Makanan Pengganti Susu Yang Kaya Kalsium

18 Feb

Makanan Pengganti Susu Yang Kaya Kalsium,- Selama ini kita mengenal susu sebagai sumber makanan yang tinggi kalsium. Dengan begitu, mengkonsumsi susu secara rutin dapat menyehatkan dan menguatkan tulang. Namun yang jadi masalahnya, bagaimana jika Anda tidak menyukai susu?

Makanan Pengganti Susu Yang Kaya Kalsium

Makanan Pengganti Susu Yang Kaya KalsiumUntuk Anda yang tidak menyukai susu atau mengalami intoleransi laktosa, jangan khawatir. Masih banyak sumber makanan lain yang mengandung banyak kalsium selain susu. Berikut beberapa makanan yang tinggi kalsium selain susu, seperti :

  • Ikan
    Dibalik kelezatannya, ikan adalah makanan yang mengandung kalsium yang bisa digantikan sebagai pengganti susu. Namun tidak semua jenis ikan mengandung kalsium tinggi, hanya ikan salmon dan sarden yang tinggi akan kalsium. Tiga ons ikan sarden mengandung 325 mg kalsium, sedangkan mengkonsumsi 6 ons ikan salmon dalam kaleng dapat memberikan asupan sekitar 181 mg kalsium.
  • Brokoli
    Tidak hanya ikan, sayuran juga dapat mengandung kalsium. Salah satunya adalah brokoli. Sebanyak 50 gram sayuran ini dapat memberikan setidaknya 30 mg kalsium. Anda bisa menjadikan sayuran ini sebagai camilan di saat jam kerja.
  • Baby Pok Choy
    Sayuran kecil ini sering dianggap sepele oleh banyak masyarakat. Padahal, dalam satu cangkir kecil pok choy mampu memberikan sebanyak 70-80 mg kalsium untuk tubuh. Konsumsi secara rutin minimal 4 cangkir sangat baik untuk tulang.
  • Sawi Hijau
    Untuk takaran satu cangkir sawi hijau mengandung 74 mg kalsium. Sawi hijau memiliki banyak kandungan vitamin A dan C, serta serat.
  • Bayam
    Siapa sih yang tak kenal dengan bayam? Sayuran hijau ini mengandung beragam nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, termasuk salah satunya adalah sumber kalsium. Kandungan kalsium dalam setiap 100 gram bayam adalah 150 mg.
  • Almond
    Almond biasanya dijadikan sebagai toping coklat. Rasanya yang khas membuat almond cukup digemari di kalangan masyarakat, terutama anak muda. Untuk mendapatkan kalsium sebesar 35 mg, setidaknya kamu harus mengkonsumsi kacang almond sebanyak 15 gram.
  • Tahu
    Sebagai bahan makanan yang lebih dikenal mengandung protein nabati, ternyata juga memiliki kandundung kalsium yang cukup tinggi. Konsumsi 100 gram tahu dapat memberikan 500 mg kalsium.
  • Biji Wijen
    Meskipun kecil dan biasanya hanya dijadikan sebagai pelengkap hidangan, biji wijen memiliki kandungan kalsium yang cukup banyak. Satu sendok makan biji wijen mengandung 160 kalsium.
  • Susu kedelai
    Bagi Anda yang tidak bisa minum susu, bisa mengkonsumsi susu kedelai sebagai ganti untuk memenuhi kebutuhan kalsium. Untuk tiap 1 cangkir (243 gram) susu kedelai, mengandung 61 mg kalsium.
  • Kacang merah
    Tidak hanya kacang almond, kacang merah juga memiliki kandungan kalsium. Satu cangkir kacang merah mengandung 78 mg kalsium. Anda bisa menyantapnya dengan beragam cara, salah satunya adalah dengan menjadikannya sup kacang merah.

Itulah beberapa makanan yang mengandung kalsium selain susu. Selain Anda mengkonsumsi makanan yang tinggi kalsium, Anda juga harus mengkonsumsi makanan pendamping lain yang tidak kalah penting. Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Obat Penyakit Asma Bronkial

Baca juga : Ini Zat Berbahaya Dalam Fast Food

Makanan Pengganti Susu Yang Kaya Kalsium

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *