Makanan Yang Dapat Menyebabkan Asam Lambung Naik

6 Mar

Makanan Yang Dapat Menyebabkan Asam Lambung Naik,- Setiap orang pasti pernah mengalami asam lambung, namun banyak yang tidak menyadarinya. Naiknya asam lambung ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor yang paling mempengaruhi naiknya asam lambung adalah makanan.

Makanan Yang Dapat Menyebabkan Asam Lambung Naik

Makanan Yang Dapat Menyebabkan Asam Lambung NaikMakanan yang menyebabkan naiknya asam lambung seseorang belum tentu menjadi pantangan bagi orang lain. Ada baiknya Anda untuk mencatat, makanan apa saja yang menyebabkan asam lambung naik.

  • Cokelat
    Cokelat memang menggoda, namun cokelat dapat memicu asam lambung. Cokelat mengandung kafein dan stimulan lainnya yaitu theobromine, yang dapat menyebabkan refluks, coklat juga mengandung lemak yang tinggi, dan lemak serta tinggi akan cocoa, hal ini juga menyebabkan refluks.
  • Minuman Bersoda
    Selain membuat perut kembung, soda dan minuman berkarbonasi dapat memicu peningkatan asam lambung. Gelembung soda dari minuman berkarbonasi dapat menyebar ke seluruh perut dan hal ini memicu peningkatan asam lambung tersebut. Bahkan soda yang juga mengandung kafein dapat membuat kondisi asam di lambung semakin buruk.
  • Makanan Pedas
    Makanan pedas dapat langsung mengiritasi lapisan esofagus dan dapat berkontribusi menyebabkan nyeri ulu hati. Anda dapat mengganti cabai dengan bumbu yang tidak pedas, seperti merica, atau mengganti dengan saus tomat.
  • Makanan Berlemak
    Lemak dapat memperlambat proses pencernaan sehingga membuat perut buncit dan terjadi peningkatan tekanan yang membuat perut mulas. Avocad, kacang, keju, ataupun daging iga adalah contoh makanan berlemak yang perlu dikurangi. Hindari mengonsumsi keripik kentang, kue-kue kering yang mengandung butter dengan kadar lemak tinggi, brownies, donat, gorengan, dan daging berlemak.
  • Buah dan Sayur yang Bersifat Asam
    Jeruk, lemon, ataupun anggur adalah contoh buah-buahan yang bersifat asam dan dapat menyebabkan naiknya asam lambung. Begitu juga dengan tomat dan salad yang ditambah cuka. Buah-buahan dan sayur-sayuran asam ini menjadi pantangan asam lambung, terutama jika dikonsumsi saat perut kosong.
  • Minuman Beralkohol
    Sama seperti minuman bersoda, bir, anggur, dan minuman keras lainnya dapat berkontribusi menyebabkan peningkatan refluks asam lambung. Alkohol dipercaya dapat merelaksasi katup di bawah esofagus (menyatu dengan lambung) yang dapat menyebabkan asam lambung. Namun, ada beberapa minuman yang beralkohol yang tidak terlalu memiliki kandungan asam tinggi. Alternatif yang bisa dijalani adalah Anda bisa mengonsumsi segelas cocktail atau anggur, tetapi hindari jus jeruk atau soda dalam satu hari tersebut.
  • Kafein
    Sudah sangat jelas bahwa kafein sangat tidak bagus dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Oleh sebab itu, hindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh.
  • Bawang Bombay
    Menurut Oklahoma Foundation for Digestive Research, pasien dengan asam lambung yang mengonsumsi bawang dapat mengalami pengurangan pH lambung dalam waktu cepat (semakin rendah pH, asam pun semakin tinggi). Hal ini juga dapat menyebabkan sendawa dan mual.

Berbagai jenis makanan dan minuman yang bisa memicu produksi asam lemak memang seharusnya dihindari. Anda tetap bisa mengkonsumsi beberapa makanan ini namun dalam jumlah yang sangat kecil. Kunci utama untuk mengendalikan asam lambung adalah konsumsi makanan yang sehat, rendah kalori, dan sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Obat Penyakit Asma Bronkial

Baca juga : Cara Mengobati Asam Lambung Naik

Makanan Yang Dapat Menyebabkan Asam Lambung Naik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *