Rutin Konsumsi Buah Anggur, Ini Manfaat Yang Bisa Didapat

19 Apr

Rutin Konsumsi Buah Anggur, Ini Manfaat Yang Bisa Didapat,- Tidak hanya warnanya yang beragam dan memiliki ukuran yang kecil-kecil, ternyata buah anggur memiliki segudang manfaat jika kamu rutin mengkonsumsinya.

Rutin Konsumsi Buah Anggur, Ini Manfaat Yang Bisa Didapat

Rutin Konsumsi Buah Anggur, Ini Manfaat Yang Bisa DidapatAnggur merupakan tanaman buah berupa perdu merambat yang termasuk ke dalam keluarga Vitaceace, buah yang rasanya manis ini biasanya sering dibuat jus, selai, jelly atau dimakan langsung. Tak hanya itu saja, dalam buah anggur juga tersimpan berbagai nutrisi dan antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

Anggur memiliki kandungan zat gizi yang baik bagi tubuh, setiap varietas  anggur memiliki nilai gizi tersendiri, namun secara umum kandungan nutrisi anggur terdiri dari 70% air dan 20% zat gula, yang menjadikan buah anggur sangat baik untuk metabolisme tubuh. 10% zat lain termasuk di dalamnya :

  • Asam galat
  • Glukosida
  • Asam fosfat
  • Mangan
  • zat besi
  • Vitamin
  • Kalsium

Banyaknya manfaat buah anggur tak lepas dari jasa polifenol, yaitu senyawa pemberi warna cerah pada buah. Kandungan antioksidan polifenol dalam buah yang sudah ditanam sejak 6.000-8.000 tahun lalu ini memberi tubuh perlindungan dari penyakit dan kerusakan lingkungan, serta membantu melawan radikal bebas.

Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika rutin mengkonsumsi buah anggur secara teratur, seperti :

  • Meningkatkan Daya Ingat

Penelitina yang dilakukan di Universitas of California mengungkapkan, bahwa ada manfaat lain untuk mereka yang mengkonsumsi buah anggur setiap harinya. Dr Danie Silverman mengatakan, bila seorang yang mengkonsumsi buah angggur 2 porsi setiap hari itu sangat baik untuk kinerja otak. Penelitian lain menunjukan bahwa buah-buahan yang kaya akan antioksidan membantu mengurangi stres oksidatif yang mengarah ke penuaan, serta meningkatkan kinerja memori verbal dan fungsi motorik.

Buah anggur ternyata dapat membuat seseorang mempunyai daya ingat yang tinggi. Nutrisi yang dimiliki oleh buah anggur dapat melindungi bagian otak yang bekerja sebagai daya ingat seseorang. Mengkonsumsi buah anggur pun sangat bermanfaat untuk mereka yang menderita penyakit Alzheimer. Manfaatnya adalah meningkatkan kembali sistem kinerja otak yang diterjang oleh penyakit ini.

Buah anggur memang mengandung 70% air dan 20% gula, namun bukan berarti buah anggur ini tidak boleh dikonsumsi pasien diabetes atau kamu yang sedang diet gula. Pasalnya, pada buah anggur hanya tersaji sekitar 43-53 kadar glikemik yang menunjukkan kadar glikemik yang rendah. Pada studi yang dikembangkan saat ini, keseimbangan gula darah yang baik ini berkaitan dengan kandungan phytonutrisi di dalam anggur.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi 3 porsi anggur, blueberry, kismis, apel, atau pir per minggu dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebesar 7%. Anggur termasuk buah yang tinggi kandungan antioksidannya, hingga diduga baik untuk dikonsumsi penderita diabetes.

  • Mengatasi Penyakit Kardiovaskular

Polifenol dalam buah anggur mungkin mampu membantu mencegah penyakit kardiovaskular, melawan radikal bebas, diduga memiliki efek antiinflamasi dinding pembuluh darah sehingga  mengurangi tekanan darah dan risiko terjadinya aterosklerosis (pengerasan dinding pembuluh darah arteri), antiplatelet (mencegah penumpukan platelet), dan menunjang fungsi endotel.

Menurut percobaan terhadap hewan, flavonoid dalam anggur juga mampu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh LDL (kolesterol jahat). Serat dan kalium dalam buah anggur juga mampu menjaga kesehatan jantung.

  • Mencegah Berbagai Jenis Kanker

Manfaat buah anggur selanjutnya adalah membantu memperlambat atau mencegah berbagai jenis kanker, termasuk paru-paru esofagus, mulut, faring, endometrium (lapisan terdalam pada dinding rahim), usus besar, pankreas, dan prostat. Tentu saja, itu berkat kandungan antioksidan polifenol.

Menurut National Cancer Institute, kulit buah anggur merah mengandung polifenol jenis resveratrol yang diduga tidak hanya berguna untuk kesehatan jantung tapi juga berguna menjaga pembentukan dan penyebaran kanker.

Manfaat buah anggur yang kaya akan flavonoid diduga dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Selain itu, buah anggur juga tinggi akan kandungan kalium yang dapat membantu menghilangkan efek natrium dalam tubuh, sehingga tekanan darah tinggi bisa dikurangi.

  • Mengurangi Gejala Insufisiensi vena kronis

Mengkonsumsi ekstrak biji buah anggur diduga dapat mengurangi gejala insufisiensi vena kronis seperti kaki terasa berat, lelah, tegang, nyeri, dan kesemutan. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa makan ekstrak daun anggur tertentu mampu menurun kaki bengkak setelah 6 minggu.

  • Mencegah Kerusakan Mata

Menurut penelitian, buah anggur dapat membantu melindungi retina dari kerusakan dan penyakit, seperti degenerasi makula jika mengkonsumsi buah ini secara teratur. Mengkonsumsi ekstrak biji anggur juga diduga dapat membantu mengurangi stres pada mata akibat melihat sinar yang terlalu terang.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika rutin mengkonsumsi buah anggur. Jangan ragu untuk mengkonsumsi buah anggur, karena buah ini rendah kalori dan hampir bebas lemak. Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Obat Penyakit Asma Bronkial

Baca juga : Cara Mengobati Penyakit Kuning

Rutin Konsumsi Buah Anggur, Ini Manfaat Yang Bisa Didapat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *