Kopi Hitam Bisa Mengurangi Risiko Kanker Hati

31 Mei

Kopi Hitam Bisa Mengurangi Risiko Kanker Hati,- Minum merupakan salah satu kebiasaan yang tidak mungkin terlewatkan bagi pencintanya. Bila dikonsumsi dengan tepat, kopi terbukti bisa mencegah berbagai macam penyakit, salah satunya kanker hati.

Kopi Hitam Bisa Mengurangi Risiko Kanker Hati

Kopi Hitam Bisa Mengurangi Risiko Kanker HatiMengkonsumsi lima cangkir kopi sehari diyakini dapat menurunkan risiko kanker hati hingga 50%. Hal ini dikemukakan peneliti gabungan dari University of Southampton dan University of Edinburgh dalam riset terbaru mereka setelah menganalisis data dari 26 riset yang melibatkan lebih dari 2,25 juta partisipan.

Dibandingkan mereka yang tidak minum kopi sama sekali, penikmat kopi berisiko 20 persen lebih rendah untuk mengalami hepatocellular cancer (HCC) alias kanker hati. Ini berlaku bagi mereka yang hanya minum satu cangkir sehari. Namun bagi mereka yang mengonsumsi sampai dua cangkir sehari, risiko kankernya bisa berkurang 35 persen dan 50 persen untuk yang minum lima cangkir sehari. Bahkan jika yang diminum adalah kopi tanpa kafein.

Dokter Oliver Kennedy dari Universitas of Southampton mengatakan, bahwa kopi secara luas memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Temuan baru ini menunjukan bahwa hal itu dapat memiliki efek yang signifikan terhadap risiko kanker hati. Hanya saja kami tidak langsung menyarankan kepada setiap orang untuk minum lima cangkir kopi sekaligus.

Kopi Hitam Bisa Mengurangi Risiko Kanker HatiSebab, konsumsi kopi dalam jumlah yang tinggi memiliki potensi yang sangat berbahaya, apalagi jika diminum oleh ibu hamil. jelas ketua tim peneliti Dr Oliver Kennedy seperti dilaporkan The Guardian.

Andrew Langford, kepala eksekutif British Lirust mengomentari penelitian ini. Beliau menuturkan bahwa studi baru ini menambahkan bukti yang menunjukan bahwa minum kopi mengurangi sirosis hati dan juga kanker hati dengan cara yang tergantung dosis. Kopi juga telah dilaporkan dapat mengurangi risiko kematian akibat penyebab lainnya.

Selain dapat mengurangi risiko kanker hati, kopi juga dapat menurunkan risiko penyakit Alzheimer, diabetes dan jantung. Porsi yang benar untuk minum kopi yaitu 3 sampai 5 cangkir per hari, namun kopi yang dimaksud buka kopi dengan tambahan gula dan krim, melainkan kopi hitam kopi hitam dengan takaran sekitar 250 ml.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Obat Penyakit Asma Bronkial

Baca juga :

Kopi Hitam Bisa Mengurangi Risiko Kanker Hati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *