Minum Air Rebusan Brotowali Bisa Mengobati Diabetes

24 Apr

Minum Air Rebusan Brotowali Bisa Mengobati Diabetes,- Tanaman brotowali memang telah lama dikenal sebagai tanaman obat yang memiliki rasa yang pahit. Tanaman yang biasa ditanam pekarangan rumah ini memiliki manfaat yang sangat luar bisa untuk kesehatan tubuh. Studi terbaru mengungkapkan bahwa tanaman brotowali bisa ngobati kencing manis atau diabetes.

Minum Air Rebusan Brotowali Bisa Mengobati Diabetes

Minum Air Rebusan Brotowali Bisa Mengobati DiabetesManfaat brotowali untuk kesehatan di dapat karena tanaman tersebut kaya akan kandungan zat kimia seperti alkaloid (berberina dan kolombina) yang terkandung di dalam akar dan batang, damar lunak, pati, glikosida pikrotetosid, zat pahit pikrotetin, hars, berbebrin, parmatin, kolumbin (akar), kokulin (pikrotoksin) dan boorma. Karena itulah brotowali kerap digunakan sebagai antipiretik, tonikum, antiperiodikum (obat pengatur haid), diuretikum dan antidiabetik.

Brotowali dapat mengaktifkan fungsi kerja pankreas dan membantu menormalkan sel-sel beta di dalam tubuh. Untuk pemanfaatannya, dengan merebus batang dan daun brotowali. Menurut penelitian, meski rebusan batang dan daun brotowali disebut-sebut dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Namun menurut dr. Em. Yunir, SpPD-KEMD, dokter spesialis penyakit dalam, sekaligus Kepala Divisi Metabolik Endokrinologi Departemen ilmu Penyakit Dalam RSCM/ FKUI, hanya dapat meredakan penyakit diabetes melitus pada tahap ringan (stadium awal), saat gejala diabetes sudah mulai dirasakan.

Minum Air Rebusan Brotowali Bisa Mengobati DiabetesRebus batang dan daun brotowali ke dalam 3 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas, diminum setiap pagi dan sore sesudah makan. Terapi dengan minum rebusan air brotowali bisa dilakukan dalam jangka waktu 1-1 minggu. Meski demikian harus tetap mengontrol kadar gula darah di dokter agar diketahui penurunannya.

Biasanya dalam jangka waktu satu minggu kadar gula darah sudah turun dan kembali normal, meski berbahan alami, efek samping dari minum rebusan air brotowali ini tetap ada, yaitu jika diminum secara berlebihan maka bisa menyebabkan gangguan pencernaan dan mengganggu fungsi ginjal.

Selama Anda menjalani terapi dengan minum air rebusan brotowali, sebaiknya Anda menerapakan pola makan sehat kaya serat dan menghindari makanan serta minum yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi penderita diabetes, seperti makanan manis dan juga harus membatasi asupan karbohidrat.

Jika Anda kurang menyukai air rebusan brotowali karna rasanya yang pahit, kami rekomendasikan untuk mengkonsumsi QnC Jelly Gamat. Untuk informasi lebih lengkap bisa kunjungi >> Obat Herbal Penyakit Diabetes

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat

Posted by Obat Penyakit Asma Bronkail

Baca juga : Obat Tradisional Kista Rahang

Minum Air Rebusan Brotowali Bisa Mengobati Diabetes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *