Pakai Cotton Bud Untuk Membersihkan Telinga Bisa Sebabkan Infeksi

24 Mei

Pakai Cotton Bud Untuk Membersihkan Telinga Bisa Sebabkan Infeksi,- Membersihkan kotoran telinga menggunakan Cotton Bud merupakan cara yang paling banyak di pilih. Namun sebenarnya cara ini kurang direkondasikan, karena faktanya ternyata bisa berisiko dan membahayakan kesehatan telinga.

Pakai Cotton Bud Untuk Membersihkan Telinga Bisa Sebabkan Infeksi

Pakai Cotton Bud Untuk Membersihkan Telinga Bisa Sebabkan InfeksiWalaupun kotoran telinga tetap nempel di kapas cotton bud saat membersihkan telinga, tapi di saat yang bersamaan Ada juga mendorong dan memadatkan kotoran telinga semakin masuk jauh ke dalam. Hasilnya, kuman dan kotoran yang seharusnya keluar jadi terjebak di dalam telinga.

Secara normal ada mekanisme tersendiri untuk membersihkan telinga secara otomatis (self cleansing), kotoran telinga akan bergerak ke luar dari liang telinga dengan bantuan gerakan rahang saat mengunyah atau berbicara. Menurut Dokter spesialis Telinga Hidung Tenggorok (THT) Kartika Dwiyani.

Senada dengan Kartika, Dokter spesialis THT Hably Warganegara juga menyebutkan teknik self cleansing dari telinga terjadi di pagi hari setiap kita bangun tidur. Self cleansing akan terjadi secara otomatis tiap pagi hari, hal ini ditandai dengan kuping kita yang terasa basah dan lembab. Kelembaban dan sensasi rasa basah tersebut, tambahnya adalah dampak dari mekanisme pembersihan diri si kuping yang terjadi secara otomatis.

Pakai Cotton Bud Untuk Membersihkan Telinga Bisa Sebabkan InfeksiSetiap kali memasukan kapas cotton bud ke dalam telinga tidak hanya akan membawa kuman baru ke dalam telinga, tetapi juga membuat lilin kembali masuk ke dalam telinga. Fungsi dari lilin telinga sendiri untuk melapisi bagian dalam telinga dan melindunginya, lilin telinga juga memiliki sifat anti-bakteri yang dapat mencegah telinga dari infeksi dan membantu mengeluarkan air  yang masuk ke telinga.

Yang lebih parahnya lagi, membersihkan telinga menggunakan cutton bud terlalu dalam, kapas cotton bud malah bisa tertinggal di dalam telinga dan kotoran justru akan terdorong ke dalam mendekati gendang telinga. Hal ini bisa menyebabkan tertusuknya gendang telinga hingga mengakibatkan kebocoran gendang telinga yang berpotensi besar menghilangkan pendengaran.

Itulah dampak berbahaya yang bisa terjadi jika kamu selalu membersihkan telinga menggunakan cotton bud. Ada cara yang lebih tepat yang bisa di pakai untuk membersihkan telinga, seperti menggunakan baby oil, menggunakan cairan hidrogen dan larutan air garam.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Obat Penyakit Asma Bronkial

Baca juga :

Pakai Cotton Bud Untuk Membersihkan Telinga Bisa Sebabkan Infeksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *