Makan Dark Cokelat Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi

29 Apr

Makan Dark Cokelat Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi,- Kabar gembira untuk pecinta cokelat, kini cokelat tidak hanya dijadikan sebagai camilan atau bahan tambah untuk pembuatan kue. Dibalik rasanya yang manis, cokelat mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

Makan Dark Cokelat Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Makan Dark Cokelat Bisa Turunkan Tekanan Darah TinggiBanyak orang yang mengklaim bahwa cokelat adalah salah satu makanan yang tidak sehat, padahal hampir semua orang di seluruh dunia suka mengkonsumsi cokelat. Namun sebenarnya cokelat mengandung zat gizi yang baik untuk tubuh manusia.

Sebagian besar kandungan cokelat terdiri dari 14% karbohidrat, 9% protein yang terdiri dari protein, fenilalanin, asam amino triptofan dan tyrosin, 31% lemak dan zat lainnya seperti alkaloid yang membuat cokelat terasa pahit.

Sebuah study Harvard menemukan bahwa mengkonsumsi seperempat kecil cokelat hitam setiap hari dapat membantu menurunkan tekanan darah untuk orang dengan hipertensi. Penelitian ini menggabungkan penelitian tentang manfaat flavonoid, senyawa pada cokelat tanpa pemanis yang dapat melebarkan pembulih darah. Studi ini umumkan di Atlanta pada sesi sains dari American Heart Association tentang penyakit kardiovaskular.

Makan Dark Cokelat Bisa Turunkan Tekanan Darah TinggiStudi tersebut menganalisa 24 penelitian cokelat yang melibatkan 1.106 orang. Ditemukan bahwa cokelat hitam yang setidaknya mengandung 50-70% cokelat dapat menurunkan tekanan darah pada semua peserta, terutama pada orang dengan hipertensi. Eric Ding dari Harvard Medical School dan Bringham and Women’s Hospitas penulis studi tersebut mengatakan bahwa cokelat dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan baik untuk menurunkan risiko diabetes.

Cokelat dengan proporsi padatan kakao yang lebih tinggi seperti cokelat tanpa pemanis atau dark cokelat akan mengandung lebih banyak flavonoid. Cokelat hitam misalnya, mengandung katekin 46-69 mg, sejenis flavonoid dalam 100 garam atau sekitar 1 ons. Sedangkan cokelat susu hanya mengandung 15-16 mg katekin pada 100 gramnya.

Bagi penderita hipertensi, makan dark cokelat secara signifikan bisa mengurangi tekanan darah. Periset yang menulis di jurnal akses terbuka BMC Medica menggabungkan stufi efek flavonols, senyawa cokelat yang menyebabkan pelebaran pembuluh darah pada tekanan darah.

Dr Karin Ried bekerja dengan tim peneliti dari Universitas of Adelaide, Australia, untuk melakukan analisa. Dia mengatakan, Flavonols telah terbukti meningkatkan pembentukan oksida nitrat endotel yang mendorong vasodilatasi dan akibatnya dapat menurunkan tekanan darah.

Selain dengan mengkonsumsi cokelat, kami rekomendasikan juga untuk mengkonsumsi QnC Jelly Gamat.

Apa itu QnC Jelly Gamat?

QnC Jelly Gamat adalah obat darah tinggi yang terbuat dari ekstrak teripang emas asli, mengandung senyawa Glucosaminoglycans yang mampu melebarkan pembuluh darah, menjaga elastisitas pembuluh darah, mencegah penggumpalan darah sehingga dapat mengurangi tekanan darah. Untuk informasi lebih lengkap mengenai obat darah tinggi QnC Jelly Gamat, silahkan Anda kunjungi Obat Tradisional Hipertensi.

Terima kasih telah berkunjung, semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Obat Penyakit Asma Bronkial

Baca juga : Cara Turunkan Kolesterol

Makan Dark Cokelat Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *