Khasiat Undur-undur Yang Belum Banyak Diketahui

13 Feb

Khasiat Undur-undur Yang Belum Banyak Diketahui,- Undur-undur hewan kecil yang sering kali ditemukan di sekitar rumah yang berhalaman pasir. Khasiat dari undur-undur sendiri memang belum diketahui oleh orang banyak, selama ini Anda mungkin hanya menganggap undur-undur sebagai binatang kecil yang menggelikan dan bahkan menjijikan. Namun Ternyata, dibalik deskripsi tersebut undur-undur memiliki khasiat sebagai alternatif pengobatan.

Khasiat Undur-undur Yang Belum Banyak Diketahui

Khasiat Undur-undur Yang Belum Banyak DiketahuiUndur-undur merupakan hewan yang tergolong ke dalam spesies Myrmeleontidae, hewan ini diprediksi ada sekitar 2.000 spesies yang tersebar di dunia. Anda pasti tidak menyangka, hewan sekecil ini mempunyai manfaat dan khasiat mengobati penyakit kronis.

  • Undur-undur ampuh mengobati diabetes

Khasiat undur-undur dalam mengobati diabetes telah dibuktikan berdasarkan penelitian yang dari Universitas Gajah Mada yang berjudul kajian Potensi Undur-undur Darat (Myrmeleon sp.) pada tahun 2006, diketahui bahwa binatang tersebut mengandung zat silfonylurea. Kerja sulfonylurea pada undur-undur darat adalah untuk melancarkan kerja pankreas dalam memproduksi insulin. Dalam hal ini, insulin digunakan untuk menurunkan kadar gula darah yang menjadi masalah bagi penderita diabetes.

Khasiat Undur-undur Yang Belum Banyak DiketahuiSulfonylurea yang terkandung di dalam undur-undur merupakan zat yang sama dengan sulfonylurea yang selama ini digunakan dalam obat diabetes buatan. Undur undur dengan sulfonylureanya yang mempunyai cara kerja yang sama dengan obat diabetes yang pernah ada. Sulfonylurea dalam bentuk antidiabetik oral hanya cocok untuk mengobati diabetes tipe 2 karena cara kerjanya memperbaiki kerja pankreas dalam mensekresi insulin.

Selain ampuh mengobati diabetes, undur-undur juga ampuh mengobati penyakit kronis lain seperti :

Yang harus Anda perhatikan dalam mengkonsumsi undur-undur untuk pengobatan, haruslah undur-undur yang masih hidup dan jangan di cuci, jika undur-undur yang sudah mati maka khasiatnya akan berkurang. Dikonsumsi secara langsung atau dimasukan ke dalam kapsul. Undur-undur yang mempunyai khasiat untuk pengobatan adalah undur-undur yang masih berbentuk larva, artinya undur-undur yang masih kecil sebelum berganti wujud menjadi dewasa.

Itulah beberapa khasiat yang terkandung di dalam undur-undur namun belum banyak orang yang mengetahuinya. Setelah sekarang Anda mengetahuinya, mungkin Anda tidak akan menganggap remeh hewan kecil yang satu ini. Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Obat Penyakit Asma Bronkial

Baca juga : Manfaat Blueberry Untuk Mengobati Diabetes

Khasiat Undur-undur Yang Belum Banyak Diketahui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *