Inilah Ciri-Ciri Penyakit Tipes yang Wajib Diketahui

6 Jan

Inilah Ciri-Ciri Penyakit Tipes yang Wajib Diketahui,- Berdasarkan sebuah penelitian, ditemukan bahwa tipes menjangkit sebanyak 800 hingga 100 ribu penduduk indonesia sepanjang tahun 2008. Hali membuktikan bahwa tipus masih berupa penyakit endemik dan masalah kesehatan yang serius di negeri ini.

Sanitasi yang buruk dan terbatasnya air bersih di duga menjadi penyebab utama berkembangnya penyakit tipes. Belum sempurnanya sistem kekebalan tubuh juga di duga menjadi penyebab penyakit ini lebih bayak dialami oleh anak-anak.

Inilah Ciri-Ciri Penyakit Tipes yang Wajib Diketahui

Penyakit tipes memang bukan jenis penyakit yang menular. Namun sebenarnya penyakit ini bisa menyebar dengan cepat jika lingkungan perkembangan bakteri salmonella yang mendukung. Bakteri salmonella akan masuk melalui ke usus melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi, kemudian berkembang biak di dalam saluran cerna.

Inilah Ciri-Ciri Penyakit Tipes yang Wajib DiketahuiSecara umum tanda dan gejala tipes yang dialami oleh orang dewasa sama dengan yang dialami oleh anak-anak. Gejala awalnya terlihat seperti penyakit influenza, namun penyakit akan lebih parah setelah lebih dari 1 minggu dan gejalanya pun akan semakin jelas terlihat. Berikut ini beberapa gejala yang terjadi sesuai fase perkembangan infeksi bakteri dalam tubuh :

  • Gejala Tipes Minggu 1
    Setelah penderita mendapat infeksi bakteri selama satu minggu, maka akan muncul gejala seperti :
  1. Demam yang terus mengalami kenaikan pada malam hari. Bahkan kondisi tertentu bisa menyebabkan demam hingga lebih dari 40 derajat Celcius.
  2. Sakit kepala dari mulai bagian sekitar mata dan bagian belakang yang menyebabkan penderita tidak bisa beraktivitas.
  3. Nafsu makan yang terus menurun sehingga tubuh juga menjadi lebih lemah.
  4. Gangguan pencernaan yang menyebabkan sembelit dan diare.
  5. Muncul batuk kering yang tidak bisa disembuhkan dengan jenis obat batuk.
  6. Timbul bercak merah pada kulit kaki dan tangan.
  • Gejala Tipes Minggu ke-2
    Penyakit tipes akan semakin parah apabila sampai 2 minggu terkena infeksi dan tidak mendapatkan perawatan yang cukup. Penderita akan lebih sakit bahkan sampai tidak bisa melakukan aktivitas dan timbul gejala seperti :
  1. Demam yang terus naik dan turun yang biasanya terjadi pada sore, malam hari dan siang hari.
  2. Nafsu makan yang terus mengalami penurunan dan tubuh terlihat lebih kurus.
  3. Gangguan pencernaan yang sangat parah seperti diare dan sembelit.
  4. Perut bengkak dan terasa lebih keras.
  • Gejala Tipes Minggu ke-3
    Setelah masuk ke minggu ke tiga maka penyakit tipes akan bertambah semakin parah. Biasanya penderita sudah tidak bisa melakukan aktivitas sama sekali. Tubuh penderita akan sulit untuk berjalan atau bangun dari tempat tidur. Selain itu demam tinggi yang terjadi sepanjang hari akan membuat penderita semakin parah. Biasanya pada tahap ini sudah disertai dengan beberapa gejala komplikasi penyebaran bakteri dari usus ke bagian lain.
  • Gejala Tipes Minggu ke-4
    Tipes pada minggu ke empat justru akan membuat penderita merasa lebih baik. Pada masa ini biasanya penderita tidak akan merasa demam dan tubuh terlihat lebih bugar. Tapi pada fase ini justru ada bahaya yang mengancam. Pada minggu ke enam kondisi tubuh akan kembali seperti tipes pada minggu pertama dan komplikasi bisa menjadi lebih parah.

Segera konsultasi kepada dokter jika Anda atau anak Anda mengalami demam tinggi dan beberapa gejala di atas. Tipes memang menjadi penyakit yang sangat umum, namun penyakit ini bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat. Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Obat Penyakit Asma Bronkial

Baca juga : Ciri-Ciri Awal Terkena Rematik

Inilah Ciri-Ciri Penyakit Tipes yang Wajib Diketahui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *