Khasiat Dibalik Sayur Bayam Untuk Kesehatan

23 Mei

Khasiat Dibalik Sayur Bayam Untuk Kesehatan,- Masih ingat kartun Popeye the Sailor Man? Tokoh kartun yang punya otot besi dan punya gebetan namanya Olive Oyl serta punya rival berbadan besar namanya Brutus. Satu lagi yang identik dengan Popeye adalah kesukaannya makan bayam kaleng untuk menambah kekuatan.

Namun yang akan saya bahas pada artikel kesehatan kali ini bukan mengenai Popeye, Olive Oyl, atau Brutus musuh besarnya. Melainkan mengenai khasiat bayam yang menjadi sumber kekuatan Popeye.

Khasiat Dibalik Sayur Bayam Untuk Kesehatan

Khasiat Dibalik Sayur Bayam Untuk KesehatanBayam di anggap sebagai salah satu makanan paling sehat di bumi, para peneliti mengidentifikasi lebih dari selusin jenis antioksidan flavonoid yang berbeda pada bayam, belum lagi kandungan nutrisi yang lainnya. Nutrisi yang terkandung dalam bayam memiliki kemampuan sebagai anti-inflamasi dan juga rendah kalori, sehingga menjadi salah satu makanan yang padat nutrisi.

Bayam adalah sayuran yang termasuk dalam kelompok makanan keluarga Amaranthaceae, yang juga mencakup makanan nabati kaya nutrisi lainnya seperti bit, chard Swiss, bayam dan kinoa. Makanan dalam keluarga ini terbukti membantu melindungi sistem saraf pusat, mengurangi peradangan , dan menunda proses penuaan dengan melindungi sel.

Bayam mengandung senyawa karotenoid seperti beta karotein, lutein, dan zeaxanthin. Bayam juga mengandung flavonoid yang merupakan jenis antioksidan kuat yang dapat melindungi terhadap penyakit dengan melawan kerusakan darikal bebas di dalam tubuh. Selain mengandung antioksidan yang tinggi, bayam juga mengandung vitamin A, C, mineral mangan, seng dan salenium.

Berikut ini beberapa manfaat bayam untuk kesehatan, diantaranya :

  • Mencegah Kanker

Bayam mampu memperlambat pembentukan sel kanker karena ia melawan kerusakan DNA dan membatasi stres oksidatif melalui adanya antioksidan seperti neoxanthin dan violaxanthin. Menurut penelitian, bayam karotenoid melindungi sel dari mutasi yang pada akhirnya dapat menyebabkan pertumbuhan tumor kanker.

Nutrisi bayam juga mengandung kloroplas dan klorofil. Studi telah menemukan bahwa karena khasiat ini, bayam bertindak sebagai pelindung kanker dengan menarik zat karsinogenik dari tubuh, mendetoksifikasi tubuh, mengurangi peradangan, dan memperlambat kerusakan radikal bebas.

  • Menjaga Kesehatan Sistem Kardiovaskular

Nutrisi bayam juga mengandung kloroplas dan klorofil. Studi telah menemukan bahwa karena khasiat ini, bayam bertindak sebagai pelindung kanker dengan menarik zat karsinogenik dari tubuh, mendetoksifikasi tubuh, mengurangi peradangan, dan memperlambat kerusakan radikal bebas. Nutrisi bayam mampu membantu menyembuhkan masalah pembuluh darah, termasuk aterosklerosis dan tekanan darah tinggi, meningkatkan aliran darah dan menjaga kesehatan pembuluh darah.

Serat yang ditemukan pada bayam juga bekerja untuk mengurangi kadar kolesterol tinggi dan memperlambat penyerapan glukosa ke dalam aliran darah. Bersama-sama faktor ini sangat mengurangi risiko terkena serangan jantung atau stroke.

  • Meningkatkan Imunitas

Bayam memasok vitamin A dan vitamin C tingkat tinggi, yang sebenarnya dianggap antioksidan yang sangat berguna dalam menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat. Vitamin C dan antioksidan vitamin A membuat kekebalan Anda kuat terhadap bakteri, virus, racun, dan penyerang berbahaya lainnya yang dapat menyebabkan penyakit dan penyakit.

  • Menjaga Kadar Gula Darah

Bayam mengandung steroid pelindung yang disebut phytoecdysteroids. Dalam studi, steroid ini telah terbukti meningkatkan metabolisme glukosa (gula) dan membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Ini sangat bermanfaat bagi penderita diabetes, atau bentuk sindrom metabolik lainnya, karena ini meminimalkan kebutuhan akan hormon insulin penyimpanan lemak kritis.

  • Melindungi Kesehatan Mata

Bayam mengandung vitamin A dalam bentuk karotenoid yang bermanfaat untuk kesehatan mata dengan mejaga kesehatan retina, makula dan kornea. Zeaxanthin yang ditemukan pada bayam bekerja untuk menyaring sinar cahaya berbahaya dari memasuki kornea. Dan karotenoid bayam lainnya melindungi jaringan rentan daerah retina akibat stres oksidatif yang dapat menyebabkan kebutaan, katarak, dan komplikasi lainnya.

  • Menjaga Kesehatan Tulang

Bayam memasok sejumlah vitamin K penting untuk membangun tulang. Vitamin K diperlukan untuk menjaga agar struktur kerangka tetap sehat dan membantu mencegah kondisi yang berkaitan dengan hilangnya kepadatan mineral tulang, menurunkan risiko osteoporosis dan patah tulang serta mengatasi peradangan.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika mengkonsumsi bayam secara teratur. Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Obat Penyakit Asma Bronkial

Baca juga : Cara Mengobati Maag Pada Ibu Hamil

Khasiat Dibalik Sayur Bayam Untuk Kesehatan

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *