Tips Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Puasa

20 Jun

Tips Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Puasa,-  Menjalani puasa saat asam lambung naik pasti menjadi hal yang tidak menyenangkan, tak hanya ibadah yang terganggu namun Anda merasa tidak nyaman untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, jangan sampai asam lambung naik membuat Anda tidak maksimal dalam menjalankan ibadah dan aktivitas.

Tips Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Puasa

Tips Mengatasi Asam Lambung Naik Saat PuasaDokter spesialis penyakit dalam konsultan Gastroenterologi dan Hepatologi dari Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk, Jakarta, Epistel P Simatupang mengungkapkan, ada beberapa kebiasaan saat puasa, yang memicu naiknya asam lambung. Seperti langsung tidur setelah makan, ketika lambung terisi penuh itu mudah sekali naik ke esofagus.

Posisi berbaring saat tidur itulah yang bisa menyebabkan isi lambung, termasuk asam lambung, berbalik arah ke kerongkongan. GERD bisa menyebabkan dada terasa panas atau seperti terbakar dan sesak. Berikut beberapa cara untuk mengatasi asam lambung naik saat puasa, diantaranya :

  • Tidak Melewatkan Waktu Sahur

Melewatkan makan sahur bisa memperparah asam lambung Anda di siang hari, sebab perut kosong selama seharian. Tak hanya menjadi ‘bekal’ dari puasa, makanan yang masuk ke dalam perut Anda saat sahur juga dapat mencegah asam lambung naik ke tenggorokan.

  • Segera Berbuka Ketika Sudah Waktunya

Jangan menunda-nunda untuk mengisi perut Anda saat berbuka, perut butuh mencerna makanan, sehingga asam lambung yang di produksi bisa langsung digunakan untuk memecah makanan yang masuk.

  • Makan Dengan Perlahan

Salah satu hal yang harus diingat bila menjalani puasa saat asam lambung naik adalah makan dengan pelan-pelan. Boleh saja lapar saat berbuka puasa, tapi jangan mengikuti nafsu Anda untuk makan terlalu lahap tanpa dikunyah dengan baik. Makanan yang tidak dikunyah dengan benar, malah akan memicu asam lambung meningkat.

  • Makan Dengan Porsi Kecil

Mengkonsumsi makanan dalam posri kecil namun sering adalah salah satu kunci untuk mencegah asam lambung naik. Meski merasa sangat lapar, usahakan untuk tidak terlalu makan banyak saat berbuka, karena perut perlu waktu untuk mencerna makanan.

  • Jangan Langsung Tidur Atau Rebahan Setelah Makan

Anda harus menunggu sekitar 3 jam setelah makan bila Anda kembali tidur. Hal ini akan mencegah asam lambung tiba-tiba naik dan mengacaukan ibadah puasa Anda.

Selain dengan melakukan tips-tips di atas, Anda juga harus memilih makanan yang tepat untuk di konsumsi. Karena mengatur pola makan saja tidak cukup jika makanan yang di konsumsi tidak tepat. Sebaiknya Anda hindari minuman yang berkarbonasi, makanan pedas, makanan  berlemak tinggi seperti gorengan, makanan dan minuman berkafein juga makanan dan minuman yang asam.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Obat Penyakit Asma Bronkial

Baca juga :

Tips Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Puasa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *