Brokoli, Sayuran Hijau Yang Ampuh Mengobati Asma

13 Mar

Brokoli, Sayuran Hijau Yang Ampuh Mengobati Asma,- Sayuran memang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita, dengan mengkonsumsi sayuran setiap hari asupan vitamin dan serat dalam tubuh akan tercukupi. Namun, yang akan kita bahas kali ini yaitu mengenai si hijau brokoli yang ampuh untuk meringankan gejala asma.

Brokoli, Sayuran Hijau Yang Ampuh Mengobati Asma

Brokoli, Sayuran Hijau Yang Ampuh Mengobati AsmaBrokoli adalah sayuran yang termasuk ke dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae, berasal dari daerah laut tengah dan sudah di budidayakan sejak zaman Yunani Kuno. Manfaat brokoli bagi kesehatan mungkin sudah banyak yang tahu, tapi mengenal kandungan brokoli secara mendalam mungkin belum banyak yang tahu.

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang memiliki kalori yang sangat rendah, yaitu hanya 34 kalori per 100 g. Namun demikian, brokoli kaya serat, mineral, vitamin, dan antioksidan, yang terbukti banyak bermanfaat untuk kesehatan. Kekuatan total antioksidan diukur dari segi kapasitas penyerapan okseigen radikal oksigen (ORAC) ,dan pada brokoli perbandingannya adalah 1632 umol TE/100 g.

Brokoli, Sayuran Hijau Yang Ampuh Mengobati AsmaSebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa orang yang makan kecambah brokoli selama tiga hari berturut-turut memiliki tingkatan senyawa antioksidan yang signifikan untuk mengontrol saluran peradangan saluran nafas yang berhubungan dengan asma bronkial.

Sebuah penelitian di Melbourne, Australia menemukan manfaat lain dari brokoli. Dengan mengkonsumsi dua cangkir brokoli kukus setiap hari bisa menjadi pengobatan alternatif untuk mengobati penyakit asma. Hal ini dikarenakan kandungan sulforafhane alami dalam brokoli dapat membantu melindungi terhadap peradangan pernafasan yang dapat menyebabkan asma.

Dr.Tom Karagians dari University of Melbourne mengatakan bahwa brokoli juga kaya akan zat besi, kalsium, vitamin A, vitamin B6 serta vitamin C yang memiliki sifat anti karsinogenik. Sebagai sayuran dari family cruciferous (kubis-kubisan), brokoli juga mampu mengurangi risiko kerusakan paru-paru.

Selain itu, peneliti juga menemukan sayuran lain dari keluarga cruciferous, termasuk kubis, kecambah, kembang kol dan bok choy yang dapat memperbaiki fungsi paru-paru. Itulah kandungan brokoli yang ampu mengobati asma. Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Obat Penyakit Asma Bronkial

Baca juga : Salep Untuk Mengobati Luka Diabetes

Brokoli, Sayuran Hijau Yang Ampuh Mengobati Asma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *