Tinggalkan Kebiasaan Buruk Ini Agar Terhindar Dari Gangguan Fungsi Hati

30 Mar

Tinggalkan Kebiasaan Buruk Ini Agar Terhindar Dari Gangguan Fungsi Hati – Organ hati memiliki peran penting dalam tubuh manusia, terletak dalam rongga perut sebelah kanan, tepatnya di bawah diafragma. Hati adalah bagian yang sangat unik dari tubuh manusia, bukan hanya menjadi organ terbesar ke dua, hari juga memiliki kemampuan yang luar biasa untuk regenerasi atau tumbuh kembali dengan sendirinya. Jika jaringan hati rusak, hati dapat tumbuh kembali 25% dari ukuran aslinya, bahkan fakta menakjubkan lain dari hati yaitu terbuat dari 96% air.

Tinggalkan Kebiasaan Buruk Ini Agar Terhindar Dari Gangguan Fungsi Hati

Tinggalkan Kebiasaan Buruk Ini Agar Terhindar Dari Gangguan Fungsi HatiHati merupakan kelenjar terbesar yang terdapat di dalam tubuh manusia yang berfungsi untuk menyimpan gula dalam bentuk glikogen, tempat pembongkaran dan pembentukan protein, menawarkan racun, dan sebagai tempat pembentukan dan pembongkaran sel darah merah. Fungsi utama organ hati tersebut akan bekerja dengan normal jika Anda mengindari beberapa kebiasaan buruk yang dapat mempengaruhi fungsinya.

Berikut beberapa kebiasaan buruk yang dapat merusak fungsi hati secara perlahan, diantaranya :

  • Mengkonsumsi Minuman Beralkohol

Dalam ajaran islam alkohol dilarang untuk diminum, ternyata larangan tersebut benar adanya. Larangan ini dikaitkan dengan risiko kesehatan yang ditimbulkan, selain memabukan, juga bisa berdampak pada pada kesehatan tubuh, apalagi jika sering meminumnya. Salah satu dampak buruk alkohol pada kesehatan adalah menyebabkan kerusakan hati.

Tinggalkan Kebiasaan Buruk Ini Agar Terhindar Dari Gangguan Fungsi HatiSeperti dikutip dari DNA pada 22/04/2014, jila Anda minum alkohol, terutama etanol, maka hati Anda bekerja sangat ekstra untuk mengubah etanol menjadi asam asetat. Etanol ini kemudian diubah menjadi bentuk yang disebut asetat kurang beracun, yang akhirnya dikeluarkan dari tubuh sebagai urin. Konsumsi alkohol berlebih adalah penyebab utama timbulnya semua penyakit hati, seperti hati berlemak dan peradangan pada hati.

  • Merokok

Merokok adalah kebiasaan buruk dan menyebabkan terlalu banyak komplikasi kesehatan. Asap rokok mengandung banyak racun dan dikenal sebagai karsinogen. Namun demikian, bukti kerusakan hati akibat masih belum banyak yang mengetahuinya. Studi di Perancis yang dipublikasikan di jurnal GUT pada Januari 2003 menemukan bahwa merokok dapat meningkatkan aktivitas histologi hepatitis C kronik, tidak tergantung pada alkohol.

Tinggalkan Kebiasaan Buruk Ini Agar Terhindar Dari Gangguan Fungsi Hati

Baca juga :

Dalam jurnal Clinical Gastroenterology & Hepatology edisi Juni 2006, para peneliti di Kalifornia menemukan bahwa perokok dengan hepatitis C cenderung lebih banyak menjadi fibrosis hati dibandingkan yang bukan perokok. Sementara telah ada bukti mengarah pada kemampuan asap rokok yang dapat merusak hati dan berkembang menjadi kanker hati.

  • Kurang Tidur

Normalnya, manusia membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam sehari. Pada saat kita tidur, tubuh kita membuang semua racun (toxin) dari dalam tubuh. Organ yang berfungsi menetralisir racun dalam tubuh adalah liver atau hati. Jika Anda begadang, berarti Anda mencegah hati melakukan fungsinya yaitu membersihkan racun dalam tubuh. Karena proses tersebut tentu saja membutuhkan tubuh dalam keadaan yang rileks yaitu pada saat kita tidur. Oleh sebab itu bahaya begadang adalah merusak kerja organ hati.

Tinggalkan Kebiasaan Buruk Ini Agar Terhindar Dari Gangguan Fungsi HatiJika organ liver atau hati mengalami kerusakan dan tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya, maka bisa di pastikan kondisi kesehatan tubuh Anda dapat ikut terpengaruhi. Penelitian telah menunjukkan bahwa tidak cukup tidur dapat menyebabkan hati mengalami stres oksidatif. Stres oksidatif memicu produksi radikal-bebas bahan kimia yang menyebabkan kerusakan sel-sel hati yang sehat.

  • Konsumsi Obat Berlebihan

Salah satu fungsi hati adalah untuk mengeluarkan kelebihan obat yang notabene bisa menjadi racun bagi tubuh. Namun dosis obat-obatan yang berlebih justru bisa merusak hati. Dosis tinggi obat akan membuat hati kesulitan menghilangkan obat dari tubuh, bahkan bisa memperlambat metabolisme hati. Hati menjadi meradang dan tidak bisa berfungsi dengan baik. Dalam kasus ekstrim, gagal hati dapat terjadi.

Tinggalkan Kebiasaan Buruk Ini Agar Terhindar Dari Gangguan Fungsi HatiBeberapa obat ini termasuk antidepresan, stabilisator suasana hati, kortikosteroid (digunakan untuk mengobati peradangan) dan penghilang rasa sakit. Baca terlebih dahulu cara konsumsinya karena itu penting untuk meninjau efek samping obat sebelum mengkonsumsinya.

  • Kelebihan Berat Badan atau Obesitas

Kerusakan hati dapat terjadi lewat penumpukan sel-sel lemak pada organ hati. Penumpukan sel lemak di hati (perlemakan hati) adalah kondisi yang cukup sering ditemukan. Umumnya dialami oleh penderita kegemukan dan mengkonsumsi alkohol secara kronis. Pada awalnya, kondisi perlemakan hati tidak akan memberikan tanda dan gejala apa pun, sehingga penderita tidak menyadarinya.

Tinggalkan Kebiasaan Buruk Ini Agar Terhindar Dari Gangguan Fungsi HatiGejala yang muncul pun biasanya bersifat tidak spesifik; seperti sering lemas-lemas serta nyeri di perut kanan atas. Namun penumpukan sel lemak pada hati lama-kelamaan akan mengganggu fungsi dan struktur sel hati dan menyebabkan peradangan, hingga akhirnya terbentuk jaringan parut di hati. Bila hal-hal tersebut telah terjadi, maka hati tidak akan mampu lagi untuk menjalankan fungsinya dengan baik.

Itulah beberapa kebiasaan buruk yang dapat mempengaruhi fungsi organ hati, yang tentu harus Anda ketahui. Setelah Anda mengetahui beberapa hal yang dapat mempengaruhinya, kami himbau untuk selalu menjaga kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat agar fungsi hati tetap terjaga.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat

Posted by Obat Penyakit Asma Bronkial

Tinggalkan Kebiasaan Buruk Ini Agar Terhindar Dari Gangguan Fungsi Hati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *