Polifenol Dan Antioksidan Buah Berries Baik Untuk Jantung

15 Jun

Polifenol Dan Antioksidan Buah Berries Baik Untuk Jantung,- Buah berries masuk kedalam daftar makanan super yang menawarkan manfaat kesehatan secara khusus, termasuk menurunkan risiko penyakit jantung. Beberap buah berries seperi blackberry, raspberry, blueberry, acai berry, bilberry, strawberry, cherry dan goji berry mengandung antioksidan yang sangat tinggi.

Polifenol Dan Antioksidan Buah Berries Baik Untuk Jantung

Polifenol Dan Antioksidan Buah Berries Baik Untuk JantungSemua orang pasti tahu, buah yang termasuk kedalam buah berries meiliki kandungan antioksidan tinggi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Antioksidan merupakan zat yang ditemukan pada makanan tertentu yang dapat membantu melawan kerusakan sel akibat radikal bebas.

Semua orang pasti tahu, buah yang termasuk kedalam buah berries meiliki kandungan antioksidan tinggi yang dikenal sebagai polifenol, yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Antioksidan merupakan zat yang ditemukan pada makanan tertenyu yang dapat membantu melawan kerusakan sel akibat radikal bebas.

Sebuah studi baru yang diterbitkan di American Journal of Clinical Nutrition telah menemukan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya buah beri dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Periset Finlandia juga membuktikan pelitian tersebut, dengan memberikan 100 gram bilberry dan 50 gram lingon berry pada 72 orang dewasa. Setelah dua bulan, ditemukannnya hasil penelitian dengan kadar kolesterol baik meningkat sebesar 5% dan risiko terkena penyakit jantung menurun.

  • Blackberry

Buah yang satu ini sangat kaya akan polifenol, dimana kandungan ini baik untuk mencegah penyakit kardivaskuler karena mengandung antioksidan berna quarcetin dan bahkan mencegah diabetes dan kanker. Blackberry mengandung serat tinggi dibanding dengan buah lainnya, dalam 1 mangkuk blackberry  7 gram serat. Selain itu, blackberry juga kaya akan vitamin A, vitamin C, iron, dan kalsium.

  • Blueberry

Makan buah berry, yaitu blueberry juga dapat membantu memori otak karena buah ini mengandung senyawa tertentu yang dapat memperbesar arteri sehingga aliran darah ke otak semakin lancar. Tidak hanya itu, blueberry juga kaya akan antioksidan, rendah lemak, bebas lemak jenuh, dan menjadi sumber vitamin C serta serat. Jadi tidak mengherankan jika blueberry baik dikonsumsi untuk merendahkan risiko serangan jantung.

  • Stroberry

Buah mungil untuk jantung sehat karena diperkaya vitamin C serta folat, yaitu nutrisi yang ditengarai dapat membantu melindungi jantung. Seperti halnya blueberry, makan buah berry yang satu ini juga baik untuk kesehatan secara keseluruhan karena dapat membantu memperlebar arteri sehingga dapat mencegah timbunan plak.

Dalam 1 mangkuk stroberi mengandung 50 kalori, 3 gram serat, dan lebih banyak vitamin C, kaya serat, folat, dan potasium. Menurut studi yang dipublikasikan oleh American Journal of Clinical Nutrition, stroberi dimasukkan dalam peringkat 3 di antara lebih dari 1.000 makanan kaya antioksidan. Stroberi juga diketahui mengandung antosianin yang dapat membantu melindungi sistem syaraf dan pembuluh darah.

  • Raspberry

Buah raspberry yang memiliki rasa manis ini juga kaya akan serat sehingga baik untuk kesehatan jantung. Diketahui jika ¼ cup raspberry mengandung 4 gram serat. Di dalamnya, Anda juga bisa mendapatkan 25 persen asupan vitamin C dan mangan yang direkomendasikan. Tidak hanya itu, makan buah berry ini juga baik untuk jantung karena mengandung rendah lemak dan tinggi polifenol.

  • Acai Berry

Saat membicarakan tentang antioksidan, buah Brazilian ini sanggup mengalahkan rival buah berry lainnya seperti bluberry, stroberi, dan blackberry. Karena itulah kenapa buah acai berry yang mengandung antioksidan tinggi sangat baik untuk kesehatan. Anda bahkan bisa mencampurkannya dalam smoothies, oatmeal, dan yogurt untuk menambah rasa.

  • Bilberry

Meskipun ukurannya tiga kali lebih kacil dari blueberry, namun serupa dengan penampilan dan rasa, bilberry sangat tinggi akan kandungan antioksidan anthocyanidins. Bilberry mengandung beberapa jenis flavonoid yang bertanggung jawab mengencerkan darah sehingga mengurangi kemungkinan tekanan darah tinggi yang dapat merusak kesehatan jantung.

  • Cherry

Cherry mengandung quercetin dan asam ellagic tinggi. Flavonoid antioksidan ini telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan sel dan jaringan. Cherry juga mengandung antosianin dan bioflavonoid tinggi, zat yang terkait dengan mengurangi ketidaknyamanan sendi dan otot.

Itulah beberapa buah berries yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung, namun posrinya harus tetap di perhatikan, jangan terlalu berlebihan. Jangan lupa juga untuk rutin melakukan aktivitas fisik yang ringan agar jantung tetap sehat.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted By Obat Penyakit Asma Bronkial

Baca juga :

Polifenol Dan Antioksidan Buah Berries Baik Untuk Jantung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *