Jeruk Nipis Berkhasiat Untuk Menurunkan Kolesterol

5 Mei

Jeruk Nipis Berkhasiat Untuk Menurunkan Kolesterol,- Mengkonsumsi jeruk nipis bisa menjadi solusi alternatif bagi kamu yang ingin menurunkan kolesterol secara alami, tanpa bantuan medis.

Jeruk Nipis Berkhasiat Untuk Menurunkan Kolesterol

Jeruk Nipis Berkhasiat Untuk Menurunkan KolesterolSelain berkhasiat dalam menurunkan berat badan dan menjadi menu diet sehat, jeruk nipis mempunyai manfaat lain yang begitu luar bisa yaitu mampu menurunkan kadar kolesterol. Jeruk nipis merupakan jenis tumbuhan yang termasuk ke dalam suku jeruk-jerukan, yang tersebar luas di Asia dan Amerika Tengah.

Jeruk nipis  mengandung unsur-unsur senyawa kimia yang bemanfaat, misalnya: asam sitrat, asam amino (triptofan, lisin), minyak atsiri (sitral, limonen, felandren, lemon kamfer, kadinen, gerani-lasetat, linali-lasetat, aktilaldehid, nonildehid), damar, glikosida, asam sitrun, lemak, kalsium, fosfor, besi, belerang vitamin B1 dan C. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung senyawa saponin dan flavonoid yaitu hesperidin (hesperetin 7-rutinosida), tangeretin, naringin, eriocitrin, eriocitrocide.

Studi Jurnal Ilmu Budaya dan Ilmu Sosial Internasional yang diterbitkan pada tahun 2013 melaporkan efek pemberian apel utuh dan air jeruk nipis atau keduanya setiap hari pada oarang yang memiliki kolesterol tinggi. Para ilmuan melaporkan bahwa individu yang mengkonsumsi air jeruk nipis setiap hari mengalami penurunan kadar LDL yang signifikan.

Jeruk Nipis Berkhasiat Untuk Menurunkan KolesterolMenurun American Dietetic Association, senyawa terpenoid yang disebut limonene yang ditemukan pada jeruk nipis dapat menurunkan kolesterol LDL dan kadar kolesterol total, juga dapat mencegah penyakit jantung. Kandungan lain yang terdapat dalam jeruk nipis yang dapat menurunkan kolesterol seperti vitamin C dan Antioksidan.

Vitamin C pada jeruk nipis ditemukan dalam jumlah yang besar, juga memiliki efek antioksidan yang dapat melepaskan kolesterol yang menempel pada dinding arteri, jelas Reader’s Digest. manfaat telah dikaitkan dengan mengkonsumsi air jeruk nipis.

Manfaat Kandungan Vitamin C Terhadap Kolesterol

Menurun sistem kesehatan Universitas Michigan, asupan vitamin C yang tinggi tidak hanya membantu mencegah kerusakan kolesterol LDL, juga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, serta menurunkan keseluran jumlah kolesterol. Studi menunjukan hasil yang berbeda dan telah menggunakan jumlah vitamin C tambahan mulai dari 100 sampai 1000 miligram per hari.

Jeruk nipis mengandung konsentrasi vitamin C yang tinggi, 1 cangkir air jeruk nipis segar mengandung 94 miligram nutrisi, sedangkan 1 cangkir segmen jeruk nipis mentah mengandung 112 miligram nutrisi.

Sumber Serat Larut

Jeruk Nipis Berkhasiat Untuk Menurunkan KolesterolNational Institutes of Health merekomendasikan bahwa orang dengan kolesterol LDL tinggi dianjurkan untuk mengkonsumsi 10-25 gram serat per hari, sebagai metode efektif untuk menurunkan kolesterol total. Jeruk nipis adalah sumber serat larut yang baik, dengan masing masing potongan buah berukuran sedang memasok 1,6 gram serat total dan 1 gram serat larut.

Bukan hanya air dan daging buahnya saja yang bisa menurunkan kolesterol. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2002 di European Journal of Nutrition menunjukan bahwa kulit jeruk nipis efektif untuk menurunkan kadar kolesterol darah dan hati pada hamster dengan kolesterol darah tinggi. Ini mungkin karena flavonoid yang ditemukan pada kulit jeruk nipis dan jeruk lainnya.

Buah jeruk kaya akan flavonoid yang dikenal sebagai flavon polimetoksilat, antioksidan yang memiliki efek kuat pada kadar kolesterol dan itu hanya terjadi pada konsentrasi tinggi pada kulitnya. Studi ini juga telah terbukti efeknya terhadap manusia dengan kolesterol tinggi.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Obat Penyakit Asma Bronkial

Baca juga : Cara Menurunkan Kolesterol

Jeruk Nipis Berkhasiat Untuk Menurunkan Kolesterol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *