Makanan Lezat Pengganti Nasi Untuk Penderita Diabetes

18 Apr

Makanan Lezat Pengganti Nasi Untuk Penderita Diabetes,-  Nasi merupakan makanan pokok bagi orang Indonesia, rupanya akan sangat sulit sekali untuk meninggalkan makanan pokok yang satu ini terutama nasi putih. Namun Anda yang menderita diabetes sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi nasi putih, pasalnya nasi putih mengandung karbohidrat yang sangat tinggi.

Makanan Lezat Pengganti Nasi Untuk Penderita Diabetes

Makanan Lezat Pengganti Nasi Untuk Penderita DiabetesNasi putih memiliki kadar gula yang sangat tinggi sehingga jika dikonsumsi terlalu banyak, maka kadar gula darah pasien diabetes bisa meningkat dengan cepat. Namun alangkah baiknya jika konsumsi nasi putih diganti oleh sumber karbohidrat lain yang kadar gulanya tidak terlalu tinggi, yaitu karbohidrat kompleks.

Berikut beberapa makanan yang bisa dikonsumsi sebagai alternatif pengganti nasi yang tak kalah lezat dengan nasi putih, seperti :

  • Beras Merah

Tahukah Anda bahwa orang yang mengkonsumsi lima atau lebih porsi nasi putih per minggu memiliki peningkatan risiko penyakit diabetes hingga 17%? Padahal, kita semua tahu bahwa nasi putih adalah sumber karbohidrat pokok bagi masyarakat Indonesia. Sementara itu, orang yang mengkonsumsi beras merah untuk diet dapat mengalami penurunan risiko diabetes sampai dengan 11%.

Hasil penelitian menunjukan beras merah mengandung lebih banyak serat alami dan berbagai macam vitamin, seperti vitamin A dan B dibandingkan dengan beras putih. Disamping itu, kandungan gizi beras merah bisa mencukupi kebutuhan nutrisi harian hampir mencapai 88% untuk mineral seperti mangan dan magnesium. Beras merah juga kaya akan zat besi dan asam lemak sehat yaitu alfa linoleat yang dibutuhkan untuk mendukung aktivitas sel tubuh.

Karbohidrat yang terkandung dalam beras merah tergolong sebagai karbohidrat kompleks. Beras merah juga mengandung semacam antioksidan yang disebut antosianin, yang memiliki berbagai fungsi termasuk anti kanker serta antihiperglikemik (tidak mengakibatkan gula darah naik).

  • Roti Gandum

Roti gandum sangat baik dikonsumsi penderita diabetes karena kaya akan kandungan magnesium dan mineral yang dapat bertindak sebagai co-faktor lebih dari 300 enzim, enzin yang dihasilkan ini terlibat dalam penggunaan fungsional tubuh insulin serta sekresi glukosa. Mengkonsumsi roti gandum secara teratur dapat membantu mengontrol gula darah agar tetap normal dan sehat.

Pilihlah roti gandum yang mengandung “whole” yang terbuat dari tepung biji gandum utuh dengan tekstur yang agak kasar. Roti gandum yang terbuat dari biji gandum utuh merupakan sumber karbohidrat, juga mengandung lebih banyak serat dibandingkan dengan roti tawar putih.

  • Ubi Jalar

Ubi jalar memiliki kadar IG 54 cukup memenuhi syarat jika dikonsumsi oleh pasien diabetes. Selain itu, ubi jalar juga mengandung antioksidan dan zat karotenoid yang membantu untuk mengatur gula darah. Tinggi akan serat, mengandung beta-karoten, vitamin A, C dan E, kalium, magnesium, B2 dan B6 yang membantu menstabilkan sistem kekebalan tubuh.

Ada 3 jenis ubi jalar yang dapat dikonsumsi seperti ubi jalar putih, ubi jalar kuning dan ubi jalar ungu. Namun, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi ubi jalar yang berwarna ungu karena memiliki nutrisi yang tinggi.

  • Singkong

Meskipun singkong merupakan makanan kelas bawah, akan tetapi khasiatnya untuk pasien diabetes sangatlah bagus. Singkong sangat aman di konsumsi oleh penderita diabetes, meski pun terdapat kandungan karbohidrat di dalamnya, tapi karbohidrat pada singkong adalah karbohidrat kompleks.

Karbohidrat kompleks berbeda dengan karbohidrat biasa pada nasi, sebab karbohidrat kompleks memiliki kandungan gula yang terikat, sehingga tidak akan terlepas ke dalam darah saat penderita diabetes mengkonsumsi nya. Saran terbaik untuk mengolah singkong adalah dimakan secara langsung, tapi untuk menambah cita rasa pada singkong tersebut, maka anda bisa mengolahnya dengan cara merebus singkong tersebut.

  • Talas

Konsumsi talas sangat dianjurkan dokter untuk pasien yang mengidap obesitas, kolesterol, hipertensi dan diabetes. Talas adalah sumber karbohidrat pengganti nasi, kandungan karbohidrat pada talas berupa pati dan bersifat mudah dicerna. Selain mengandung karbohidrat, talas juga mengandung protein dan serat yang cukup tinggi. Tak heran mengapa orang yang mempunyai kadar gula darah tinggi dianjurkan untuk mengganti asupan karbohidrat dengan talas.

  • Jagung

Rasa manis yang terdapat dalam jagung bukan merupakan glukosa atau sukrosa yang bisa terdapat pada gula tebu, yang jika dikonsumsi dalam jumlah banyak bisa menyebabkan diabetes bagi penikmatnya. Jagung mengandung fruktosa, fruktosa sendiri adalah sejenis polimer gula atau sering disebut gula buatan yang menjadikan orang dengan diabetes diperbolehkan untuk mengkonsumsinya.

Karena fruktosa ini merupakan gula kompleks yang tidak langsung dicerna oleh alat pencerna manusia, tetapi harus diolah dulu menjadi hula sederhana. Sebelum fruktosa tercerna, biasanya sudah terbuang bersama urin, sehingga tidak terserap tubuh.

Sebenarnya jenis makanan apapun boleh dikonsumsi pasien diabetes. Namun yang perlu diperhatikan adalah jumlahnya, tidak boleh banyak-banyak. Pasien diabetes yang mengonsumsi nasi sah-sah saja, asalkan jumlah asupannya diperhatikan. Itulah beberapa makanan pokok pengganti nasi yang sangat baik dikonsumsi pasien diabetes.

Untuk Anda pasien diabetes yang sedang mencari obat diabetes yang ampuh, kami rekomendasikan untuk mengkonsumsi QnC Jelly Gamat.

Obat Diabetes QnC Jelly Gamat

Terbuat dari Teripang Emas Asli, Telah teruji klinis dan TERBUKTI AMPUH mengobati diabetes secara alami
Legalitasnya terjamin dengan terdaftar di DEPKES P-IRT No: 109321601291-1229 serta bersertifikat HALAL dari MUI.
Simak Selengkapnya Di >> Obat Diabetes Herbal

Harga QnC Jelly Gamat ASLI, Hanya Rp 155.000,- /botol. (belum termasuk ongkos kirim)
>> BELI BANYAK, HARGA LEBIH MURAH, DISKON MAKIN TINGGI <<

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Obat Penyakit Asma Bronkial

Baca juga : Khasiat Teripang QnC Jelly Gamat

Makanan Lezat Pengganti Nasi Untuk Penderita Diabetes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *