Bolehkan Fruktosa Dikonsumsi Oleh Penderita Diabetes?

13 Mei

Bolehkan Fruktosa Dikonsumsi Oleh Penderita Diabetes?,- Gula memang erat kaitannya dengan diabetes, karena konsumsi gula dapat meningkatkan kadar gula darah ke tingkat yang sangat tinggi.

Bolehkan Fruktosa Dikonsumsi Oleh Penderita Diabetes?

Bolehkan Fruktosa Dikonsumsi Oleh Penderita Diabetes?Fruktosa adalah jenis gula yang menurut Weston A.Price Fondation, direkomendasikan untuk penderita diabetes dibandingkan dengan jenis gula lainnya. Meskipun telah di promosikan sebagai salah satu pemanis yang lebih baik bagi penderita diabetes, sebuah artikel yang diterbitkan pada tahun 2009 mengungkapkan bahwa, fruktosa bukan gula yang bagus untuk penderita diabetes.

Menurut Reuters Health, konsumsi fruktosa dapat menyebabkan peningkatan risiko diabetes yang lebih tinggi pada orang yang belum terkena diabetes. Mereka mengatakan asupan jenis gula tertentu yang terbuat dari fruktosa seperti sirup jagung, memiliki kolerasi kuat dengan serangan diabetes.

Gula buah atau fruktosa merupakan jenis gula yang mudah larut dalam air, banyak ditemukan dalam buah-buahan segar dan juga madu. Beberapa penelitian sempat menyebutkan kalau gula ini tidak aman dikonsumsi penderita diabetes. Namun penelitian baru menyebutkan bahwa fruktosa aman dikonsumsi.

Bolehkan Fruktosa Dikonsumsi Oleh Penderita Diabetes?Menurut sebuah artikel ANI (India) mengenai analisis tersebut, para peneliti menemukan bahwa fruktosa memiliki efek menguntungkan secara keseluruhan pada kontrol gula darah yang diukur dengan HbA1c. Efek ini dilakukan  tanpa efek samping yang terdeteksi pada berat badan, tekanan darah, kolesterol, dan tidak ada perubahan kadar insulin. Sementara itu, penurunan rata-rata HbA1c dari substitusi fruktosa adalah 0,53%, yang merupakan dampak utama pada kontrol gula darah.

Baca juga :

Hal tersebut di perkuat dengan penelitian yang dilakukan di St. Michael’s Hospital, menemukan bahwa penderita diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 dapat dikontrol gula darahnya meskupun mengkonsumsi fruktosa. Selain itu tekanan darah, kolesterol dan berat badan responden juga bisa dikendalikan.

Responden yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 209 orang, dikelompokan berdasarkan usia remaja dan dewasa. Masing-masing responden diberikan fruktosa setiap hari selama 12 minggu. Gula  buah yang diberikan berasal dari madu, buah dan sayuran.

Fruktosa yang dikonsumsi tidak berlebih atau dalam jumlah yang cukup, bila jumlahnya terlalu besar bisa menyebabkan masalah kesehatan yang fatal. Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Obat Penyakit Asma Bronkial

Baca juga : Obat Tradisional Diabetes

Bolehkan Fruktosa Dikonsumsi Oleh Penderita Diabetes?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *