Ternyata Minum Kopi Bisa Mengobati Penyakit Asma

8 Jun

Ternyata Minum Kopi Bisa Mengobati Penyakit Asma,- Banyak dari kita yang menganggap secangkir kopi sebagai bagian yang terlepaskan dari hidup. Minuman seduh favorit sejuta umat ini memiliki manfaat yang telah dikenal luas, mulai dari peningkatan energi, konsentrasi, membantu menurunkan berat badan hingga mengurangi stress.

Ternyata Minum Kopi Bisa Mengobati Penyakit Asma

Ternyata Minum Kopi Bisa Mengobati Penyakit AsmaAsma adalah jenis penyakit jangka panjang atau kronis pada saluran pernapasan yang ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran napas yang menimbulkan sesak atau sulit bernapas. Selain sulit bernapas, penderita asma juga bisa mengalami gejala lain seperti nyeri dada, batuk-batuk, dan mengi. Asma bisa diderita oleh semua golongan usia, baik muda atau tua

Seperti yang telah kita ketahui, kopi adalah minuman yang tinggi kadar kafein. Kafein sudah lama diyakini sebagai olah alami untuk meningkatkan kesehatan tubuh bila dikonsumsi secara teratur, tidak berlebihan. Namun tahukah Anda, bahwa saat ini kandungan kafein dalam kopi bisa mengobati penyakit asma.

Para ilmuwan telah menemukan bahwa kafein memiliki efek membantu pada gejala asma karena secara kimiawi mirip dengan obat asma yang terkenal. Kafein yang ditemukan dalam kopi sangat mirip dengan teofilin. Teofilin adalah obat bronkodilator untuk melemaskan otot saluran nafas, mengurangi gejala asma seperti mengi, batuk dan sesak nafas. Konsumsi kafein juga dapat mempengaruhi hasil tes yang membuktikan seberapa kondisi asma seseorang.

Ternyata Minum Kopi Bisa Mengobati Penyakit AsmaDalam sebuah studi di tahun 2007 di Cochrane Database of Systematic Reviews, para peneliti mengumpulkan dan menganalisis hasil dari setengah lusin uji klinis yang melihat efek kafein pada penderita asma. Mereka menemukan bahwa kafein menghasilkan perbaikan kecil pada fungsi saluran napas hingga empat jam, dibandingkan dengan plasebo, dan bahkan dalam dosis kecil dapat memperbaiki fungsi paru hingga dua jam.

Seperti dikutip dari Thehealthsite, Ilmuan dari Haffkine’s Institute, Mumbai, Dr H S Palep memberikan penjelasan, kopi pahit bisa efektif untuk membantu meredakan serangan asma. Hal ini karena sel-sel dalam tubuh memiliki reseptor perasa, bukan hanya di lidah, tapi juga di otot bronkial. Rasa pahit kopi dapat melebarkan otot bronkus selama serangan asma.

Karena itu Dr Palep memberikan saran dan rekomendasi bagi siapapun yang menemukan seseorang sedang terkena serangan asma mendadak untuk membantu dengan meminumkan kopi pahit ke mulutnya sebagai bentuk pertolongan pertama sebelum benar–benar mendapat penanganan medis.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Obat Penyakit Asma Bronkial

Baca juga : Buah Anggur Ampuh Mengatasi Gejala Asma

Ternyata Minum Kopi Bisa Mengobati Penyakit Asma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *