Makanan Yang Bisa Menjaga Kesehatan Tiroid

21 Feb

Makanan Yang Bisa Menjaga Kesehatan Tiroid,- Kehadiran hormon tiroid sangat penting sekali karena hormon yang dihasilkan berdampak pada setiap fungsi sel dalam tubuh. Bila hormon yang keluar dari kelenjar ini kurang, maka manusia akan mengalami pertumbuhan dan metabolisme tubuh yang tidak normal. Itulah kenapa, kehadiran hormon tiroid yang berasal dari kelanjar yang terletak di bawah leher yang berfungsi untuk pertumbuhan dan perkembangan.

Makanan Yang Bisa Menjaga Kesehatan Tiroid

Makanan Yang Bisa Menjaga Kesehatan TiroidAgar fungsi tiroid tetap terjaga, salah satu cara yang paling mudah adalah dengan mengkonsumsi makanan yang dapat menyeimbangkan kadar tiroid di dalam tubuh. Berikut beberapa makanan yang bisa yang bisa Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan tiroid :

  • Makanan yang Mengandung Yodium
    Makanan yang banyak mengandung garam perlu Anda konsumsi karena sangat efektif untuk menjaga tiroid tetap sehat. Yodium bekerja dengan cara merangsang dan membantu kelenjar tiroid agar kembali menghasilkan hormon tiroksin sebagai peningkatan kemampuan tiroid dalam mengatur metabolisme tubuh. Sumber makanan yang mengandum yodium seperti minyak ikan, ikan segar, rumput laut, nanas, bawang dan garam beryodium sangat baik dikonsumsi secara rutin.
  • Makanan yang Mengandung Selenium
    Konsumsi makanan yang mengandung selenium diperlukan untuk memproduksi dan mengatur kadar T3. Konsumsi makanan yang tinggi selium seperti ikan kakap, tuna, hati, jamur shitake, udang, cod dan kacang Brazil sangat baik untuk menjaga fungsi tiroid.
  • Makanan yang Mengandung Seng, Tembaga dan Zat Besi
    Rendahnya tingkat zinc telah terbukti menyebabkan rendahnya tingkat TSH. Ketiga nutrisi ini sangat ampuh dalam mendongkrak tiroid dalam tubuh, sehingga sistem metabolisme tetap terjaga. Makanan sumber tembaga yang baik adalah kacang mete, kerang, tiram dan daging. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan zat besi, Anda bisa mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, daging merah dan ayam.
  • Makanan yang Mengandung Asam lemak Esensial
    Asam lemak esensila ini berperan penting untuk memastikan berfungsinya tiroid Anda. Senyawa ini juga bisa membantu meningkatkan kepekaan sel-sel untuk hormon tiroid. Anda bisa mendapatkan asam lemak omega-3 dengan mengkonsumsi minyak ikan, salden, salmon, biji rami, daging sapi, halibut, kedelai dan udang.

Meski jarang terjadi, namun ketika seseorang terkena gangguan tiroid hal ini akan sangat mengganggu kesehatan. Kelebihan hormon tiroid akan menyebabkan Anda mengalami hipertiroid, sementara kekurangannya membuat Anda mengalami hipotiroid. Dengan Anda menjaga fungsi tiroid dengan mengatur pola makan dan mengkonsumsi makanan yang tepat, Anda bisa terhindar dari beberapa keluhan yang mungkin akan terjadi.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat

Posted by Obat Penyakit Asma Brokial

Baca juga : Manfaat Tanaman Stevia untuk Kesehatan

Makanan Yang Bisa Menjaga Kesehatan Tiroid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *