Manfaat Makan Oatmeal Untuk Penderita Diabetes

14 Feb

Manfaat Makan Oatmeal Untuk Penderita Diabetes,- Oatmeal telah lama menjadi menu sarapan yang banyak dikonsumsi. Oalmeal terbuat dari menir gandum yang oat karnel yang skam di hapus, terbuat dari potongan gandum yang di potong halus atau di giling. Karena oalmeal memiliki indeks glemik yang rendah, dapat membantu mempertahankan kadar glukosa. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi penderita diabetes karena bisa mengolah kadar gula darah.

Manfaat Makan Oatmeal Untuk Penderita Diabetes

Manfaat Makan Oatmeal Untuk Penderita DiabetesPenelitian telah menunjukan bahwa mengkonsumsi biji-bijian dan makanan tinggi serat dapat mengurangi risiko diabetes hingga 35% – 42%. Sebuah sumber yang sangat baik dari keduanya terkandung dalam oatmeal, oatmeal mengandung serat yang mudah larut yang dapat memperlambat penyerapan glukosa dan mengontrol gula darah.

Oatmeal mengandung karbohidrat kompleks yang berguna untuk mengontrol kadar gula darah, karbohidrat yang terkandung di dalam oatmeal mencapai angka 67%. Hasil penelitian yang tercantum pada Asia Pacipic of Clinical Nutrition menunjukan bahwa beta-glucan pada oat dapat membantu mencegah terjadinya peningkatan kadar gula darah secara drastis pada penderita diabetes setelah makan.

Penelitian Yang dilakukan oleh para ahli dari Universitas of Texas Southwestern Medical Center juga membuktikan hasil yang serupa Hasil penelitian yang tercantum pada New England Journal of Medicine ini menyatakan bahwa serat makanan (seperti beta-glucan pada oat ) dapat membantu mengatur kadar gula darah pada penderita diabetes. Hal ini penting agar tidak terjadi peningkatan dan penurunan kadar gula darah secara drastis sebelum dan sesudah makan.

Baca juga : Makanan Yang Boleh Dan Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes

Mengingat banyaknya manfaat yang bisa peroleh hanya dengan mengkonsumsi oatmeal, maka sudah saatnya Anda mulai mengganti sarapan pagi dengan makanan yang kaya serat ini. Anda bisa menambahkan pecan cincang, almond, walnut tau menambahkan lemak sehat ke dalam oatmeal. Anda juga harus berhati-hari dalam memilih oatmeal, karena untuk saat ini sudah banyak produk oatmeal instan yang mengandung gula dan perasa buatan.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat

Posted by Obat Penyakit Asma Bronkial

Artikel lainnya : Obat Luka Diabetes Menahun

Manfaat Makan Oatmeal Untuk Penderita Diabetes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *