Makanan Super Yang Dapat Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

17 Jul

Makanan Super Yang Dapat Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker,- Kanker menjadi penyakit yang banyak ditakuti oleh semua orang dan menjadi penyebab kematian ke-3 di Indonesia.

Makanan Super Yang Dapat Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Makanan Super Yang Dapat Menghambat Pertumbuhan Sel KankerBanyak penelitian yang membuktikan bahwa kanker dapat dicegah dengan gaya hidup. Menurut Allen dari World Cancer Reserch Fund, kanker dapat dicegah dengan melakukan olahraga yang teratur, diet sehat, dan mempertahankan berat badan. Makanan yang sehat memiliki peranan penting dalam mencegah kanker dan dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Berikut beberapa makanan super yang diketahui dapat mencegah dan menghentikan pertumbuhan sel kanker, diantaranya :

  • Brokoli

Hasil penelitian para ilmuan “British Cancer Research Center” telah membuktikan bawa brokoli memang memiliki efek anti-kanker yang kuat. Brokoli kaya akan zat anti-kanker alami yang bernama sulforaphane, senyawa ini dapat menyebabkan sel kanker apoptosi dan di tangkap, mendorong zat karsinogen beracun keluar dari tubuh, sehingga dapat mencegah kanker.

  • Tomat

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa tomat adalah yang paling mampu mencegah secara efektif kanker prostat, kanker paru-paru, kanker perut, kanker pankreas, kanker kolorektal, kanker kerongkongan, kanker mulut, kanker payudara, kanker serviks. Kandungan antioksidan dalam lycopen sangat baik sebagai penamngkal kanker, hasil penelitian menemukan bahwa kandungan lycopene pada tomat dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker endometrium.

  • Kacang Tanah

Kacang tanah di sebut sebagai makanan anti-kanker karena memiliki kandungan beta sitosterol dan pitosterol yang dapat memlindungi tubuh kari kanker usus besar, payudara dan prostat. poli-fenolik antioksidan yang disebut p-coumaric acid, untuk mengurangi pembentukan nitrosamin karsinogen sehingga kanker bisa dicegah.

  • Teh Hijau

Senayawa dalam teh hijau dipercaya dipercaya dapat membunuh sel kanker, namun tidak membunuh sel lain yang masih sehat. Para ilmuwan di Penn State University, Amerika Serikat, menemukan bahwa senyawa dalam teh hijau mampu menargetkan sel-sel abnormal. Epigallocatechin-3-gallate (EGCG), merupakan suatu senyawa yang ditemukan dalam teh hijau yang mampu membunuh sel-sel kanker mulut tanpa merusak sel normal. Senyawa polifenol dalam teh hijau juga membantu menargetkan sel mitokondria dan mengurangi kemampuan pelindung dari sel-sel kanker.

  • Kunyit

Kunyit ternyata bukan hanya efektif sebagai antibiotik alami, melainkan juga anti-kanker. Peneliti dari Rajiv Gandhi Proudyogiki Vishwavidyalaya (RGPV), India menemukan dua zat baru yang dapat mengobati kanker. menurut Trivedi ada dua zat yaitu CTR-17 dan CTR-20 yang ternyata dapat membelah sel kanker dengan menghambat tubulin, protein yang penting bagi banyak fungsi sel penting, termasuk kromosom selama pembelahan sel, transportasi intraseluler, pengembangan dan pemeliharaan bentuk sel, motilitas sel dan distribusi molekul pada membran sel.

  • Salmon Liar

Ikan salmon mengandung dua jenis nutrisi yang mampu melawan pertumbuhan kanker. Kedua nutrisi tersebut adalah asam lemak omega-3 astaxanthin. Asam lemak omega-3 yang banyak terkandung dalam salmon merupakan zat yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Sedangkan astaxanthin merupakan antioksidan yang sangat kuat dan sebagai zat yang memberikan warna merah muda pada daging salmon.

  • Bawang Bombay

Menurut pakar Naturopati Riani Susanto, bawang bombay memiliki kandungan zat antikanker yang disebut bioflavonoid quercetin. Antioksidan itu dapat mencegah perubahan sel pada tubuh agar tidak berkembang, baik menjadi kanker maupun tumor. Selain itu, quercetion adalah zat yang paling alami dan kuat untuk mencegah terjadinya serangan alergi. Sifatnya seperti antihistamin dan antiinflamasi natural, sehingga Anda dan anggota keluarga lain bisa terhindar penyakit kardiovaskular, tukak lambung, masalah usus, hingga kanker payudara.

  • Jeruk Bali

Seperti jeruk lainnya, jeruk bali adalah sumber vitamin C yang sangat baik untuk tubuh. Peningkatan kadar vitamin C dalam tubuh mampu memperbaiki jaringan yang rusak, bahkan kanker akibat tidak stabilnya molekul radikal bebas karena rokok dan polusi udara.

  • Buah Berry

Dalam penelitian terbaru, ekstrak berry memperlambat pertumbuhan sel kanker, khususnya ekstrak stroberi dan raspberry hitam memiliki dampak terbesar pada sel-sel kanker usus besar. Stroberi kaya akan antioksidan seperti vitamin C dan asam ellagic . Dalam tes laboratorium, asam ellagic tampaknya memiliki sifat antikanker yang memiliki kemampuan menghancurkan zat-zat penyebab kanker dan memperlambat pertumbuhan tumor. Stroberi juga mengandung flavonoid, yang menekan enzim perusak DNA yang ada hubungannya dengan kejadian kanker paru-paru.

itulah beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mencegah dab menghambat pertumbuhan sel kanker. Anda bisa mengaplikasikan dalam menu makanan sehari-hari, namun Anda juga harus memperhatikan porsinya, jangan terlalu berlebihan. Karena segala sesuatu yang berlebihan akan berdampak kurang baik.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Obat Penyakit Asma Bronkial

Baca juga : Cara Mengobati Kanker Paru-paru

Makanan Super Yang Dapat Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *