Makan Pisang Tiap Hari Jauhkan Kamu Dari Asma

21 Apr

Makan Pisang Tiap Hari Jauhkan Kamu Dari Asma,- Pasti sudah tidak asing lagi dengan buah yang paling digemari oleh mamalia yang suka memanjat, ya benar buah pisang. Selain memiliki rasa yang manis segar, buah pisang juga sangat ampuh untuk mencegah dan mengobati penyakit asma.

Makan Pisang Tiap Hari Jauhkan Kamu Dari Asma

Makan Pisang Tiap Hari Jauhkan Kamu Dari AsmaPisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat), mineral dan kalsium. Menurut healwithfood.org, buah yang saat sudah masak berwarna kuning cerah ini bisa membantu penderita asma bernafas lebih mudah.

Dilansir dari naturalnews.com, pisang merupakan salah satu buah yang kaya akan manfaat kesehatan, pisang banyak sekali mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan bisa dijadikan untuk mengontrol penyakit asma.

Menurut sebuah penelitian di Inggris, anak-anak yang mengonsumsi satu pisang setiap hari memiliki kemungkinan 34% lebih rendah terkena gejala asma seperti mengi dibanding anak yang tidak makan pisang. Pisang adalah salah satu sumber terbaik dari pyridoxine, umumnya dikenal sebagai vitamin B6. Pyridoxine memainkan peran penting dalam produksi adenosine triphosphate (ATP) dan adenosin monofosfat siklik (cAMP).

Dengan adanya kandungan zat tersebut dalam buah pisang, saat penderita asma mengkonsumsi buah pisang setiap harinya, zat itu memainkan peran dalam mengendurkan jaringan otot polos pada daerah bronkus. Otot polos yang kendur pada bronkus bisa menjadikan penderita asma mudah untuk mengambil nafas.

Makan Pisang Tiap Hari Jauhkan Kamu Dari AsmaMenyusul survey lain yang telah menemukan hubungan antara asupan buah yang kurang dan kaitannya dengan fungsi paru-paru rendah, Departemen Kesehatan di Inggris juga melakukan penelitian yang sama pada 2.640 anak SD usia 5-10 tahun. Mereka mengamati hubungan antara asma dan konsumsi buah, buah pisang pada khususnya.

Di Harvard School of Public Health, sebuah penelitian terhadap 2.000 siswa usia 16 dan 18 tahun, dilakukan pengujuan/test fungsi paru-paru dan asupan buah, juga menunjukkan temuan yang sama bahwa kurangnya konsumsi buah berisiko lebih besar terhadap kesehatan paru-paru.

“Perlindungan fungsi paru-paru berasal dari flavonoid, senyawa antioksidan, yang ditemukan di buah pisah dan buah-buahan lainnya,” ujar Cardwell.

Jadi, selain menawarkan banyak manfaat kesehatan dengan nutrisi yang baik, buah pisang juga menawarkan lebih banyak efek positif untuk departemen kesehatan. Baik dimakan bersama sereal atau dimakan langsung, anjuran mengkonsumsi buah pisang secara rutin sangat disarankan bagi penderita asma.

“Studi ini mengkonfirmasi bahwa asupan pisang positif untuk membantu fungsi paru-paru pada anak-anak dan remaja. Oleh karena itu, makan banyak buah pisang dan buah-buahan lainnya memungkinkan anak kita bernafas lebih mudah.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Obat Penyakit Asma Bronkial

Baca juga : Resep Obat Sesak Nafas Terlaris

Makan Pisang Tiap Hari Jauhkan Kamu Dari Asma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *