa. Faktanya, tubuh memerlukan waktu delapan jam untuk menyerap nutrisi dari makanan terakhir. Artinya, tubuh mampu berpuasa jika diberi asupan terlebih dahulu. Maka dari itu, penting untuk makan sahur yang bergizi sebelum menjalani puasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Sahur memegang peranan penting sebagai bekal untuk bisa menjalani ibadah puasa dengan optimal selama kurang lebih 14 jam. Oleh karena itu, asupan makanan saat sahur harus tercukupi dengan baik, agar tubuh tetap segar, fit dan agar tidak merasa lemas sepanjang hari selama berpuasa.

Sayangnya menu sahur sering kali diabaikan dengan alasan mengejar waktu sebelum imsak, mengantuk ataupun lelah. Namun sebaiknya Anda harus tetap memperhatikan nutrisi yang Anda makan saat sahur, karena ini dapat mempengaruhi kondisi Anda ketikan berpuasa.

Berikut beberapa menu makanan yang harus Anda di atas meja makan agar badan tak lemas saat berpuasa :

  • Karbohidrat Kompleks

Asupan karbohidrat sangat dibutuhkan dalam menu sahur sehat sebagai sumber energi. Namun tak selalu nasi putih yang harus menjadi sumber karbohidrat, Anda juga bisa memilih sumber karbohidrat kompleks agar tubuh merasa kenyang lebih lama dan tidak mudah cepat lapar. Nasi merah, roti gandum, oatmeal dan sereal adalah sumber karbohidrat yang tepat. Selain kaya akan karbohidrat kompleks, menu tersebut juga kaya akan serat yang dapat mengatur pelepasan energi secara perlahan.

  • Asupan Protein

Jangan lupa untuk menambahkan protein dalam menu sahur Anda karena bisa berperan sebagai cadangan energi. Makanan kaya protein layak dijadikan pilihan utama saat membuat menu sahur sehat karena merupakan salah satu jenis makanan yang dapat memberikan energi secara konstan. Ketika anda mengkonsumsi protein, tubuh akan memecahnya menjadi asam amino yang diperlukan oleh otot dan darah.

Daging ayam, ikan, sapi, telur, ikan, dan kacang-kacangan adalah sumber protein yang baik. Dokter gizi Johannes Chandrawinata, SpKG mengungkapkan bahwa protein dapat membantu mengurangi rasa lapar itu karena protein membuat kenyang lebih lama dibandingkan karbohidrat.

  • Sayur dan Buah

Spesialis gizi klinis Dr. Fiastuti Witjaksono, SpKG menyarankan, dalam menu sahur perbanyaklah sayur serta buah. Kelompok makanan nabati ini kaya akan serat yang membuat perut terasa kenyang lebih lama. Selain itu sayur dan buah juga mengandung banyak air serta mineral yang menjaga agar tubuh tak kekurangan cairan.

  • Lemak

Tak selamanya lemak membuat tubuh menjadi gemuk, lemak sehat justru diperlukan untuk mendukung pelepasan energi dari makanan yang dikonsumsi saat sahur lebih optimal, juga memberikan rasa kenyang lebih lama. Anda bisa mendapatkan lemak sehat dari susu, kacang-kacangan atau minyak ikan, bisa juga dengan yogurt asalkan lambung dalam kondisi yang sehat.

  • Makanan Tinggi Vitamin dan Mineral

Selain air putih, minuman lain dalam menu sahur haruslah sehat. Dr Razeen Mahroof, ahli anestesi dari Oxford, Inggris, seperti dikutip dari NHS mengatakan penting memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral dengan jus buah segar atau buah potong. Bisa juga dengan minum minuman mengandung elektrolit, lebih baik yang alami seperti air kelapa murni untuk menggantikan cairan elektrolit yang hilang selama berpuasa.

Dengan menu sahur yang sehat ini, Anda pun bisa menjalankan aktivitas sehari-hari seperti biasa selama menjalankan ibadah puasa. Selamat berpuasa!

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Obat Penyakit Asma Bronkial

Baca juga : Khasiat Kopi Hitam Sebagai Obat Asma

Menu Sahur Yang Sehat Agar Tak Lemas Saat Puasa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *