Infeksi Gigi Bisa Sebabkan Sinusitis

12 Apr

Infeksi Gigi Bisa Sebabkan Sinusitis,- Infeksi gigi rahang atas sering kali berkaitan dengan terjadinya sinusitis akibat dekatnya anatora kedua organ tersebut.Sinus yanang didahului oleh infeksi gigi itu disebut dengan sinusitis dentogen.

Infeksi Gigi Bisa Sebabkan Sinusitis

Spesialis Telinga Hidung dan Tenggorokan, Bedah Kepala dan Leher (THT-KL) dr Agus Multazan, M Ked (ORL-HNS), Sp THT KL mengatakan bahwa sinusitis dapat disebabkan oleh infeksi, alergi atau imunitas. Berdasarkan penyebabnya, sinusitis terbagi menjadi 2 yaitu rhinogenik yang disebabkan oleh infeksi-infeksi di hidung dan dentogenik yang disebabkan oleh infeksi pada gigi.

Infeksi Gigi Bisa Sebabkan SinusitisSinus Rhinogenik dapat di sebabkan oleh flu biasa, thinitis alergi, polip hidung atau sevtum deviasi. Jika sinus dentogenik karena infeksi pada gigi di rahang atas bukan rahang bawah. Karena dasar rongga sinus itu berbatasan dengan akar gigi. Jadi infeksi pada gigi rahang atas bisa membuat infeksi kumannya naik ke rongga sinus sehingga sinusnya bermasalah.

Sedangkan menurut Robrto  Simandjuntak, MS, SpBM perjalanan sinus dentogen ini dimulai dari kerusakan gigi akibat gigi yang tidak terawat dengan baik sehingga menyebabkan infeksi. Sinus karena infeksi gigi ini menempati urutan ketiga setelah pilek dan lainnya dan merupakan penyumbang cukup banyak dari penyebab sinus,” ujar drg. Roberto. Drg. Roberto menyebutkandari perumpamaan 20 pasien yang ditangani dengan masalah di rahang atas, 4 pasien berkaitandengan sinusitis atau sekitar 20%. “Angka ini cukup banyak tambahnya.

Namun infeksi gigi bukanlah salah satu penyebab munculnya sinusitis, ada beberapa penyebab dan faktor lain yang memicu timbulnya sinusitis, seperti :

  • Infeksi saluran pernafasan
  • Alergi
  • Bahan- bahan iritan yang terinhalasi
  • Gangguan bentuk dari dalam hidung
  • Gangguan selaput hidung
  • Pertumbuhan polyp di dalam hidung

Dengan mengetahui berbagai penyebab dari sinusitis, maka Anda dapat segera mengatasinya dengan melakukan langkah-langkah pencegahan seperti berikut ini :

  • Menghindari faktor pencetus alergi yang mengakibatkan sinus
  • Rajin menggosok gigi minimal 3 kali sehari
  • Periksa gigi minimal 6 bulan sekali
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Periksa ke dokter jika mengalami filek yang tak kunjung sembuh

Jika Anda sedang mencari obat untuk megobati sinusitis, kami rekomendasikan untuk mengkonsumsi QnC Jelly Gamat.

Obat Sinusitis QnC Jelly Gamat

Terbuat dari Teripang Emas Asli, Telah teruji klinis dan TERBUKTI AMPUH mengobati sinusitis secara alami pada anak dan dewasa.
Legalitasnya terjamin dengan terdaftar di DEPKES P-IRT No: 109321601291-1229 serta bersertifikat HALAL dari MUI.
Simak Selengkapnya Di >> Obat Herbal Radang Sinusitis

Harga QnC Jelly Gamat ASLI, Hanya Rp 155.000,- /botol. (belum termasuk ongkos kirim)
>> BELI BANYAK, HARGA LEBIH MURAH, DISKON MAKIN TINGGI <<

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat

Posted by Obat Penyakit Asma Bronkial

Baca juga : Makanan Yang Sering Memicu Alergi

Infeksi Gigi Bisa Sebabkan Sinusitis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *