Selain Susu, Inilah Makanan Yang Sering Memicu Alergi Pada Anak

10 Apr

Selain Susu, Inilah Makanan Yang Sering Memicu Alergi Pada Anak,- Mengkonsumsi susu sangat baik untuk tumbuh kembang anak. Namun pada beberapa anak, mengkonsumsi susu dapat memicu badan untuk mengeluarkan reaksi kekebalan tubuh yang tidak tepat terhadap protein-protein di dalam susu yang mengakibatkan suatu reaksi alergi.

Selain Susu, Inilah Makanan Yang Sering Memicu Alergi Pada Anak

Alergi susu termasuk ke dalam alergi makanan, suatu reaksi ketidak-tahanan tubuh terhadap suatu protein makanan yang biasanya tidak menimbulkan reaksi apapun pada orang yang tidak alergi. Batas toleransi laktosa atau Lactoce Intolerance adalah hiper sensitivitas terhadap makanan non-alergik, karena adanya kekurangan enzim laktase yang di butuhkan untuk mencerna kandungan gula dalam susu.

Selain susu sapi, susu yang berasal dari kambing, domba, dan hewan menyusui lainnya juga dapat menyebabkan reaksi alergi susu. Juga produk olahan susu lainnya seperti keju, yoghurt dan ice cream.

Perlu bunda ketahui, selain susu banyak makanan lain yang bisa menyebabkan alergi. Berikut beberapa makanan selain susu yang bisa memicu alergi pada anak, seperti :

  • Kacang Kacangan

Kacang adalah salah satu makanan penyebab alergi yang paling umum. Dalam hal ini, orang-orang yang alergi kacang bisa tak tahan dengan kacang almond, kacang Brazil, walnut, hazelnut, kacang macadamia, pistachio, pecan, dan kacang mete karena bisa memicu reaksi sakit perut, ruam, gatal hingga bengkak di sekitar mulut.

Selain Susu, Inilah Makanan Yang Sering Memicu Alergi Pada AnakMenurut dokter anak, Magee Defelice, MD dan Alana Kekevian, DO, kebanyakan reaksi alergi berlangsung dalam beberapa jam atau kurang, dan mempengaruhi setiap empat sistem tubuh seperti kulit, sistem pencernaan, sistem pernafasan dan sisitem kardiovaskular.

  • Telur

Alergi telur merupakan salah satu alergi makanan yang paling umum terjadi, terutama pada anak usia dini. Mereka yang mengidap alergi telur ayam, kemungkinan besar juga akan bereaksi terhadap telur bebek, telur angsa maupun telur kalkun. American College of Allergy, Asthma, and Immunology (ACAAI) menyebutkan sekitar dua persen anak-anak di dunia alergi terhadap telur. Kabar baiknya, 70% di antara anak-anak alergi telur terlepas dari kondisi itu ketika berusia 16 tahun.

Selain Susu, Inilah Makanan Yang Sering Memicu Alergi Pada AnakAlergi telur muncul ketika sistem pertahanan tubuh sensitif terhadap protein yang terkandung dalam putih telur maupun kuning telur. Ketika telur dimakan, tubuh melihat protein sebagai makhluk asing, kemudian membentuk reaksi kimia untuk melawannya. Di tahap itulah timbul gejala alergi.

  • Tepung Terigu

Di dalam tepung terigu terdapat gluten yang secara khas membedakan tepung terigu dengan tepung-tepung lainnya. Umumnya kandungan gluten menentukan kadar protein tepung terigu, semakin tinggi kadar gluten, semakin tinggi kadar protein tepung terigu tersebut.

Selain Susu, Inilah Makanan Yang Sering Memicu Alergi Pada AnakNamun pada beberapa orang, gluten dapat menyebabkan terjadinya alergi maupun intoleransi gluten. Reaksi hipersensitivitas (sistem kekebalan tubuh menganggap gluten sebagai benda asing yang dianggap berbahaya) yang memicu pelepasan histamin sehingga menimbulkan alergi terhadap gluten yang disebabkan oleh reaksi antibodi IgE.

  • Gandum

Pada dasarnya, tepung terigu dan tepung gandum sama-sama terbuat dari biji gandum. Namun yang membedakannya, tepung terigu terbuat dari biji gandum murni, karena bagian biji yang di ambil adalah dagingnya saja. Sedangkan tepung gandum terbuat dari gandum utuh, teksturnya terasa lebih kasar dan kandungan nutrisinya lebih banyak dibandingkan dengan tepung terigu.

Selain Susu, Inilah Makanan Yang Sering Memicu Alergi Pada AnakGandum bisa menyebabkan alergi karena sifatnya sama seperti tepung terigu yaitu mengandung gluten. Ada masalah terkait yang disebut penyakit celiac, di mana sistem kekebalan tubuh menyerang usus kecil setiap kali protein gluten (pada gandum) tertelan.

  • Ikan

Ikan termasuk makanan pemicu alergi yang terbanyak, setelah susu dan telur. Banyak yang baru mengalami alergi ikan ketika sudah dewasa, dan cenderung berkepanjangan. Belum diketahui dengan pasti mengapa reaksi alergi itu baru muncul di usia dewasa. Ada yang mengaitkannya dengan jarang atau kurangnya keterpaparan dengan alergen (penyebab alergi) tersebut selama ini.

Selain Susu, Inilah Makanan Yang Sering Memicu Alergi Pada AnakAda banyak jenis ikan laut yang bisa menimbulkan reaksi alergi, seperti ikan kembung, tongkol, tuna, sardin, kakap, cod, makerel, dan salmon. Tak hanya mengkonsumsinya secara langsung, namun makanan yang mengandung unsur ikan, seperti dibubuhi minyak ikan atau di masak menggunakan wajan yang habis di gunakan untuk masak ikan pun bisa memicu reaksi alergi.

  • Seafood

Varian makanan laut seperti ikan, udang, atau pun kepiting selain memiliki kandungan gizi yang tinggi memang memiliki citarasa yang lezat untuk dikonsumsi. Namun, di sisi lain makanan laut merupakan salah satu kategori makanan yang dapat menyebabkan alergi. Alergi makanan laut pada umumnya disebabkan oleh makanan yang termasuk dalam golongan crustacean misalnya udang dan kepiting dan molluscs seperti kerang.

Selain Susu, Inilah Makanan Yang Sering Memicu Alergi Pada AnakReaksi alergi yang biasanya muncul adalah gatal pada kulit, kerongkongan, serta bentol merah pada kulit. Muntah dan diare juga sering terjadi. Pada beberapa kasus alergi ekstrem, hal ini bahkan bisa memicu kematian, lho. Sayangnya, alergi makanan laut alias seafood ini bisa berlangsung seumur hidup alias sukar untuk disembuhkan.

Itulah beberapa makanan yang dapat memicu timbulnya alergi pada anak, jika bunda melihat si kecil muntah-muntah, diare atau gatal-gatal setelah mengkonsumsi makanan tertentu. Segera periksakan anak Anda ke dokter, karena beberapa gejala tersebut bisa mengindikasikan adanya suatu reaksi alergi.

Jika bunda sedang mencari obat alergi untuk anak, kami rekomendasikan untuk mengkonsumsi QnC Jelly Gamat.

Obat Alergi untuk Anak QnC Jelly Gamat

Terbuat dari Teripang Emas Asli, Telah teruji klinis dan TERBUKTI AMPUH mengobati alergi secara alami, tanpa efek samping.
Legalitasnya terjamin dengan terdaftar di DEPKES P-IRT No: 109321601291-1229 serta bersertifikat HALAL dari MUI.
Simak Selengkapnya Di >> Obat Alergi Untuk Anak

Harga QnC Jelly Gamat ASLI, Hanya Rp 155.000,- /botol. (belum termasuk ongkos kirim)
>> BELI BANYAK, HARGA LEBIH MURAH, DISKON MAKIN TINGGI <<

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Obat Penyakit Asma Bronkial

Baca juga : Resep Obat Sesak Nafas

Selain Susu, Inilah Makanan Yang Sering Memicu Alergi Pada Anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *