Inilah Alasan Mengapa Harus Berbuka Dengan Yang Manis

7 Jun

Inilah Alasan Mengapa Harus Berbuka Dengan Yang Manis,- Sejak kecil ibu sering memberi tahu, ketika berpuasa hendaklah berbuka dengan yang manis sebelum makan makanan utama. Namun Anda pasti belum tahu alasannya mengapa harus berbuka dengan yang manis. Yuk cari tahu alasannya.

Inilah Alasan Mengapa Harus Berbuka Dengan Yang Manis

Inilah Alasan Mengapa Harus Berbuka Dengan Yang ManisSaat berpuasa tubuh tidak memiliki asupan nutrisi selama kurang lebih 14 jam sehingga energi yang tersimpan akan berkurang dan badan terasa lemas, hal tersebut terjadi karena cadangan glukosa penghasil energi di dalam tubuh menurun yang di akibatkan dari aktivitas sehari-hari.

Karena itu, saat berbuka puasa Anda harus makan dan minum sesuatu yang manis terlebih dahulu untuk mengembalikan energi. Sesuatu yang manis adalah sumber energi, stamina dan dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh sehingga tubuh akan kembali segar, makanan yang manis ini memiliki fungsi untuk mengembalikan energi dan nutrisi yang di butuhkan tubuh setelah berpuasa.

Rosululloh Shallallahu’alaihi Wasallam menganjurkan untuk berbuka puasa dengan kurma, seperti di dalam hadis yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik RA, beliau berkata : “Rosululloh SAW berbuka dengan rutbah sebelum melaksanakan shalat, jika tidak ada rutbah dengan tamr dan jika tidak ada tamr maka minum dengan satu tegukan air”.

Berikut beberapa alasan mengapa sangat di anjurkan untuk makan dan minum sesuatu yang manis sebelum makan makanan utama, seperti :

  • Menggantikan Nutrisi Tubuh yang Hilang

Ketika berpuasa secara otomatissistem metabilisme tubuh akan melambat, asupan nutrisi yang tersimpan saat sahur akan menghilang setelah melakukan aktivitas seharian. Karena tidak mendapatkan nutrisi selama kurang lebih 14 jam, energi yang tersimpan pun akan berkurang. Fungsi makanan dan minuman manis ini adalah untuk mengembalikan energi dan nutrisi yang di butuhkan tubuh setelah berpuasa.

  • Mudah Diserap Tubuh

Makanan atau minuman manis adalah sumber kalori yang mudah untuk diproses oleh tubuh dengan cepat. Selain itu rasa manis mampu meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Rasa lemas saat berpuasa biasanya terjadi karena turunnya kadar gula dalam tubuh. Meningkatnya kadar gula ini kemudian membantu mengembalikan fungsi metabolisme tubuh kembali normal.

Karena biasanya makanan dengan manis alami seperti kurma kaya akan sehingga secara otomatis bisa menurunkan kadar trigliserida, yang merupakan jenis lain dari lemak dalam darah yang bisa memicu penyakit. Mengkonsumsi kurma dapat menurunkan trigliserida sebesar 8-15 % yang bisa menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.

  • Mengembalikan Cairan Tubuh yang Hilang

Dengan mengkonsumsi buah-buahan dengan manis alami dan mengandung kadar air yang cukup tinggi mampu mengembalikan kadar cairan tubuh yang hilang selama berpuasa.

  • Membuat Tubuh Menjadi Lebih Segar

Tubuh yang lemas setelah berpuasa selama 14 jam bisa segar kembali saat berbuka puasa dengan yang manis-manis. Tapi jangan terlalu banyak konsumsi yang manis-manis juga, karena tidak baik untuk tubuh.

Mengkonsumsi makanan atau minuman manis memang dianjurkan saat buka puasa agar dapat mengembalikan gula darah dan tenaga dengan cepat. Namun, jangan asal memilih makanan dan minuman manis. Pilihlah makanan dan minuman yang mengandung gula asli dan jangan di konsumsi secara berlebihan.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Obat Penyakit Asma Bronkial

Baca juga : Obat Tradisional Dispepsia

Inilah Alasan Mengapa Harus Berbuka Dengan Yang Manis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *