Cegah Diabetes Dengan Rutin Mengkonsumsi Brokoli

17 Jun

Cegah Diabetes Dengan Rutin Mengkonsumsi Brokoli,- Brokoli merupakan salah satu sayuran yang banyak sekali manfaatnya, sayuran yang masuk ke dalam suku kubis-kubisan atau Brassicacieae. Mengkonsumsi brokoli setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit maag, infeksi lambung, melancarkan pernafasan, hingga mencegah kanker.

Namun Studi terbaru telah membuktikan, bahwa dengan mengkonsumsi brokoli secara rutin dapat mencegah diabetes dan mengontrol gula darah. Di dalam brokoli terdapat kandungan sulforaphane yang diketahui dapat memproduksi enzim dan melindungi pembuluh darah serta mencegah kerusakan sel akibat tingginya kadar gula dalam darah.

Cegah Diabetes Dengan Rutin Mengkonsumsi Brokoli

Cegah Diabetes Dengan Rutin Mengkonsumsi BrokoliHasil penelitian yang diterbitkan di jurnal Science Translational Medicine pada 14 Juni 2017. Dalam penelitian tersebut, pemberian sulforaphane dalam bentuk ekstrak brokoli dapat mengendalikan kadar glukosa dan mengurangi produksinya. Kelebihan glukosa dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya, seperti kerusakan saraf dan kebutaan, menurut Centers for Disease Control and Prevention, Amerika Serikat.

Temuan ini sangat menarik dan membuka peluang kesempatan baru untuk pengobatan diabetes tipe 2, kata Anders Rosengren, asisten profesor di University of Gothenburg di Swedia, dikutip dari Live Science.

Selain itu, brokoli juga mengandung kromium, dimana peningkatan senyawa ini  dalam tubuh akan mendorong peningkatan sensitivitas insulin dalam tubuh yang bermanfaat dalam mengendalikan glukosa dan faktor-faktor terkait lainnya yang menyertai timbulnya diabetes.

Periset mengatakan, mengkonsumsi ekstrak brokoli dapat membantu penderita diabetes tipe 2 untuk mengelola gula darah mereka. Dengan vitamin, serat dan fitokimia melawan penyakitnya, brokoli dapat membantu mengedalikan gejalanya.

Diabetes tipe 2 telah memengaruhi sekira 450 juta orang di seluruh dunia, dan sebanyak 15% pasien tidak dapat menggunakan metformin karena risiko kerusakan ginjal. Dalam penelitian pada tikus, senyawa ini mengurangi produksi glukosa oleh sel hati yang tumbuh dan mengubah ekspresi gen hati jauh dari keadaan berpenyakit pada tikus dengan diabetes.

Cegah Diabetes Dengan Rutin Mengkonsumsi BrokoliSelain mengandung kromium dan sulforaphane,  brokoli kaya akan kandungan vitamin C, mineral, kandungan serat dan antioksidan. Semua kandungan tersebut merupakan kandungan yang sangat baik dalam memerangi masalah gula darah. Untuk dapat menikmati sepenuhnya manfaat Brokoli, Anda perlu memerhatikan cara penyimpanan dan pengolahannya.

Jangan sekali-kali menyimpan Brokoli dalam freezer karena segera setelah dikeluarkan dari freezer, kandungan gizi di dalamnya akan rusak. Sedangkan, untuk mengolahnya, bisa dilakukan dengan cara mengukus, menumis, atau memanggangnya dalam microwave dalam waktu yang singkat. Anda tidak dianjurkan merebus brokoli, karena cara tersebut akan menyebabkan hilangnya kandungan gizi brokoli sebanyak 70%.

Selain harganya murah, tentu saja tidak ada efek samping apapun jika sayuran ini rutin dikonsumsi. Berbagai kandungan zat gizi di dalam sayuran hijau ini sangat bermanfaat untuk menunjang kebutuhan gizi tubuh secara alami, termasuk dalam pengendalian penyakit diabetes.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Obat Penyakit Asma Bronkial

Baca juga : Cara Mengobati Penyakit Diabetes

Cegah Diabetes Dengan Rutin Mengkonsumsi Brokoli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *