18 Makanan yang Baik untuk Penderita Asma

2 Agu

18 Makanan yang Baik untuk Penderita Asma,- Asma adalah penyakit kronis pada saluran pernapasan yang ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran pernapasan yang menimbulkan sesak atau sulit bernapas. Selain sulit bernapas, penderita asma juga bisa mengalami gejala lain seperti nyeri dada, batuk-batuk, dan mengi. Penyebab pasti asma belum diketahui secara jelas, namun ada beberapa hal yang kerap memicunya, seperti asap rokok, debu, bulu binatang, aktivitas fisik, udara dingin, infeksi virus, atau bahkan terpapar zat kimia. Gejala awal dari timbulnya penyakit asam adalah adanya gejala sesak napas, batuk, dan suara mengi (bengek) yang dikarenakan adanya penyempitan dan sumbatan pada pembuluh darah yang mengalirkan oksigen ke paru-paru dan ronggga dada yang membuat saluran udara jadi terhambat.

Makanan yang Baik untuk Penderita Asma

18 Makanan yang Baik untuk Penderita Asma

Berikut ini 18 Makanan yang Baik untuk Penderita Asma:

Alpukat
Alpukat dikenal dengan khasiatnya untuk membuat kulit indah, tapi buah yang terkenal dengan jusnya ini juga dapat membantu meringankan gejala asma. Alpukat merupakan makanan sehat untuk penderita asma dengan konsentrasi glutathione tertinggi, suatu senyawa untuk meningkatkan kesehatan tubuh dengan fungsi yang luas. Glutathione terbukti dapat melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas dan mampu mengeluarkan (detoksifikasi) zat-zat asing seperti polutan. Alpukat juga merupakan sumber dari vitamin E yang baik, terutama untuk penderita asma yang alergi dengan kacang.

Pisang
Buah pisang berkhasiat untuk membantu memperkuat sistem pernapasan, pisang adalah salah satu sumber terbaik dari pyridoxine atau dikenal dengan vitamin B6. Pyridoxine memainkan peran penting dalam produksi adenosin trifosfat (ATP) dan siklik adenosin monofosfat (cAMP), molekul yang telah terbukti membantu jaringan otot polos bronkus menjadi rileks.

Kecambah Brokoli
Kecambah brokoli adalah makanan sehat untuk penderita asma, kecambah brokoli mengandung senyawa antioksidan yang signifikan untuk mengontrol peradangan saluran napas yang berhubungan dengan asma bronkial.

Bayam
Bayam memiliki sejumlah nutrisi untuk melawan penyakit asma. Bayam memiliki sejumlah nutrisi penting untuk mencegah penyakit asma seperti beta-karoten (bayam adalah salah satu sumber terbaik beta-karoten), vitamin C, vitamin E, kalium dan magnesium.

Kiwi
Buah kiwi dapat membantu anak yang mengalami gangguan pernapasan yang berhubungan dengan asma. Buah kiwi mengandung vitamin C yang tinggi. Buah kiwi juga berfungsi untuk mengurangi sesak napas, hidung meler, dan batuk.

Biji rami
Biji rami adalah mineral yang banyak mengandung asam lemak omega-3 yang berkhasiat untuk mengurangi gejala asma. Biji rami yang sarat dengan mineral untuk pengobatan asma seperti kalium, selenium dan magnesium. Biji rami dan minyak biji rami merupakan salah satu sumber nabati terbaik asam lemak omega-3. Asam lemak esensial ini bisa melawan asma karena bersifat anti-inflamasi.

Rosemary
Rosemary mengandung asam rosmarinic, sebuah polifenol tanaman yang dapat membantu meringankan gejala asma karena mengandung antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat. Kekuatan antioksidan asam rosmarinic diyakini lebih kuat daripada vitamin E. Selain itu, asam rosmarinic mendorong sel untuk menciptakan prostacyclins untuk membantu menjaga saluran udara pada paru-paru tetap melabar.

Buckwheat
Buckwheat dianggap sebagai makanan yang tidak menyebabkan alergi dan bagus bagi pasien asma. Buckwheat kaya magnesium, mineral untuk membantu merelaksasi otot-otot di sekitar saluran bronkial.

Biji Bunga Matahari
Biji bunga matahari kaya nutrisi anti-asma karena banyak mengandung vitamin E, potassium, selenium, dan magnesium yang dibutuhkan untuk mencegah dan mengobati penyakit asma.

Apel
Buah apel banyak mengandung zat bioflavonoid seperti quercetin. Quercetin diketahui memiliki anti-histamin, antioksidan dan anti-inflamasi yang baik untik penderita asma.

Ubi Jalar
Ubi jalar adalah salah satu makanan tertua yang dikenal manusia dan juga salah satu sayuran yang paling bergizi dan sangat baik untuk diet Anda jika Anda menderita asma. Ubi jalar mengandung banyak vitamin C dan kalium serta protein, menurut sebuah studi ubi jalar juga memiliki sifat antioksidan yang signifikan.

Jahe
Jahe merupakan salah satu rempah-rempah tertua di dunia yang dapat membantu mencegah dan meringankan gejala asma. Jahe juga mengandung zat anti-inflamasi yang kuat yang juga memberikan rasa yang khas yang juga berkhasiat untuk meredakan peradangan.

Kunyit
Kunyit adalah rempah-rempah yang sering digunakan untuk memberikan warna kuning pada kari dan makanan lainnya, telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional terutama di daratan asia, salah satunya untuk mengobati penyakit asma dan kondisi lainnya. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa kunyit memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat.

Tomat
Tomat memiliki banyak kandungan yang luar biasa untuk mencegah asma dan mengurangi gejala asma diantaranya beta-karoten, lycopene, vitamin C dan sejumlah besar kalium sehingga tidak mengherankan jika buah tomat merupakan salah satu makanan sehat untuk penderita asma yang sangat baik.

Kubis atau Kale
Kale adalah keluarga kubis peningkat gizi dengan vitamin dan fitokimia lainnya yang telah terbukti mengurangi gejala asma. Tidak hanya sebagai sumber vitamin C, kale juga salah satu sumber makanan yang paling banyak mengandung beta-karoten dan salah satu sayuran dengan rating ORAC tertinggi. ORAC, atau Oxygen Radical Absorbance Capacity berfungsi untuk memerangi radikal bebas yang menyebabkan kontraksi atau penyempitan pada otot polos saluran napas.

Wortel
Selain baik untuk mata wortel juga dapat mengurangi gejala asma, wortel memiliki risiko 20% lebih rendah menderita asma daripada wanita yang jarang mengkonsumsi wortel. Worter kaya dengan kandungan beta-karoten dan vitamin C.

Sawi
Sawi kaya antioksidan dan nutrisi, sawi merupakan salah satu makanan sehat untuk penderita asma terutama Anda yang sering mengalami serangan asma yang mendadak. Selain menjadi salah satu sumber terbaik beta-karoten, sawi juga sumber vitamin C dan vitamin E. Nutrisi pada sawi dapat mengikat radikal bebas yang menyebabkan kontraksi otot polos dan penyempitan saluran napas pada penderita asma.

Yougurt
Yougurt mengandung probiotik dan bakteri yang menguntungkan untuk tubuh yang berfungsi untuk mengurangi peradangan yang terjadi dalam tubuh. Selain itu, probiotik dalam yougurt juga dapat mengurangi reaksi alergi. Kandungan probiotik dalam yougurt juga dapat berfungsi untuk mengurangi reskio alergi yang menjadi salah satu pemicu timbulnya asma.

Itukah beberapa Makanan yang Baik untuk Penderita Asma, anda bisa menambahkan dalam daftar menu makanan sehari-hari.

Ada satu lagi makanan kesehatan yang dianjurkan untuk penderita asma yakni QnC Jelly Gamat. Terbuat dari teripang emas asli yang dipadukan dengan bahan alami lainnya seperti Sweeterner stevia, Pengemulsi nabati, Essen natural, Air RO, Ekstrak Buah dan Sayur.

Untuk memesannya, anda bisa mengirimkan sms dengan format:

QHH-AB : Jumlah Pesanan : Nama : Alamat Lengkap : No.HP/Tlp
Kirim Ke 081.2211.88261

Informasi selengkapnya simak di >> Obat Penyakit Asma Bronkial

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat

18 Makanan yang Baik untuk Penderita Asma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *